Manakah yang lebih baik untuk membangun kekuatan, push-up atau angkat beban?

Dilihat 540 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Latihan olahraga untuk membentuk atau membangun kekuatan tubuh, termasuk tangan, dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain push up ataupun angkat beban. Namun Anda harus menggunakan strategi latihan yang tepat, yang memang didesain secara khusus untuk meningkatkan kekuatan. Kekuatan dan ukuran adalah hal yang berbeda, Anda ingin otot lebih besar atau lebih kuat. Karena kekuatan yang diukur adalah tenaganya sedangkan ukuran adalah volume ototnya. Jika Anda ingin besar dan kuat, sebaiknya Anda konsentrasi dulu pada latihan kekuatan Anda, baru setelah itu Anda latihan untuk menambah massa otot.

Ada banyak cara untuk meningkatkan atau melatih kekuatan Anda, antara lain dengn melakukan push up dengan benar atau latihan angkat beban. Masing-masing latihan kekuatan memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari latihan push up adalah dapat dilakukan di mana saja, mudah, dan tanpa biaya. Sedangkan kelebihan dari latihan angkat beban adalah kekuatan yang dihasilkan akan lebih besar dan bertenaga, karena adanya frekuensi peningkatan beban yang harus diangkat. Sedangkan kelemahan push up adalah tidak adanya frekuensi peningkatan beban, karena yang diangkat hanyalah tubuh sendiri. Sedangkan kekurangan dari latihan angkat beban adalah diperlukan adanya peralatan khusus serta tempat khusus.

push up 1



Latihan untuk kekuatan


Biasanya, ketika pria ingin menambah massa otot, dia seringkali latihan fitness beberapa kali seminggu, atau bahkan setiap hari. Dan latihan ini biasanya lebih sering dilakukan di gym karena tersedia banyak alat untuk latihan kekuatan ototnya. Saat latihan fitness, dampak pertambahan ukuran atau massa otot akan terlihat lebih lama jika dibandingkan dengan dampak pertambahan kekuatannya. Namun, jika latihan fitness ini diiringi dengan asupan makanan yang sehat dan tepat, maka pertambahan massa otot pun lambat laun akan terlihat. Ini merupakan salah satu cara meningkatkan massa otot yang sering dilakukan mereka yang bergelut di bidang binaraga. 

Sebagaimana disinggung di atas, bahwa latihan push up ataupun angkat beban dapat Anda lakukan secara rutin untuk membangun kekuatan. Untuk latihan yang paling mudah dilakukan tanpa bantuan alat apapun adalah push up. Sedangkan latihan angkat beban memiliki efek yang lebih baik karena adanya peningkatan beban secara progresif. Latihan beban lebih sering dilakukan di gym dan menggunakan sejumlah alat yang memiliki tingkat bobot atau beban yang beragam. 


push up 2


Sehingga latihan peningkatkan kekuatan dapat Anda lakukan secara bertahap. Saat Anda melakukan latihan kekuatan serta daya tahan otot, Anda bisa mencoba cara “free weights” yaitu menggunakan dumbell atau barbel. Anda juga dapat melakukan latihan kekuatan memakai perangkat fitness yang dilengkapi kabel dan katrol untuk membantu mengangkat beban. Dalam melakukan latihan kekuatan, Anda dapat memperkirakan berapa bobot awal yang dapat Anda angkat dan secara bertahan bobot ini ditingkatkan sedikit demi sedikit hingga Anda mencapai batas kekuatan yang Anda inginkan atau yang mampu diterima oleh tubuh Anda. jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, karena selain memberikan tenaga juga akan membantu Anda dalam menambah massa otot seiring latihan tersebut.

angkat beban 1



Push up atau angkat beban


Jika Anda melakukan push up atau angkat beban secara rutin setiap hari akan dapat membangun kekuatan Anda. Dalam hal pilihan terbaik antara push up atau angkat beban, saya sarankan angkat beban. Meskipun angkat beban membutuhkan alat latihan tambahan, namun latihan angkat beban dapat lebih efektif dan kentara hasilnya dalam meningkatkan kekuatan Anda. Hal ini disebabkan pada latihan angkat beban terjadi adanya peningkatan beban secara progresif. Namun Anda dapat latihan push up untuk memperbaiki postur tubuh yang kurang bagus atau kelebihan lemak.

Latihan angkat beban adalah pilihan yang lebih baik karena latihan push-up tidak memperhitungkan peraturan utama dalam latihan peningkatan kekuatan yaitu peningkatan beban secara progresif. Sederhananya begini, dengan melakukan push-up, Anda akan menerima beban yang sama lagi dan lagi, lalu setelah beberapa bulan, semua latihan ini akan meningkatkan daya tahan Anda, bukan kekuatan Anda. Selain itu Anda hanya akan mendapatkan bentuk otot dengan push up, tapi bukan massa otot. Sedangkan dengan angkat beban, Anda bisa menambah atau meningkatkan bebannya kapan saja saat Anda sudah mulai terbiasa dengan beban yang sekarang. Dengan kata lain, kekuatan Anda akan bertambah secara bertahap. Jika Anda memang sangat ingin latihan kekuatan sekaligus menambah massa otot Anda, Anda dapat mencoba latihan powerlifting atau melakukan latihan yang lebih berat dengan 6-8 repetisi, disertai dengan asupan makanan bergizi tinggi. 


angkt beban 2



Faktor lain dalam peningkatan kekuatan dan penambahan massa otot


Selain melakukan latihan kekuatan secara rutin dan teratur, ada beberapa hal lain yang barus Anda perhatikan untuk mendapatkan peningkatan kekuatan serta menambah massa otot yang Anda inginkan. Antara lain pola konsumsi Anda serta asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  1. Mengonsumsi banyak protein. Ada banyak makanan sumber protein tinggi, seperti ayam, ikan, daging, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan lain sebagainya. Protein sangat dibutuhkan untuk membentuk massa otot Anda. 
  2. Makan makanan sumber kalori sehat. Sumber makanan dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian adalah contoh makanan berkalori sehat. Jangan mengonsumsi makanan yang hanya menumpuk lemak pada tubuh Anda. 
  3. Jangan lupa minum suplemen. Ada banyak suplemen untuk membentuk massa otot yang dijual di pasaran, namun jangan sembarangan minum suplemen. Pastikan suplemen yang Anda minum sudah terbukti membentuk massa otot Anda. Suplemen kreatin adalah jenis suplemen yang banyak dicari, karena sudah terbukti membantu membentuk massa otot dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk. 
  4. Minum air putih yang banyak. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang metabolisme. Selain itu, mengonsumsi air putih secara mencukupi akan menghindarkan Anda dari dehidrasi akibat latihan yang telah dijalani. 
  5. Lakukan kegiatan dengan jadwal teratur dan rutin. Latihan yang terbaik adalah latihan yang dilakukan secara teratur, meskipun hanya latihan ringan. Karena latihan yang rutin dan teratur akan membuat kekuatan dan massa otot tubuh Anda lebih cepat terbentuk. 

Selamat mencoba!


Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang