Manakah yang lebih baik, Zumba, Aerobics atau Yoga?

Dilihat 7,08 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki tubuh yang sehat merupakan hal yang paling penting dalam hidup, dan hal yang sudah harus kita biasakan sejak kita kecil. Membiasakan diri hidup sehat berarti harus mengonsumsi makanan sehat, serta berolahraga dengan teratur tentunya. Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan, salah satunya yang bisa anda coba adalah senam.

Senam merupakan salah satu jenis olahraga kebugaran dengan melakukan serangkaian gerakan ringan yang diiringi dengan musik. Senam biasanya dilakukan untuk relaksasi tubuh dan pikiran yang dapat dilakukan di rumah, di tempat fitness, bahkan di sekolah. Ada berbagai macam jenis senam seperti, senam aerobik, senam zumba, senam untuk kehamilan, dan senam kebugaran jasmani (SKJ).


galena senam kebugaran


Senam merupakan salah satu jenis olahraga kebugaran yang menyehatkan serta memberi efek relaksasi terhadap tubuh kita. Namun ada beberapa jenis senam yang dilakukan untuk membakar kalori serta menguruskan badan seperti senam aerobik dan senam zumba. Berolahraga memang salah satu cara efektif untuk mendapatkan tubuh yang bagus sesuai yang kita inginkan. Ada beberapa alternatif olahraga yang disarankan diantaranya, senam aerobik, senam zumba, dan yoga. Mungkin ketiganya terdengar sama menurut anda, namun tentu saja ada perbedaan dari ketiga jenis olahraga tersebut. Di sini saya akan membahas perbedaan senam aerobik, senam zumba, dan yoga serta apa saja keunggulannya.



Perbedaan Aerobik, Zumba, Dan Yoga


Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan kombinasi gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, serta keserasian gerakan fisik dengan iringan musik. Selain bermanfaat bagus untuk kesehatan dan tubuh, senam juga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan namun tidak ingin melakukan olahraga yang terlalu berat dan ekstrim, senam seperti aerobik dan zumba merupakan alternatif yang bagus.


Senam aerobik, zumba, dan yoga merupakan ketiga jenis olahraga kebugaran yang memberi dampak relaksasi untuk tubuh kita. Ketiganya memang bukan tipe olahraga yang berat seperti jenis-jenis olahraga lainnya namun memiliki manfaat yang sama seperti olahraga-olahraga lainnya, yang bahkan juga bisa menjadi cara efektif untuk anda yang ingin memiliki bentuk tubuh indah dan ideal, tentu saja hal ini harus dilakukan secara rutin juga.


Ketiganya jenis olahraga ini sekilas terlihat sama, namun tentu saja memiliki tujuan yang berbeda. Untuk aerobik dan zumba memang hampir mirip, namun untuk yoga, sangatlah jelas berbeda. Memang benar yoga dapat menambah kebugaran, tapi itu bukan tujuan utamanya. Tujuan utama dari yoga adalah untuk relaksasi tubuh. Sedangkan zumba dan aerobik-lah yang memiliki tujuan utama untuk menambah kebugaran tubuh.

galena senam aerobik


Senam aerobik merupakan sebuah sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efesiensi asupan oksigen ke dalam tubuh dengan memadukan gerakan dan diikuti dengan irama musik yang dipilih dengan durasi waktu tertentu. Senam aerobik masuk ke Indonesia sekitar tahun 1980-an dan dikenal sebagai aktivitas kebugaran. Gerakan senam aerobik juga adalah serangkaian gerakan yang dapat menagktifkan otot-otot dalam tubuh anda, dan jika hal ini dilakukan secara rutin ada banyak sekali manfaat yang dapat anda rasakan. Berikut ada beberapa manfaat yang anda dapatkan dari melakukan senam aerobik, yaitu;

  • Dapat meningkatkan fungsi kerja jantung, sehingga jantung dapat bekerja lebih cepat serta dapat memompa darah ke otot dan paru-paru.
  • Aerobik dapat memudahkan anda untuk bernapas lebih panjang sehingga meningkatkan kadar oksigen yang ada dalam tubuh.
  • Melepaskan hormon endorfin dari dalam tubuh yang berperan sebagai pereda nyeri yang baik, membuat hati senang, dan meningkatkan mood.
  • Mengencangkan otot-otot yang membantu untuk pernapasan.
  • Meningkatkan jumlah sel darah merah. 
  • Dapat meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh sehingga mengurangi potensi untuk terserang penyakit.
  • Menjaga agar berat badan tetap ideal.
  • Meningkatkan kinerja otot untuk membakar lemak selama tetap melakukan gerakan.

Beberapa manfaat yang disebutkan di atas dapat dirasakan jika anda tetap melakukannya dengan rutin dan teratur. Hal lainnya yang harus diperhatikan jika anda memilih untuk melakukan senam aerobik adalah waktu atau durasi yang tepat. Pemilihan durasi ini sangat penting karena hal ini dapat menentukan hasil dari senam aerobik yang anda lakukan. Senam aerobik yang baik adalah dilakukan dalam durasi yang panjang, namun tidak terlalu sering dilakukan. Anda akan lebih dapat merasakan manfaatnya daripada melakukannya terlalu sering namun dilakukan dalam waktu yang singkat. Namun yang paling penting disini adalah bagaimana anda menjadikan senam aerobik ini sebagai sebuah gaya hidup yang sehat untuk hidup anda.


Anda dapat memilih gerakan mana yang paling sesuai, baik dalam senam zumba maupun aerobik. Dalam kenyataannya, penemu gerakan zumba, Alberto Perez awalnya adalah seorang pelatih aerobik. Pada suatu hari, ketika dia mengajar aerobik, beliau lupa membawa CD musiknya. Satu-satunya musik yang dia miliki pada saat itu adalah musik untuk menari salsa, cumbia dan musik untuk gerakan dansa lainnya. Akhirnya, secara spontan dia menciptakan gerakan-gerakan fitness berdasarkan tarian tersebut, yang sekarang dikenal dengan sebutan zumba.


        


Zumba adalah metode yang menyenangkan untuk tetap bugar dan sehat. Secara pribadi, saya lebih memilih zumba dibandingkan aerobik, akan tetapi keduanya telah terbukti sangat baik dalam menjaga kebugaran tubuh. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya mengombinasikan/menggabungkan antara zumba, yoga dan pranayam (teknik pernapasan yoga) secara rutin setiap hari, dan hasilnya sangat memuaskan bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat zumba ini yang perlu anda ketahui, antara lain;

  • Manfaat zumba yang pertama dapat membakar kalori yang berlebih.
  • Perpaduan gerakannya yang berasal dari berbagai gerakan tari dapat membuat bentuk tubuh anda menjadi ideal dan menjaga berat badan anda tetap ideal.
  • Serangkaian gerakan zumba membuat anda harus memperhatikan dan menghafalkan langkahnya. Hal ini dapat melatih agar pikiran anda tetap tajam.
  • Meningkatkan koordinasi gerak antar tubuh, serta meningkatkan stamina tubuh.
  • Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak di dalam tubuh.
  • Membuat tubuh terasa lebih berenergi, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat hati menjadi senang.


Pada dasarnya, gerakan zumba sudah dirancang agar tidak terlalu sulit agar bisa dilakukan oleh orang-orang dari berbagai usia, tingkat kemampuan, dan orang-orang dalam kondisi tubuh seperti apapun. Olahraga ini juga dapat dimodifikasi menjadi lebih ringan lagi sehingga dapat dilakukan oleh para lansia dan pemula.


Untuk anda yang seorang pemula ingin memulai zumba dan hanya memiliki waktu satu jam setiap hari untuk berolah raga, anda bisa mengatur waktu anda untuk memulainya. Gerakan zumba tidak hanya gerakan senam yang dipadukan dengan gerakan-gerakan tari, anda juga bisa memadukannya dengan gerakan lainnya sesuai dengan keinginan anda. Pertama-tama, mulailah dengan gerakan zumba untuk 25-30 menit pertama, hal ini sangat baik untuk membakar kalori dan memberikan energi di pagi hari. Istirahatlah selama 5 menit. Setelah itu, anda bisa memadukan dengan gerakan lainya, seperti misalnya melakukan gerakan-gerakan dasar asanas (gerakan yoga) untuk 20-25 menit berikutnya. Lalu akhiri dengan melakukan pranayam untuk 5-10 menit terakhir. Harus diingat, jangan pernah mencoba untuk belajar pranayam tanpa adanya bimbingan dari pengajar yang tepat.


galena senam zumba


Senam zumba, aerobik, ataupun yoga sama-sama baik dan memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Anda bisa memilih yang manapun anda suka, sesuai dengan kemampuan anda. Alangkah lebih baiknya sebelum anda memulai, konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli kesehatan atau instruktur senam untuk membantu anda menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga ini dapat membantu dan selamat mencoba!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang