Untuk masa depan yang lebih baik, jadi dokter pengobatan medis atau dokter dermatologi?

Dilihat 1,51 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sebelum memasuki kuliah, tentu anda akan bertanya-tanya tentang prospek jurusan apa yang akan anda masuki. Apakah prospek pekerjaan tersebut cocok untuk anda? atau apakah prospek kerja tersebut akan dibutuhkan masyarakat nantinya? Anda pasti menginginkan yang terbaik bagi masa depan karir anda, untuk itu banyak sekali orang yang kebingungan ketika dihadapkan dengan rencana pekerjaan di masa depan. 


Jika anda memasuki kuliah kedokteran, ada banyak sekali jurusan yang bisa anda pilih saat spesialisasi. Banyak orang yeng memiliki motivasi untuk memasuki jurusan kedokteran karena tersedia banyak pilihan spesialisasinya. Sebenarnya dalam memilih hal tersebut dibutuhkan pemikiran yang matang ke depannya, atau pasti anda akan menyesal

Dalam memilih profesi, pasti selalu dipertimbangkan dengan masalah gaji. Misalnya, berapa sih gaji dokter umum dan berapa  gaji dokter spesialis


Pemilihan minat anda tentu tergantung pada diri anda, namun anda harus memikirkan masa depan anda. Jika anda adalah seseorang yang harus memikul beban keuangan keluarga, maka keputusan untuk memilih dokter pengobatan medis atau ahli bedah bukanlah sebuah pilihan yang bijaksana karena akan memakan waku yang cukup lama. 


Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini.


                     


Cabang Spesialisasi Kedokteran


  • Dokter spesialis penyakit dalam (MDRD) untuk alasan yang jelas. 
Sebagai dokter spesialis memang dibutuhkan di masyarakat luas.Tapi pikirkan, ini adalah bidang yang maju cukup pesat dan penuh dengan orang-orang hebat. Mungkin ini akan menjemukan pada satu titik dan perkembangan anda mungkin akan tersendat di tengah jalan. Bahkan pada tahun ini orang-orang yang memilih MDRD berkurang, tapi tetap saja bidang ini merupakan pilihan pertama di antara 29/100 peringkat atas. 

Sisi positifnya, Anda bisa melakukan pekerjaan dengan santai (belum lagi kamar yang ber-AC dan fasilitas lainnya). Gaji dokter spesialis memang besar jika dibandingkan dengan gaji dokter umum biasa. Tapi tentu saja, dengan upah yang tinggi, kewajibannya dan tanggung jawabnya pun semakin tinggi juga. 


  • MD Derm (Dokter Dermatologi) memiliki paparan pasien yang baik. 
Bidang spesialis yang satu ini cukup santai, tapi anda akan menghadapi persaingan dengan praktek spesialisasi lainnya. Sekali lagi, jika anda seseorang yang dinamis, maka ini bukanlah pilihan yang baik untuk anda. 


        



  • Dokter pediatrik atau spesialis dokter anak, berhubungan dengan kesehatan dan perkembangan anak. 
Orang tua tidak pernah mau mengambil risiko dengan kesehatan anak mereka. maka dari itu, bidang ini sangat diminati dan tak heran jika setiap hari pasien selalu antri untuk mendapatkan pelayanannya. Jadi, tak perlu khawatir tentang praktek kedokterannya. Gaji dokter spesialis anak sangat menjanjikan karena anda akan mendapatkan pasien yang cukup banyak dan biasanya hanya menyediakan vaksin untuk mereka. Tapi sebagian besar orang tua sekarang selalu mencari pendapat kedua dan berakhir dengan konsultasi kepada dua atau tiga dokter anak yang berbeda. 


                


  • MD gen Med (dokter pengobatan medis) 
Ini juga pilihan yang baik, saya merekomendasikannya secara terpisah karena berada dalam jenis spesialisasi yang berbeda. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, menjadi MD gen med (dokter pengobatan medis) juga bisa mendapatkan penghasilan lebih baik daripada seorang ahli jantung. Hal ini tergantung pada seberapa baik anda berlatih. Spesialis ini memiliki pilihan karir terluas jika anda mempertimbangkan lebih lanjut karena anda bisa melanjutkan ke jenjang spesialis yang lebih tinggi.


  • Farmasi (obat-obatan) 
Ini adalah salah satu bidang speasialisasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Farmasi adalah suatu bidang kedokteran yang berkaitan dengan obat-obatan. Kita semua tahu bahwa obat adalah salah satu elemen terpenting dalam dunia kedokteran selain tindakan medis. 

Oleh karena itu bidang farmasi cukup banyak diminati, terutama oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang sedikit kebingungan untuk memilih antara pengobatan medis atau farmasi, namun itu tergantung pada keputusan anda.

Farmasi telah menjadi pilihan pertama di antara orang-orang hebat, sampai-sampai radiologi juga dapat mengambil alih bagian tersebut. Sebagai tren saat ini, diperkirakan 23 hingga 25 dari 100 orang hebat memilih untuk menjadi ahli farmasi meskipun jadwalnya yang sangat sibuk, memiliki banyak tugas, dan harus selalu bersiaga dalam keadaan darurat. Jika Anda mencintai kedokteran klinis yang merupakan ibu dari semua cabang, maka pilihlah bidang tersebut dan anda tidak akan menyesal. Jika anda senang bekerja di laboatorium, anda bisa memilih bidang kedokteran jurusan histologi.



Hal yang harus anda perhatikan,

Jika anda memilih spesialisasi bedah, pertimbangkanlah dua kali sebelum memilihnya, masih banyak pilihan spesialisasi kedokteran yang lebih bagus dari ahli bedah. Baru-baru ini orang-orang memilih untuk MS ortopedi terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan ahli bedah.

Sebenarnya memilih profesi menjadi seorang dokter sama-sama mempunyai tanggung jawab sendiri  tergantung dari pengabdian seorang dokter apakah hanya mencari uang semata atau ada kepuasan sendiri untuk mengabdi pada masyarakat. 

Jika anda menjadi seorang dokter umum dan tidak puas dengan gaji dokter umum, lalu anda mengambil spesialis demi meraih gaji yang besar, maka lingkaran ini tidak akan ada putusnya. Janganlah selalu menilai sesuatu berdasarkan pendapatanmu.


dokter

Di bidang kedokteran ada cabang yang lebih unggul atau yang lebih rendah daripada yang lain. Ini semua bermuara pada kepentingan pribadi anda sendiri. Tujuan untuk mendapatkan uang tidak akan pernah berakhir. Jadi pilihlah  yang produktif sebagai ukuran keberhasilan atau kegagalan anda. Jadikanlah profesi sebagai bagian untuk mengabdi pada masyarakat. 


Setiap profesi mempunyai masa depannya sendiri, tergantung dari diri sendiri yang menjalankannya, baik dokter pengobatan medis maupun dokter Dermatologi sama-sama mempunyai masa depan yang baik dan sama-sama dibutuhkan oleh masyarakat.

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang