Masakan Indonesia: Apa itu 'Perkedel'?

Dilihat 4,44 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kuliner Indonesia sangatlah beragam. Dengan area yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, tentunya makanan khas setiap daerah pun sangatlah beragam. Tak hanya makanan berat, jajanan dan lauk pauk pun sangat banyak macamnya. Bahkan di beberapa daerah makanan yang sama bisa aja memiliki nama dan cara penyajian yang berbeda. Kali ini saya akan membahas mengenai perkedel dan juga cara membuat perkedel kentang. Di bawah adalah sejajaran serba-serbi mengenai perkedel yang mungkin sudah atau belum Anda ketahui.



Berkenalan dengan Perkedel


Perkedel sebenarnya adalah masakan kentang yang populer di Jerman, di mana makanan ini dikenal dengan nama Frikadellen, Buletten, Fleischkuechle atau Fleischpflanzerl. Tak hanya itu, makanan ini juga menjadi salah satu kuliner khas di beberapa negara Eropa, seperti Denmark, Kepulauan Faroe, Norwegia, Polandia, Rusia, Estonia, Ukraina, Belanda, dan Lithuania. Sementara di Afrika Selatan, perkedel juga telah menjadi bagian dari warisan kuliner bangsa Afrika.




Perkedel umumnya terbuat dari campuran daging dan kentang. Namun, tak jarang bahan utama untuk membuat perkedel diganti dengan umbi-umbian, misalnya singkong atau ubi jalar. Ada pula yang memakai tahu atau jagung sebagai pengganti kentang. Sementara itu, Frikadellen secara tradisional terbuat dari daging sapi atau daging babi cincang atau campuran dari keduanya, yang kemudian diberi bumbu dari bawang, telur, susu (atau air), remah-remah roti (atau oatmeal atau tepung), garam, dan merica. Intinya, perkedel versi Eropa menggunakan 100 persen daging, sedangkan perkedel versi Indonesia menggunakan campuran kentang dan daging (dengan perbandingan 1:1). Perkedel masuk ke Indonesia melalui bangsa Belanda yang dulu pernah menjajah negara kita. Perkedel sendiri adalah bahasa serapan Indonesia dari kata Bahasa Belanda yaitu vrikadel.




Erika Penzer Kerekes seorang wanita berkebangsaan Amerika memiliki ide untuk membuat masakan kentang yang diberi nama Mash Potato Pops. Secara tampilan, Mash Potato Pops ini benar-benar bulat, seperti bakso, dengan lapisan renyah di luarnya. Isiannya pun bervariatif seperti bacon, keju dan bisa apapun sesuai selera. Akan tetapi, dari bahan yang digunakan dan proses pembuatannya, makanan ini bisa juga dikategorikan sebagai perkedel atau vrikadel meskipun saya tidak yakin Erika tahu perkedel Indonesia itu seperti apa.


Selain Amerika dan Eropa, di Jepang pun terdapat makanan serupa perkedel yang bernama korokke. Korokke merupakan makan olahan kentang yang dihaluskan, lalu digoreng sehingga memiliki lapisan luar yang renyah. Ada korokke yang hanya terbuat dari kentang, ada pula korokke yang memiliki isian di dalamnya. Filling dari korokke bisa bermacam-macam, ada yang berisi sayur-sayuran, ada yang berisi kembang tahu, dan ada juga yang berisi daging. Di Jepang, korokke tergolong lauk, sehingga normalnya dimakan dengan nasi bersama lauk pauk lainnya.




Perkedel biasanya disajikan bersama dengan beraneka ragam masakan asli Indonesia. Namun, enak juga jika dimakan sendiri atau digado. Biasanya perkedel disajikan dengan sup, masakan Padang, soto, nasi uduk, nasi kuning, dan masih banyak makanan lainnya. Jika Anda sempat tinggal lama di Indonesia, kamu akan menemui 3 macam perkedel: perkedel jagung atau yang kerap disebut bakwan jagung atau dadar jagung, perkedel paling populer seperti yang saya ceritakan diatas, perkedel kentang, dan perkedel daging. Perkedel juga ada yang terbuat dari ubi jalar atau singkong. Ada juga yang terbuat dari tahu, tahu dilumatkan dicampur dengan bumbu-bumbu dan telur ayam lalu digoreng. Perkedel yang terbuat dari tahu biasa disebut dengan perkedel tahu. Meski memiliki bahan berbeda-beda, cara pembuatannya kurang lebih hampir sama dengan cara membuat perkedel kentang, yakni dengan merebus atau menggoreng bahan dan kemudian melumatnya. Bahan yang sudah dihaluskan lalu dicampur dengan bumbu-bumbu dan dibentuk menjadi bulat-bulat. Setelah dibalur dengan telur dan digoreng, maka perkedel tersebut siap dihidangkan.



Resep Perkedel Kentang


Meski cara membuat perkedel kentang tergolong sederhana, saya yakin hampir seluruh keluarga di pelosok negeri menyukai makanan yang satu ini. Jenisnya yang beragam dan proses pembuatannya yang mudah dan sederhana membuat perkedel dijadikan lauk pauk saat makan utama. Sebagai penutup, di bawah ini saya berikan resep udah untuk membuat perkedel kentang.


Berikut adalah bahan yang diperlukan untuk membuat perkedel kentang :

1/4 kilo daging sapi cincang

5 buah kentang berukuran sedang 

2 helai daun bawang, diiris-iris halus 

1 butir telur ayam, kocok lepas

1 butir telur ayam, kocok lepas (pencelup)

Minyak goreng – untuk menggoreng secukupnya


Untuk bumbu perkedel yang harus Anda haluskan adalah :

3 siung bawang putih

3 buah bawang merah

1 sdt merica bubuk

1 sdt garam


Setelah semua sudah tersedia, begini cara membuat perkedel kentang daging :


  1. Potong-potong kentang, masing-masing menjadi 4 bagian.
  2. Goreng, dan dinginkan, setelah itu dihaluskan. Goreng daging cincang tanpa minyak (disangrai) sampai kering dan berikan sedikit garam.
  3. Masukkan bumbu halus, daun bawang iris, dan daging ke dalam kentang yang sudah dihaluskan tadi. Masukkan telur, aduk hingga rata.
  4. Bentuk adonan bulat pipih(bentuk perkedel), kemudian simpan selama 1 jam dalam kulkas agar tidak hancur saat digoreng nantinya.
  5. Panaskan minyak dalam penggorengan.
  6. Celupkan bulatan perkedel kentang ke dalam telur yang sudah dikocok.
  7. Goreng perkedel menggunakan api sedang hingga masak atau berubah kecoklatan Angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan


 

Bagaimana? Cara membuatnya mudah, bukan? Jika Anda tidak ingin membuatnya sendiri, perkedel juga sangat mudah ditemukan karena kebanyakan warung makanan pasti menjualnya. Selain perkedel, masih banyak sekali jajanan dan masakan Indonesia yang enak dan wajib Anda coba. Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai perkedel. Semoga bermanfaat.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang