Masakan indonesia apa yang paling rumit dan memakan waktu yang banyak?

Dilihat 531 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Indonesia terkenal dengan kulinernya perpaduan aneka resep masakan nusantara yang beraneka ragam membuat Indonesia terkenal di mancanegara. Masakan Indonesia mempunyai rasa yang enak karena dalam pengolahannya selalu menggunakan rempah-rempah sehingga masakan akan terasa harum dan nikmat. Indonesia memang sudah terkenal sebagai hasil rempah-rempah yang mendunia. Tanahnya yang subur menjadikan Indonesia terkenal dengan penghasil rempah-rempah yang berkualitas baik. Kelebihan rempah tersebut memberi dampak pada kuliner Indonesia yang mempunyai rasa dan aroma nikmat pada masakannya sehingga makanan khas Indonesia bercita rasa yang berbeda dengan masakan dari negara-negara barat. Banyak orang asing yang mempelajari makanan khas daerah yang ada di indonesia sebagai bahan perbandingan, tapi tetap saja masakan Indonesia tetap yang terbaik karena menggunakan bahan-bahan asli Indonesia. Masakan Indonesia asli semuanya menggunakan bahan-bahan terbaik. Bahan tersebut memiliki semua nutrisi, semua rasa, aroma yang menggugah selera. Salah satunya adalah masakan rendang masakan rendang memang tidak ada duanya walaupun membutuhkan waktu yang lama dalam pengolahanya. 


Rendang adalah masakan khas Indonesia yang terkenal masakan ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah yang berlimpah dengan menggunakan santan kelapa yang dikeringkan. Daging sapi yang diolah dengan campuran bumbu rempah yang alami membuat masakan ini mempunyai cita rasa tersendiri. Karena pembuatannya yang lama dan bumbu dikeringkan masakan ini bertahan sampai 2 minggu. Memasak rendang asli dapat membutuhkan proses yang berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Tidak hanya rendang saja yang mempunyai tingkat kesulitan dalam cara pengolahan masih banyak masakan Indonesia yang rumit dan memakan waktu tidak sedikit. Masakan Indonesia apa yang rumit dan memakan waktu lama? Tentunya kita harus mengetahui proses pembuatan masakan itu sendiri baik dari bahan yang digunakan ataupun lamanya waktu pengolahannya.

         


        masakan padang  



Masakan Indonesia Yang Membutuhkan Waktu Lama


Banyak makanan khas Indonesia yang mempunyai tingkat kerumitan dilihat dari bahan yang digunakan serta lamanya pengolahan antara lain:


1. Rendang daging sapi.

Rendang masakan Indonesia yang sudah populer dan pengolahan masakan ini memang agar rumit dibandingakan dengan masakan daging pada umumnya.

Banyak langkah-langkah yang harus dilakukan, dan akhirnya membutuhkan kesabaran. 

  • Kerisik (kelapa yang digoreng) bisa dibuat dahulu, tapi harus dengan penuh hati-hati. Jika menggunakan kuali, kelapa giling harus diaduk secara terus menerus untuk menghindari gosong. Menggiling kelapa harus di losong (cobek dan ulekan) dan membutuhkan waktu yang lama, dan tentu saja, hasil dari losong lebih memuaskan daripada blender.
  • Bumbu yang dihaluskan antara lain kunyit, cabe, bawah merah, bawang putih, jahe, serai, ketumbar, pedes merica, dan bumbu lainnya. Agar hasil masakanya enak dan rasa tidak berubah, menghaluskan bumbu menggunakan ulekan tangan yang terbuat dari batu memang agak lama tapi kamu harus sabar dalam membuatnya.
  • Santan kelapa yang digunakan adalah kelapa yang sudah tua agar santannya kental dan banyak. Rendang adalah masakan yang membutuhkan santan yang banyak agar rasanya gurih dan enak. 
  • Potongan daging sapi dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi agak kering kemudian masukan kelapa sangrai aduk rata.  Memasak rendang harus  sabar dan telaten ditunggui agar tidak gosong, aduk dengan cara membolak balik daging dengan hati-hati agar santan menyusut dan bumbu terserap sempurna. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menghanguskan atau menghancurkan daging. 
  • Pengolahannya sampai daging matang dan santan menyerap membutuhkan waktu 2 sampai 4 jam. Agar daging benar-benar empuk dan meresap dan akan mengeluarkan harum rempah dipadu dengan wanginya santan kelapa yang menggugah selera.

gudeg jogja



2. Gudeg Jogja

Gudeg Jogja adalah makanan khas Indonesia yang lain berasal dari kota Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan sampai warnanya coklat. Masakan ini bisa bertahan lama karena pengolahanya cukup lama dan memakan waktu tapi rasanya tidak mengecewakan. Sehingga makanan khas daerah ini banyak dicari oleh para wisatawan. Cara memasak gudeg Jogja membutuhkan waktu sampai 4 sampai 7 jam tergantung dari bahannya.

  • Bahan yang digunakan adalah nangka muda, santan kelapa, gula aren, air kelapa, telur ayam, bumbu yang dihaluskan bawang merah, bawang putih,ketumbar, merica, dan kemiri.
  • Agar nangka muda menjadi coklat masukkan air kelapa 1 liter atau sesuai dengan banyaknya bahan yang digunakan.
  • Biasanya gudeg dicampur dengan telur yang telah direbus terlebih dahulu.sehingga telur akan berwarna coklat dan kering. 
  • Gunakan kuwali yang dialasi dengan daun jati untuk memasaknya agar gudeg mempunyai cita rasa yang enak.
  • Lama memasak tergantung banyaknya bahan yang digunakan bisa 4 jam sampai 7 jam.
  • Gunakan api yang kecil dan merata sehingga gudeg akan matang dengan sempurna dalam memasak gudeg tidak usah dibolak balik tinggal diamkan saja sampai air menjadi saat aduk sebentar jika santan sudah meresap.
  • Gudeg dilengkapi dengan opor ayam, sambel goreng krecek, wah pasti nikmat sekali, dan tidak lupa sambel gudeg yang agak manis.

       gudeg joga


Walaupun masakan di atas membutuhkan waktu yang lama tapi rasa dari masakan itu membuat kamu ketagihan. Masakan gudeg dan rendang bisa bertahan lama sehingga tak heran kalau masakan tersebut bisa dijadikan oleh-oleh atau buah tangan jika kamu berkunjung ke tempat asal masakan ini.



Tips-Tips Untuk Memasak Rendang Dengan Cepat


Ada tips untuk memasak rendang dengan cepat dari hasil pengalamku membuat rendang dengan cepat. 

  • Daging sapi yang akan digunakan dibungkus terlebih dahulu dengan daun pepaya agar cepat empuk. Diamkan sampai 30 menit baru kemudian dimasak.
  • Gunakan santan kental dari kelapa yang tua agar hasil masakan rendang lebih wangi.
  • Masak terlebih dahulu bumbu dan santan sampai matang dan mengental baru masukkan daging sapi, karena daging sapi sudah empuk jadi tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.
  • Gunakan daging yang berkualitas bagus dan tidak mengandung banyak lemak.

rendang


Tips ini hanya untuk orang yang tidak punya cukup waktu tapi ingin membuat rendang atau gudeg sendiri di rumah. Untuk menghasilkan masakan rendang yang asli memang harus dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan sehingga hasilnya akan sempurna. Masakan Indonesia berbeda dengan masakan malaysia walaupun di malaysia juga terdapat masakan rendang.

Dengan melihat cara pengolahanya dan rempah yang digunakan, masakan yang paling rumit adalah rendang karena rendang dalam memasak banyak menggunakan bahan rempah dan memasaknya harus dibolak-balik sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra keras apalagi dilakukan dengan cara berjam-jam. 

Wah benar-benar sulit, kalau gudeg cukup menggunakan api kecil walaupun butuh waktu yang sangat lama tapi memasaknya hanya didiamkan saja sampai bumbu meresap, baru diaduk sebentar. 

Bagi kamu yang senang kuliner, apa salahnya mencoba membuat masakan-masakan tersebut sendiri di rumah atau mendatangi tempat-tempat kuliner yang menyajikan masakan-masakan daerah yang terkenal.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang