Memanggang kue (baking) : Apa perbedaannya proses pemanggangan roti dan kue kering?

Dilihat 2,51 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Perbedaan antara roti dan kue kering bukan hanya pada proses pemanggangan saja, tetapi juga pada ukuran dan bahan-bahannya. 

Gambaran secara sederhana, bahan-bahan dasar dari roti dan kue kering sebagai berikut:

  • Roti terbuat dari tepung dan air, dengan sedikit ragi dan garam. Tambahkan air sedikit-sedikit , relatif (sesuaikan) terhadap jumlah tepung (biasanya sekitar 3 takaran air untuk 5 takaran tepung).  Bisa juga ditambahkan mentega , tetapi dalam jumlah yang sedikit. Adonan dicampur seluruhnya, dan di remas-remas hingga menyatu. Adonan akan mengembang karena remasan dan ragi.
  • Kue kering terbuat dari tepung dan mentega, dengan sedikit air. Ukuran bervariasi, tetapi biasanya dua takaran tepung untuk satu takaran mentega. Adonan kue dijaga tetap dingin ketika mentega dicampurkan, jangan memasukkan adonan ke mentega sekaligus, agar kue menjadi renyah.  Pengadukan adonan kue kering jangan terlalu kuat dan lama agar adonan tidak keras dan kue menjadi liat.

Jadi perbedaan besar dalam proses pembuatan keduanya yaitu, adonan roti harus melalui proses ditarik dan di remas-remas agar mengembang, tetapi kalau kue kering sebaliknya, tidak boleh sering dipegang agar kue menjadi renyah. Adonan roti dijaga tetap hangat, sedangkan kue kering lebih sering dibiarkan dingin.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang