Memanggang: Mengapa kue saya tetap tidak matang di tengahnya sedangkan di bagian pinggirnya matang?

Dilihat 708 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Menjelang perayaan hari raya biasanya semua orang sibuk di dapur untuk membuat kue yang akan disuguhkan untuk kerabat, tamu, dan teman yang datang berkunjung. Hal ini biasanya terjadi pada hari Raya Idul Fitri  bagi umat Islam atau hari Natal bagi orang Nasrani. Kue-kue yang disajikan beraneka ragam dari mulai kue kering sampai kue basah semuanya lengkap tersaji dengan aneka model kue dan cara menghiasinya. Bermacam resep kue bisa didapat di majalah, buku resep dan juga di media Internet atau bisa melihat di youtobe. 

Bagi pencinta kuliner, tentu tidak asing dengan kue cubit yang sedang hits akhir-akhir ini sebagai jajanan nusantara yang enak,empuk dan lezat. Dengan variasi dan rasa yang menggoda selera, tak jarang orang mencoba untuk membuatnya sendiri. Cara membuat kue cubit  banyak macamnya ada yang digoreng, kukus, dipanggang, dan sebagainya. Bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue cubit antara lain terigu 150grm, telur 2 butir, gula pasir 100grm, keju taburan, mesies taburan pewarna makanan, margarin 100grm, dan baking powder 1/2 sdt


cara membuat kue

Cara membuat kue cubit  secara sedernaha dapat dilihat dibawah ini:

  1. kocok telur dan gula pada wadah besar sampai adona mengembang dan putih.
  2. Masukkan telur sedikit demi sedikit sampai rata masukkan margarin yang sudah dilelehkan, soda kue dan baking powder aduk sampai rata.
  3. beri pewarna sesuai selera masukkan adona kedalam corong atau teko agar mudah memasukkannya ke dalam cetakan.
  4. Panaskan cetakan terlebih dahulu sebelum memulai memanggang, jika sudah panas mulai memasukkan adona jangan terlalu penuh.
  5. setelah setengah matang buka tutupnya dan tambah keju dan mesis untuk topingnya. tutup lagi sampai masak. 

Untuk menghasilkan kue yang matang sempurna usahakan agar bisa menjaga api jangan terlalu besar gunakan api sedang jika langsung menggunakan kompor hal ini agar kue tidak matang dipingir saja tapi bagian tengah juga matang sempurna jangan lupa agar menutup dengan rapat. Mudah bukan? 

Cara membuat kue cubit  Bisa dilakukan dngan menggunakan oven atau dipanggang langsung dengan cetakan di atas kompor. Kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan melihat resep-resep yang sudah ada di buku atau di inetrnet. Jadi Kamu tidak usah membeli kue di luar buatan sendiri tentunya lebih membanggakan apalagi jika untuk orang-orang yang kita sayangi.


membuat kue enak


Tidak berbeda jauh dengan cara membuat kue nastar. Yakni sama-sama dipanggang. Teknik memanggangnyapun bermacam-macam, ada yang menggunakan microwave adapula yang menggunakan cetakan dengan varian bentuk yang unik-unik yang diletakkan di atas kompor. Yang membuat kita sebal, terkadang saat mencoba membuat kue dengan cara memanggang di rumah, hasilnya tidak sesuai dengan resep yang ada. Hal ini dikarenakan tidak bisa mengatur suhu panas dalam oven kita harus mengetahui kue kering berapa suhu yang dibutuhkan dan lama memanggang di butuhkan waktu berapa menit demikian juga dengan kue bolu atau roti berapa suhu yang dibutuhkan dan berapa lama memanggangnya. Misalnay kue nastar suhunya 160 derajat celsius dengan lamanya 45 menit. Yang sering kali kita merasa putus asa apabila gagal dalam membuat kue tapi kita harus terus mencobanya agar bisa berhasil. 

           

cara membuat kue kering 

Trik dan Cara membuat kue nastar bisa kamu peroleh di youtobe atau buku resep populer tentang kue kering.  

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar tepung terigu 1/2kg, gula halus 50grm, margarin 225grm, keju kraf atau edam 50grm, 2 sdm tepung mazenah, 1 ons susu bubuk, 2 kuning rebus untuk campuran, selai nanas, batang cengkeh, dan kuning telur untuk olesan. 

Cara membuat kue nastar antara lain: 

  1. Campurkan tepung terigu, keju parut, gula halus, kuning telur rebus, susu bubuk, tepung mazenah dan margarin campur jadi satu aduk adonan dengan tangan sampai kalis.
  2. Bentuk sesuai dengan selera tengahnya isi dengan selai nanas olesi dengan kuning telur dan taburi dengan keju untuk pemanis tambahkan diatasnya batang cengkeh. 
  3. Panggang dioven dengan suhu 160 derajat celsius dan lamanya 45 menit.

Membuat kue kering memang butuh kesabaran agar hasilnya memuaskan terutama kue nastar ukurannya harus pas dan perhatikan suhu panas dioven.

            tips membuat kue
 

Untuk mengatasi agar kue bisa matang merata  adalah dengan meratakan mengatur panasnya api atau suhu panas.

Salah satu cara adalah dengan merendahkan suhu oven sebanyak 25 derajat dan memasaknya lebih lama. Sehingga, jika resep mengatakan kue harus dipanggang dengan suhu 350F derajat, anda harus menguranginya menjadi 325F jika anda memasak resep tersebut dalam convection oven. Jika anda tidak memilikinya, anda harus bergantung pada sumber panas yang berada dibawah oven standar. Umumnya, panas akan melewati loyang logam untuk membuat bagian dasar/samping terlalu matang sebelum bagian tengah/atas bisa matang. Selamat mencoba :)


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang