Mengapa ada efusi perikardial pada pasien lupus nephritis dan apa pengobatan terkini untuk kondisi itu?

Dilihat 246 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Efusi Perikardial bergantung pada tingkat keparahan yang bisa ditangani saat gejalanya muncul bisa dari Lupus Erythematosus Sistemik atau Lupus Nephritis. Penanganan ini seringkali melibatkan kortikosteroid seperti Solu-Medrol dan atau Prednisone, imunoglobulin dan NSAIDS seperti Aleve atau Motrin. Efusi perikardial bisa terjadi akibat gejala lupus yang parah atau adanya infeksi.


Yang terjadi pada saya dulu, sesaat setelah bekerja jantung saya mendadak berhenti dan hanya setelah kemudian ditemukan efusi, jantung saya menjadi sangat besar akibat gagal jantung yang parah sekaligus terjebak dalam cairan efusi, yang sebenarnya disebabkan oleh Lupus dan kegagalan ginjal. Gagal ginjal yang saya derita saat itu diobati dengan kemoterapi. Kemudian saya mulai diberi prednisone dan diberitahu untuk selalu meminumnya selama 1-2 tahun tapi sekarang sudah hampir 4 tahun dan saya masih meminumnya dan menjalani kemoterapi untuk menjaga lupus jauh-jauh.


Lupus adalah diagnosa yang mengejutkan bagi saya karena saya mengira komplikasi kehamilan hanya diakibatkan oleh sesuatu yang lain, yang ternyata bukan itu kasusnya. Entah bagaimana karena bekerja tubuh saya kaget, menyebabkan gejala lupus saya cukup memburuk setelah ditemukan dalam sistem tubuh saya selama 3 bulan dirawat inap, dan efusi adalah bagian dari gejala yang menyebabkan Lupus Erythematosus Sistemik dan diagnosis nephritis.


Akan tetapi saya tidak diberitahu ada efusi perikardial selama gejala Lupus Nephritis muncul, karenanya perawatannya tetap sama kecuali efusi perikardialnya menjadi cardiac tamponade, yang ganas dan terkadang pembedahan yang mengancam nyawa diperlukan untuk membuat irisan kecil pada kantong jantung yang dikenal sebagai perikardium, supaya cairan itu bisa keluar di antara jantung dan kantong tempat efusi itu sendiri terjadi. Semacam Perikarditis tapi lebih parah. Seharusnya hanya sekitar 2 atau 3 sendok makan cairan jantung, (saya yakin begitu disebutnya, atau setidaknya seperti itu saya dijelaskan saat saya didiagnosa) dan jika jumlah cairannya melebihi itu; hidup anda sedang dalam risiko yang dapat menyebabkan jantung anda "tenggelam" sebagaimana mereka mengatakan yang terjadi pada saya, semuanya dalam kombinasi dengan gagal jantung parah setelah efusi dan sebuah fraksi keluaran sekitar 5%.


Bagi sebagian pasien cairan itu akan benar-benar hilang. Bagi saya itu menghabiskan waktu 2 tahun. Hari ini; saya mengalami efusi perikardial lagi yang mencemaskan saya yang baru saya ketahui sekitar satu bulan yang lalu, dan saya sangat kesulitan terutama saat menjelang tidur karena berbaring menyebabkan rasa sakit pada dada saya, sehingga saya harus tidur menghadap ke sisi atau tidur dengan penyangga, atau duduk kadangkala karena alasan yang sama.


Saya masih mengkonsumsi prednisone sejak didiagnosa hampir 4 tahun lalu tapi dengan dosis yang lebih kecil, sekaligus obat baru yang bernama Acthar, yang mirip kortikosteroid lebih seperti prednisone, atau solu-medrol, yang membuat tubuh saya menciptakan steroid alaminya sendiri. Semacam yang dilakukan Synthroid pada tiroid anda saat anda mengalami hipotiroidisme. Ada juga inhibitor dan beta blocker/pengobatan tekanan darah lainnya yang perlu anda konsumsi tapi itu juga tergantung pada fungsi jantung anda.


Akan tetapi, karena saya tak berpengalaman meminum kombinasi keduanya selama bertahun-tahun, dan karena saya tidak diberitahu pada 2 tahun pertama setelah prognosis, sebagaimana saya hari ini tentang penyakit saya; maka ini adalah usaha terbaik saya untuk menjawab pertanyaan anda tapi juga, saya berharap semoga informasi ini berguna bagi anda. Jika anda perlu informasi yang lebih akurat, saya tawarkan anda untuk menanyakannya pada konsultan rematologi anda atau dokter obat-obatan internal, karena mereka akan mampu menjawab pertanyaan anda dengan lebih akurat ketimbang seorang pasien. Semoga berhasil!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang