Mengapa bahasa Arab dianggap sangat sulit bagi mereka yang terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris?

Dilihat 1,26 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Secara asal usul, bahasa Arab dengan bahasa Inggris cukup berbeda. 


Bahasa Arab termasuk dalam rumpun bahasa Semit dan masih berkerabat dengan bahasa Ibrani. Sedangkan bahasa Inggris termasuk dalam bahasa Jermanik atau yang lebih dikenal dengan nama Anglo Saxons. 


Kedua bahasa ini memiliki rumpun yang berbeda serta bentuk tulisan yang berbeda. Oleh karena itu, belajar bahasa Arab danggap sulit bagi orang yang sudah terbiasa bicara dalam bahasa Inggris. 


Dalam hal kosakata bahasa Arab juga memiliki tantangan tersendiri untuk dipelajari. Namun bahasa Arab berbeda dengan bahasa Persia meskipun kedua wilayah ini berada pada satu wilayah geografis. Karena bahasa Persia berinduk pada bahasa Indo-Arya. Hubungan antara bahasa Arab dengan bahasa Persia terjadi ketika Islam memasuki wilayah Persia atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Iran.


arab 1


Namun saat ini sudah ada banyak metode bantuan bagi belajar bahasa Arab untuk pemula, baik untuk penutur bahasa Inggris maupun penutur bahasa-bahasa lainnya. 


Sebagaimana telah dicatat sejarah, bahwa dalam perkembangan ilmu pengetahuan, bahasa Arab pernah menjadi salah satu bagian yang penting dalam transfer ilmu pengetahuan dari era sebelum kejayaan Islam ke era pencerahan di benua Eropa dan menyebar ke seluruh dunia. Melihat pentingnya bahasa Arab ini akhirnya banyak orang Eropa yang belajar bahasa Arab dan pada akhirnya mampu mentransfer beragam ilmu yang ada.


Meskipun sudah ada metode bantuan untuk mempelajari bahasa Arab, namun tetap saja sejumlah ada kendala yang menghambatnya. Beberapa hal tersebut antara lain cara pembelajaran konvensional yang lebih bersifat hafalan, kurang adanya penerapan atau praktik, kurang adanya pembiasaan, kurang berinteraksi (berbicara dan mendengar) percakapan dalam bahasa Arab, serta kurangnya membaca buku atau teks berbahasa Arab.


arab 2

 

Bahasa Arab dan Bahasa Inggris


Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bicara dalam bahasa Inggris, belajar bahasa Arab dianggap sulit karena beberapa hal, salah satunya adalah kedua bahasa ini berasal dari rumpun bahasa yang berbeda.


Berikut ini beberapa perbedaan antara bahasa Arab dengan bahasa Inggris yang dapat dijadikan informasi tambahan dalam belajar bahasa arab untuk pemula, yaitu:


  • Bahasa Arab datang dari rumpun bahasa yang berbeda dengan bahasa Inggris.  
  • Bahasa Arab mempunyai huruf yang lebih banyak dan berbeda. Orang-orang arab mengalami kesulitan ketika harus mengeja atau mengucapkan huruf " P " dan terkadang harus berlatih untuk membedakan bagaimana mengeja huruf " P " dan " B ". Jadi, dapat saya bayangkan bagaimana sulitnya orang Inggris untk mengeja atau melafalkan huruf-huruf Arab. Terutama kesembilan huruf ini , (ح خ ص ض ط ظ ع غ ق) 
  • Kosakata bahasa Arab sangat kaya. Bahkan seorang profesor Bahasa Arab masih saja terus belajar tentang kata-kata baru dalam bahasa Arab. Saya tidak tahu pasti ada berapa banyak kata-kata di dalam bahasa Arab, yang pasti jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan bahasa Inggris. 
  • Dalam bahasa Inggris ada yang dinamakan Prefix (imbuhan di awal kata) dan Suffix (imbuhan di akhir kata). Kita menambahkan imbuhan “er” dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan siapa yang melakukan pekerjaan tersebut. Contoh " read + er " reader: artinya adalah orang yang membaca. Namun, dalam bahasa Arab, struktur kata akan berubah, meskipun ada sistem untuk hal tersebut, namun banyak sekali aturan yang harus dipelajari, diingat, dan dipraktikkan dibawah ilmu pengetahuan yang disebut “sarf” atau shorof. 


arab 3



  • Dalam bahasa Arab, pengucapan atau ejaan di akhir atau bahkan di awal kata dipengaruhi oleh letaknya di dalam suatu kalimat dan dipengaruhi juga oleh suatu kata yang berdiri sebelum dan sesudah kata tersebut. Suatu kata di dalam bahasa Arab tidak dapat berdiri sendiri, harus berhubungan atau terjadi korelasi dengan kata-kata di sebelahnya dan harus dilihat posisinya dalam membentuk kalimat. 
  • Dalam bahasa Inggris, (I + We + They) verb: kata kerja, (He + She + It) verb (s), sangatlah mudah, meski untuk seorang pemula membutuhkan latihan. Aturan kata (grammar) untuk kejadian yang telah lampau (Past Tense), dalam Bahasa Inggris akan terasa lebih mudah bagi kata-kata yang memiliki bentuk tetap (Regular Form). Sayangnya, hal seperti ini tidak akan kita temui dalam Bahasa Arab. Di dalam aturan bahasa Arab, terdapat 12 pronouns dan 12 bentuk dari kata kerja lampau (past verbs), 12 bentuk dari kata kerja saat ini (present verbs) dan 12 bentuk dari instruction verbs.
  • Dalam bahasa Arab, terdapat pengelompokkan atau pemisahan kata benda (noun) wanita dan pria, begitu pula dengan objek (akan berbeda kata-kata untuk wanita dan untuk pria). Kata kerja yang digunakan juga harus sesuai. 

arab 4 hijaiyah



Struktur Bahasa Arab


Bahasa Arab memiliki huruf yang lebih banyak dan bentuk yang berbeda dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bicara bahasa Inggris akan sulit mempelajari bahasa Arab. Akan jauh lebih mudah bagi orang Yahudi untuk mempelajari bahasa Arab dibandingkan orang Inggris. Jadi, kita tidak bisa mengatakan seseorang adalah Arab hanya karena ia fasih berbahasa Arab. 


Dalam hal kosakata bahasa Arab dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: 

  • Ism (kata benda)
  • Fi'l (kata kerja)
  • Harf (partikel fungsional)

Bahasa Arab adalah bahasa infleksional, artinya struktur kalimat dalam bahasa Arab berupa konstruksi topik-komentar (Mubtada’ wa Khobar). 



Terdapat dua jenis frasa dalam bahasa Arab: 

  • Jumlatu-l-ismiyyah (frasa nominal)
  • Jumlatu-l-fi'liyyah (frasa aktif)

Sedangkan pada Ism dan Fi’l terdapat dua gender, yaitu:

  • Mudzakkar (maskulin)
  • Mu-annats (feminin) 

Sedangkan dalam hal jumlah, pada Ism dan Fi’l terdapat tiga pengelompokan, yaitu: 

  • Mufrad (tunggal)
  • Mutsanna (dwi)
  • Jama' (jamak)

Sedangkan Jamak sendiri dibagi menjadi tiga: 

  • Jama' Mudzakkar Salim (jamak biasa maskulin)
  • Jama' Mu-annats Salim (jamak biasa feminin)
  • Jama' Taksir (jamak tak beraturan)

Untuk Ism terdapat dua jenis artikel, Ma'ruf (definit) dan Nakirah (non-definit).


Sedangkan dalam hal tingkatan peran, dalam Ism terdapat tiga tingkatan peran, yaitu nominatif (subjek kalimat), akusatif (obyek langsung atau tidak langsung), dan genitif obyek preposisional atau pemilik). 


Oleh karena itu dalam belajar bahasa arab untuk pemula dalam mempelajari hal ini dapat dilakukan secara bertahap mengingat banyaknya klasifikasi tersebut. 


Contoh, untuk penyebutan al dan el dalam bahasa Arab tidaklah berbeda secara makna, perbedaannya hanya terletak pada dialeknya, dialek Arab Saudi, dialek Yaman ataupun yang lainnya.



arab hijaiyah 2



Mudah Tidaknya Belajar Bahasa Arab



Mempelajari bahasa Arab tidak dapat terlepas dari pelajaran nahwu dan shorof, terlebih lagi bagi yang belajar bahasa arab untuk pemula. Penguasaan dasar-dasar bahasa Arab haruslah benar-benar dikuasai. Keahlian percakapan dan memahami mufrodat terjemahan dengan benar dan tepat. 


Meskipun kosakata bahasa arab cukup banyak, sebenarnya belajar bahasa Arab tidaklah sesulit yang dibayangkan. Saat ini banyak sekali media yang tersedia bagi mereka yang ingin belajar bahasa Arab. Baik dalam bentuk program aplikasi android, kursus khusus bahasa Arab, dan lain sebagainya.


Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar mudah mempelajari bahasa Arab, antara lain:


  1. Banyak menghafal kosakata aau mufrodat.
  2. Perbanyaklah hafalan percakapan atau muhaddatsah.
  3. Harus memiliki kamus bahasa Arab.
  4. Laihan menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Inggris atau bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  5. Latihan mengarang dalam bahasa Arab.
  6. Latihan percakapan bahasa Arab dengan teman.
  7. Belajar bahasa Arab pada ahlinya.
  8. Jangan putus asa atau gampang merasa puas, teruslah mempelajari bahasa Arab.

Saya rasa penjelasan saya cukup sampai di sini. Memang lebih mudah bagi orang Arab untuk belajar bahasa Inggris, namun semua itu tergantung kepada diri Anda sendiri, jika Anda ingin belajar bahasa Arab dan merasakan keindahannya, Anda pasti bisa melakukannya selama Anda memiliki kemauan.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang