Padahal bir rasanya pahit, kenapa banyak yang suka?

Dilihat 17,2 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Minum bir memang seringkali diasosiasikan dengan hal yang negatif seperti kecelakaan, kejahatan ataupun tindakan buruk lainnya yang terjadi ketika seseorang mabuk akibat terlalu banyak minum bir. Hal-hal tersebut, ditambah lagi dengan fakta bahwa bir memiliki rasa yang pahit tentunya membuat banyak orang bingung mengenai apa sebenarnya yang menjadi alasan seseorang suka minum bir.  


Namun, kenyataannya tidak semua bir memiliki rasa pahit seperti yang anda bayangkan. Perlu diketahui bahwa kadar pahit bagi tiap individu itu berbeda, bagi orang yang suka minuman beralkohol dengan yang tidak suka jelas sangat berbeda. Orang-orang yang terbiasa dengan minuman beralkohol yang manis, seperti beberapa jenis wine, mungkin juga berpendapat bahwa bir memiliki rasa pahit. 


Terdapat beberapa merk bir yang rasanya tak sepahit bir yang lain, salah satunya adalah bir bintang yang diproduksi oleh Indonesia. Mengapa saya berpendapat demikian? Saya pernah mencobanya, dan memang terdapat sedikit rasa manis pada bir merk tersebut.



Minum Bir vs Minum Air Putih


rasa bir


Pada abad pertengahan, orang Eropa lebih memilih minum bir dibandingkan minum ar putih. Alasannya adalah karena pada masa itu, minum bir dianggap lebih sehat dibandingkan dengan minum air putih. Pada saat itu belum ditemukan teknologi filtrasi untuk mengolah air putih, sehingga air putih dianggap kotor dan tidak higienis serta rasanya juga aneh di lidah. 


Sementara itu bir mengandung ragi dan ramuan tertentu yang dipercaya dapat meningkatkan semangat. Itulah sebabnya orang Eropa pada masa itu lebih memilih untuk minum bir dibandingkan air putih ketika mereka haus. Meski begitu, saat ini sudah terjadi banyak perubahan. 


Bukan saja orang Eropa sudah banyak minum air putih karena mereka menyadari manfaatnya, tapi saat ini orang Eropa lebih memilih minum bir tanpa alkohol. Dari segi rasa, minum bir tanpa alkohol memang hampir sama dengan minum bir beralkohol. Hal itulah yang menyebabkan persentase orang yang minum bir tanpa alkohol mengalami peningkatan, selain dari faktor kesehatan.


Rasa Pahit Saat Minum Bir


Terlepas dari apapun alasan seseorang untuk minum bir, setiap orang pasti merasakan rasa pahit dan tidak nyaman saat pertama kali minum bir


manfaat minum bir

Meski demikian, setelah anda terbiasa dengan rasa pahit, anda tidak akan terlalu terganggu dengan rasa pahit tersebut. Ada dua hal yang menyebabkan ini terjadi: 


  1. Indera perasa anda tidak lagi kesulitan menerima rasa pahit, khususnya rasa pahit seperti itu; dengan kata lain, indera perasa anda menjadi lebih tahan dengan rasa pahit, khususnya dari hops. 
  2. Persepsi anda mengenai bagaimana rasa bir seperti yang diinformasikan otak anda, membuat anda berpikir begitulah rasa bir seharusnya (dengan tingkatan yang berbeda diantara peminum); dengan kata lain, anda terbiasa untuk khusus mencicipi bir seperti hops pahit. 


Selain itu tingkat kepahitan membuat rasa bir menjadi seimbang. Perlu dicatat bahwa tidak semua bir mempunyai rasa hop yang sangat pahit; pada kenyataannya ada tipe tertentu yang umumnya sangat pahit seperti bir dengan rasa ringan dan bir IPA (meskipun mereka bukan satu-satunya tipe yang pahit pada umumnya). 


Kepahitan bir berasal dari hop pahit yang digunakan untuk memberikan rasa yang sangat berbeda, jenis hop lainnya lebih aromatik. Bertentangan dengan kepercayaan pada umumnya, bir tidak diciptakan untuk membuat air murni seperti biasa, itu adalah kebutuhan untuk mengimbangi hilangnya rasa manis dari rendaman gandum polos, karena itulah alasan untuk membuat minuman agak pahit dan atau asam, dan lebih aromatik. 


Jika anda pernah memiliki kesempatan untuk mencicipi disfermentasi, rendaman gandum tumbuk, anda akan melihat mengapa memiliki rasa seperti itu. Rasa asam yang juga menyeimbangkan rasa bir adalah hasil dari asam laktat yang dihasilkan selama fermentasi atau dengan penambahan rasa yang berhubungan dengan budaya tertentu.


Bir yang bagus memiliki berbagai macam rasa selain rasa pahit. Rasa pahit tersebut juga harus seimbang dengan pemanis malt dan bunga hops. Hops memiliki rasa yang pahit dan mengandung senyawa antibiotik yang menjaga bir agar tidak basi. 


Dari sejarahnya, hal tersebutlah yang menyebabkan hops dijadikan salah satu bahan dalam membuat bir, karena pada awalnya bir dibuat untuk menyediakan minuman yang lebih sehat dibandingkan air putih yang kotor dan sebagai cara untuk menjaga gandum dari musim dingin. 


Manfaat Minum bir


jenis bir


Meskipun minum bir sering disebut memiliki dampak negatid terhadap kesehatan, banyak pula penelitian yang menemukan manfaat minum bir. Beberapa manfaat minum bir tersebut antara lain dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes, serta penyakit Alzheimer. Minum bir juga bagus untuk mencegah batu ginjal. Selain itu minum bir juga diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh.



Alasan Seseorang Suka Minum Bir 


Ada berbagai alasan yang menyebabkan seseorang suka minum bir. Sebagian orang melakukannya karena pergaulan sedangkan sebagian lagi melakukannya untuk mendapatkan rasa santai dan rileks yang muncul ketika mereka mulai mabuk. 


dampak minum bir

Kenyataannya, minum bir merupakan cara favorit untuk menghilangkan stress bagi sebagian orang. Meskipun terdapat beberapa manfaat minum bir, tapi perlu diwaspadai juga mengenai efek negatif minum bir terhadap kesehatan. Karena banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum bir dapat merusak organ-organ tubuh tertentu dalam jangka panjang yang tentunya berdampak buruk bagi kesehatan kita secara keseluruhan.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang