Mengapa beberapa karakter anime memiliki warna rambut ungu?

Dilihat 783 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memang aneh jika dipikirkan, karakter dalam anime adalah penggambaran manusia, bagaimana mungkin mereka bisa memiliki warna rambut yang beraneka macam? Misalnya Uzumaki Naruto yang berwarna rambut kuning pirang menyala, atau Kurosaki Ichigo yang berambut oranye cerah dan sangat kaku.


Namun, jika kau benar-benar mencari alasan mengapa karakter dalam anime sering terlihat memiliki warna rambut yang aneh, maka jawaban sesungguhnya - karena mereka adalah karya visual yang digambarkan untuk menyampaikan informasi tentang kepribadian dan peran karakternya di dalam plot/cerita dan tidak ada hubungannya dengan keadaan manusia yang sesungguhnya (lihat : manusia mustahil dilahirkan dengan rambut berwarna ungu).


Di sisi lainnya, jika pertanyaannya benar-benar spesifik dan lebih dalam tentang alasan di balik warna rambut ungu para karakter dalam anime, ketimbang sekedar mempertanyakan tentang "warna aneh" rambutnya... Well, baiklah, saya bisa menjelaskannya lebih jauh disini.


Memberi warna ungu gelap pada rambut sebuah karakter (atau hitam pekat dengan kilau keunguan) adalah sebuah tindakan yang umum di pertengahan/akhir tahun 1990an. Saat itu, setiap kali sang pencipta karakter atau animator ingin membuat sebuah karakter yang tampak misterius, dewasa, berpengalaman atau bahkan pemikir, biasanya tinta warna hitam & ungu akan dipilih oleh mereka. Bahkan hingga saat ini pun, warna ungu kehitaman masih sering dijumpai di berbagai anime, namun secara keseluruhan, sudah tidak terlalu populer. Terlebih lagi, puncak popularitas warna rambut ungu yang intens sudah lewat lama sekali (>10 tahun yang lalu). Akan tetapi, bahkan di masa kejayaannya, warna ungu yang begitu intens itu diakui mampu memberikan pesan yang jelas, tidak seperti kebanyakan warna rambut lainnya pada tokoh anime.

Berbicara dengan sangat umum, karakter-karakter dengan warna rambut ungu bercahaya cenderung dikenal sebagai orang yang pandai, tegas dan aktif tapi mereka selalu (setidaknya) diklaim sebagai karakter yang sopan, elegan, atau bahkan terhormat seperti seorang "action princess". Namun sekali lagi saya tegaskan, kira-kira secara umum seperti itu.


  • KARAKTER ANIME DENGAN WARNA RAMBUT UNGU

Sekilas, mari saya beri contoh beberapa karakter anime yang memiliki warna rambut ungu dengan ciri-ciri karakter kurang lebih sama seperti yang telah saya jabarkan di atas. 


1. Sugiura Ayano (YuruYuri)

warna rambut ungu karakter anime        karakter anime dengan rambut ungu - Sugiura Ayano


Ayano adalah karakter tambahan dalam anime YuruYuri (season 1-3) yang memiliki rambut panjang berwarna ungu. Sehubungan dengan ciri-ciri karakter anime berambut ungu, Ayano adalah seorang wakil ketua OSIS yang elegan namun tegas, sangat sopan (ia selalu menggunakan tata bahasa yang sopan ketika bicara dengan siapa saja) dan sangat menjunjung tinggi jabatannya sebagai wakil ketua OSIS. Ia pandai dan tidak terima ketika nilai ujian semesternya kalah dari Toushino Kyouko.


2. Lady J (Valkyrie Drive : Mermaid)

karakter anime dengan rambut ungu - Lady J


Lady J juga merupakan karakter tambahan dalam sebuah anime yang berjudul Valkyrie Drive : Mermaid yang ditayangkan pada bulan Desember tahun 2015 lalu. Meskipun ia tidak banyak disorot, namun karakternya digambarkan sebagai seorang wanita yang elegan (dapat dinilai dari tutur katanya yang lemah lembut dan gerakannya yang teratur), cerdas, dan seseorang yang jago berkelahi, terutama karena Valkyrie Drive cenderung merupakan anime action.


3. Ishima Ryuuken (Maria Holic/Maria Holic Alive)

karakter anime dengan rambut ungu - Ishima Ryuuken            karakter anime dengan rambut ungu - Ishima Ryuuken

Ryuuken merupakan supporting character dalam anime Maria Holic/Maria Holic Alive dengan rambut berwarna ungu pendek seperti seorang pria. Sepanjang penampilannya dalam anime ini, ia dikenal sebagai karakter yang cerdas (ia tidak pernah mendapatkan masalah dalam ujian), berkepribadian dan berpendirian kuat (atau dengan kata lain, tegas), serta digambarkan sebagai seorang pangeran yang elegan oleh para penggemarnya di sekolah.

Tidak seperti dua warna sebelumnya, ungu pucat masih terlihat di banyak anime, hingga hari ini. Perlu dicatat, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, kecerahan warna rambut sebuah karakter biasanya menandakan bagaimana ia merupakan pribadi yang "asing" atau bahkan berasal dari "dunia lain" - dan secara mengejutkan, warna ungu dengan ciri khas anime tradisionalnya yang bersifat misteri/budaya/elegan/kebangsawanan membuatnya menjadi pilihan yang sangat bagus. Demikian juga ungu pucat tetap menjadi warna yang (biasanya) pasti-dipilih untuk memberikan karakter kepada putri-putri bangsa "dunia lain", bangsawan sombong, asing, otak kejahatan atau bahkan karakter misterius di tingkat menengah. (Juga hati-hati terhadap overlap dari "pink pucat" atau "biru pucat"... Kadang-kadang bisa sulit untuk membedakannya dan juga memiliki ciri-ciri seperti yang telah saya sebutkan).


  • APAKAH KARAKTER ANIME DENGAN RAMBUT WARNA UNGU SELALU DEMIKIAN?

Seperti biasa - tak ada pola tanpa pengecualian. Kau akan selalu bisa menemukan karakter-karakter yang tidak sesuai dengan deskripsi/generalisasi di atas, misalnya karakter ini :


Takechi Otoya (Akuma no Riddle)

karakter anime dengan rambut ungu - Takechi Otoya


Takechi Otoya adalah satu-satunya karakter dalam anime Akuma no Riddle (Riddle Story of The Devil) yang memiliki warna rambut ungu kehitaman dan sama sekali tidak memiliki ciri-ciri umum seperti yang ada pada karakter-karakter sebelumnya. Ia adalah seorang pembunuh berantai, kejam, dan sadis. Dalam anime tersebut, ia dijuluki sebagai "Jack The Ripper dari abad ke 21" dan telah membunuh banyak wanita. Dijelaskan oleh seorang karakter lainnya dalam Akuma no Riddle bahwa ia membunuh untuk mendapatkan kepuasan seksual.
 

Berdasarkan berbagai contoh di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa asosiasi warna ini begitu kuat dan polanya selalu berulang di industri ini, namun tidak memiliki aturan yang keras dan konsisten, semua tergantung pada selera sang animator dan komikus. 

Jadi, nikmatilah tontonanmu! :)

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang