Mengapa begitu banyak sepeda motor di Indonesia dan mengapa biaya parkir untuk mobil lebih mahal daripada sepeda motor, meskipun jumlah sepeda motor lebih banyak daripada mobil?

Dilihat 269 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sepeda motor adalah kendaraan yang praktis bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, di beberapa kota-kota besar, terhindar dari kemacetan merupakan hal yang mustahil. Sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Jika menggunakan mobil, mereka akan terjebak macet dan menyita waktu mereka hingga beberapa jam. Apalagi sekarang ditambah dengan kemudahan dalam mengurus pajak, karena ada pajak kendaraan bermotor online. Anda bisa mengecek jumlah pajak yang harus dibayar lalu membayarnya tanpa mengantri.




Biaya parkir mobil memang lebih mahal, dikarenakan lahan yang digunakan mobil lebih luas dibandingkan dengan sepeda motor. Lahan untuk parkir tiap satu mobil bisa digunakan untuk kurang lebih enam sepeda motor. Ini bukan menyangkut biaya parkir, hal itu sangat terjangkau untuk masyarakat, namun mengenai biaya pajak. Tahun ini pajak naik sampai lebih dari 100% bahkan lebih. Saya pikir itu adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah kendaraan bermotor di Indonesia. Dikarenakan ekonomi di Indonesia yang cukup buruk, kenaikan pajak tersebut akan membuat masyarakat berpikir ulang untuk membeli kendaraan bermotor. Namun, saya rasa jumlah tersebut akan terus meningkat, terlebih lagi karena maraknya kendaraan panggilan, seperti uber dan yang lainnya. Di Ibukota Indonesia, Jakarta, dulu sempat digalakan peraturan 3 in 1, yakni penumpang kendaraan beroda empat harus berpenumpang minimal 3 orang. Namun, peraturan 3 in 1 tersebut telah dihapus, digantikan oleh peraturan ganjil-genap.

 


Mengapa begitu banyak sepeda motor di Indonesia?

Berikut adalah alasan umum yang saya ketahui mengapa jumlah sepeda motor sangat banyak di Indonesia :


  1. Sepeda motor sudah jelas harganya lebih murah ketimbang mobil. Hal ini sesuai dengan kondisi ekonomi rakyat Indonesia, dimana masih banyak rakyat yang berada di keadaan ekonomi menengah ke bawah.
  2. Sepeda motor merupakan keharusan jika anda tinggal di wilayah perkotaan. Transportasi umum mahal dan buruk sekali. Menggunakan mobil pun mahal dan anda juga akan terjebak dalam kemacetan lalu lintas (tidak seperti sepeda motor yang ramping). Ada beberapa perusahaan yang memiliki syarat mampu mengendarai sepeda motor.
  3. Sangat mudah untuk membeli sepeda motor. Anda hanya perlu memberikan beberapa identitas, melunasi pembayaran (sangat murah) dan voila!
  4. Rakyat Indonesia termasuk rakyat yang konsumtif. Ada beberapa orang memiliki hobi mengumpulkan suatu benda, tak terkecuali kendaraan bermotor, terutama sepeda motor.
  5. Bahan bakarnya murah karena pemerintah memberi subsidi yang besar sekali. Begitu murah sehingga dianggap bahan bakar termurah diantara negara-negara ASEAN.


Jadi seperti itulah jawaban atas pertanyaan anda menurut pendapat saya. Sekali lagi, biaya parkir bukanlah masalah utama dalam hal ini. Baik biaya parkir mobil ataupun sepeda motor, keduanya sangat terjangkau. Tetapi, sejak beberapa tahun yang lalu, beberapa mall menghitung biaya parkir sesuai dengan berapa jam kendaraan tersebut terparkir, meskipun biaya tersebut masih bisa terbilang murah. Semoga rasa penasaran anda terjawab dengan artikel ini.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang