Mengapa ada gambar Dewa Ganesha di mata uang Indonesia pecahan 20.000 Rupiah?

Dilihat 758 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bank Indonesia selalu mengeluarkan uang kertas dengan gambar para pahlawan nasional Indonesia, baik pahlawan sebelum kemerdekaan maupun sesudah kemerdekaan. Hal in bertujuan agar seluruh rakyat Indonesia selalu mengingat dan menghargai jasa-jasa pahlawannya. Di samping itu mengingatkan kita semua tentang perjuagan Bangsa Indonesia di masa silam. Gambar yang sering kamu lihat pada uang kertas menujukkan betapa kita semua berterima kasih atas perjuangannya. Aspirasi dalam menghargai para pahlawan dituangkan dalam berbagai hal oleh pemerintah, uang kertas yang kita miliki saat ini hanyalah salah satu contoh mudahnya. Tidak hanya gambar para pahlawan, tapi Bank Indonesia juga mencetak uang dengan gambar budaya Indonesia seperti tari Bali, rumah adat, dan kebudayaan indonesia di sisi lain uang kertas untuk menggambarkan bahwa Indonesia mempunyai beragam kebudayaan yang perlu diketahui oleh masyarakat dan dilestarikan. Namun, mengapa di pecahan uang mata Rp. 20.000 terdapat gambar Dewa Ganesha? Ganesha identik dengan kebudayaan India dan kamu mungkin bertanya tanya, apa hubungan antara Negara Indonesia dengan Dewa Ganesha? Berikut adalah penjelasan mengapa ada gambar Ganesha pada pecahan uang Rp.20.000.


Pahlawan Ki hajar Dewantara dan Raja Ganesha 

20.000

Sebenarnya gambar yang tertera pada pecahan mata uang Indonesia yang berupa uang kertas rupiah merupakan lambang saja untuk mengambarkan Raja Ganesha sebagai dewa dari ilmu pengetahuan. Hal ini sejajar dengan Ki Hajar Dewantara yang merupakan pahlawan pendidikan.

Dalam cerita Sansekerta, Dewa Ganesha adalah dewa yang memiliki pengetahuan dan kecerdasan, dewa pelindung, dewa penolak bala, dan dewa kebijaksaaan. Banyaknya atribut yang dimiliki olehnya sehingga beliau cukup terkenal. Selain itu, beliau juga dewa yang dipuja oleh umat Hindu. Berdasarkan catatan sejarah, Indonesia mendapatkan banyak pengaruh Hindu dari India, dibuktikan dari candi-candi peninggalan kerajaan Hindu terdahulu.


Di sisi lain, Ki Hajar Dewantara merupakan pahlawan nasional yang berjuang untuk mencerdaskan bangsa dengan mendirikan sekolah-sekolah untuk kaum pribumi di masa penjajahan Belanda. Dengan perjuangan beliau, bangsa Indonesia bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan baca tulis secara merata dan seimbang sehingga terbuka wawasannya dan bisa turut berperang melawan penjajah. Sekarang kita dapat mengenyam pendidikan dengan setara hingga setinggi-tingginya tak lain adalah karena jasa-jasa beliau. Pemerintah mengangkat Ki Hajar Dewantara sebagai Pahlawan Nasional dan dikenal dengan Bapak Pendidikan Indonesia.


Mata uang Indonesia sebagai alat pembayaran dari dulu hingga kini memang selalu menampilkan gambar pahlawan nasional dan gambar kebudayaan Indonesia. Hal ini karena mata uang Indonesia sebagai perwakilan untuk memperkenalkan bangsa Indonesia dengan bangsa lain bahwa Indonesia selalu mengenang jasa para pahlawan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada negara lain.

Jadi kesimpulannya mengapa ada gambar Dewa Ganesha di sebelah Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara pada gambar uang Indonesia Rp.20.000 Karena Raja Ganesha digambarkan sebagai Ilmu Pengetahuan dan Ki Hajar Dewantara sebagai pahlawan yang telah berjasa mencerdaskan Bangsa Indonesia dengan Ilmu pengetahuan.

Semoga gambar uang Indonesia semakin bervariasi dan mengangkat tokoh-tokoh nasional yang kurang dikenal oleh masyarakat awam agar lebih mendidik dan tidak membosankan.





Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang