Mengapa desainer mobil balap lebih memilih sistem transmisi rear wheel drive ketimbang sistem front wheel drive?

Dilihat 838 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mobil balap adalah mobil yang didisain khusus untuk dapat beradaptasi dengan situasi berkendara dengan kecepatan yang tinggi, rem yang kuat dan setir yang dapat diandalkan. Performa mobil balap tersebut juga harus nyaman digunakan oleh pembalap pembalap. Mobil-mobil tersebut telah di disain oleh profesional yang mengerti seluk beluk dan masalah masalah yang terjadi pada kondisi balapan.


Mau tahu kenapa mobil balap itu di desain menggunakan transmisi rear wheel ketimbang front wheel? Bacalah alasan alasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!


Alasan Mengapa mobil balap menggunakan transmisi Rear Wheel Drive.



Sebenarnya tidak semua mobil balap menggunakan rear wheel drive. Tergantung pada jenis mobilnya dan jenis formulanya. Dengan kata lain, jika balapan formula menentukan; katakanlah harus mobil yang di produksi dan mobil-mobil yang memiliki front drive dan aturan balapannya tidak mengizinkan perubahan pada kemudinya, maka para ahli mesin akan memilih front drive.





Lebih jauh lagi, tergantung pada aturannya, mobil front drive bisa dibuat agar berjalan persis seperti mobil-mobil rear drive dalam kasus tertentu (kecuali untuk power oversteer). Dalam istilah absolut, semua sistem kemudi beroperasi dengan beberapa perbedaan yang pandai, masing-masing satu untuk kemudi front dan rear, dan satu untuk transmisi antara dua kelompok kemudi akan menjadi pengaturan idealnya. Mobil yang menggunakan rear wheel drive juga dapat mendorong mesin dan meningkatkan rpm yang alhasil membuat mobil mendapatkan akselerasi lebih pada saat berada pada gigi 1.


Karena banyaknya bodi mobil balap yang terkena sanksi yang melarang pengaturan AWD, rear drive adalah alternatif terbaik selanjutnya. Pada kondisi dimana tidak ada formula khusus tentang kemudinya; WTCC, BTC, GrandAm ST, World Challenge Touring Car, NASA IT, dll. Anda akan menemukan bahwa mobil-mobil dengan kemudi front, rear, dan AWD saling balapan dalam satu kategori yang sama.




Jadi memenangkan balapan adalah tujuan akhir, memang iya. Ada banyak faktor lain juga yang menentukan apa yang dipertandingkan dan dimana dan dengan pengaturan/kondisi seperti apa terutama medan balapan dan juga kualifikasi formula tersebut. Setelah membaca artikel ini mungkin suatu hari anda bisa menjadi pembalap mobil dan berlaga di dunia balapan. Terima kasih telah membaca!

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang