Kenapa film Thailand kalah bersaing dengan film Korea?

Dilihat 878 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Industri perfilman memang masih banyak condong pada perfilman barat. Namun kini Negara-negara di Asia juga mulai menunjukkan eksistensinya dalam berkarya di dunia film yang bertaraf internasional. Di antaranya adalah perfilman dari Negara Korea, Thailand, dan Jepang. 

Memang tidak bisa dipungkiri, banyak sekali para penggemar film yang mulai melirik perfilman Asia termaksud penggemar dari Eropa. Bahkan bisa dibilang bahwa beberapa film asia terbaik bisa menyaingi film barat seperti film Train To Busan yang hampir menyamai kualitas film Hollywood World War Zombie


Lalu apa yang membuat perfilman Asia kini mulai digemari? 


Jawabannya adalah kharakteristik yang berbeda yang berani ditampilkan oleh perfilman dari Negara-negara Asia, khususnya Korea dan Thailand. 


film thailand terbaik


Film Korea kini sangat banyak digemari oleh penikmat hiburan di seluruh dunia, bahkan di antaranya menjadi film Korea terbaik yang dibuat kembali oleh film hollywood. Film Korea terbaik berani menampilkan apa yang mereka yakin bisa menarik simpati para penggemar film, dan mereka bisa membuktikannya sampai sekarang. 


Dari segi cerita, alur dan para pemeran film Korea juga mampu menyajikan ciri khasnya. Sama halnya dengan film Thailand yang dikenal sangat bagus dalam penyajian alur cerita yang kadang tidak bisa diprediksi. Tidak heran bila beberapa film asia terbaik berasal dari perfilman Korea ataupun Thailand. Namun jika dibandingkan dengan film Thailand, film Korea masih jauh lebih unggul dalam beberapa hal. 



Faktor-faktor yang Membuat Film Korea Lebih Unggul


1. Penampilan Para Aktor 


film korea romantis


Penampilan para aktor bisa dibilang sebagai hal yang paling utama untuk menarik perhatian penonton pada pandangan pertama. Jika penonton menyukai penampilan para aktor dalam film, penonton cenderung tertarik untuk menonton film tersebut sampai tamat. Seperti yang kita ketahui bahwa para aktor Korea dalam film selalu memakai aktor yang sangat sempurna baik kualitas berakting maupun dalam hal wajah. 

Mereka lebih banyak memakai para aktor yang berwajah rupawan. Para aktor diupayakan terlihat sempurna di depan kamera meski harus menggunakan riasan sekalipun. Walau begitu dalam pemilihan aktor tetap saja Korea memperhatikan keahlian aktor dalam memerankan sebuah peran dalam film. 


Sedangkan para aktor Thailand, mereka menampilkan aktor yang lebih apa adanya. Seperti yang kita tahu bahwa wajah orang Thailand sudah rupawan jadi mereka tampil berani tanpa dipoles oleh riasan apapun. 

Meskipun saya suka Mike D' Angelo, tidak banyak aktor dari Thailand yang dikenal dan tidak banyak orang yang sudah menonton film Thailand.


2. Setting Film


setting film thailand


Setting film merupakan hal pendukung dalam kesuksesan sebuah film, terutama setting tempat. Setting tempat dalam film Korea selalu dipersiapkan secara matang, selain itu mereka mempunyai maksud dan tujuan saat menggunakan setting tempat tersebut. Selain untuk kepentingan pembuatan film, setting tempat film Korea juga bertujuan untuk menampilkan lebih banyak tempat wisata, budaya dan suasana Negara Korea. Mereka bisa disebut berhasil melakukan promosi untuk menarik wisatawan melalui beberapa seting tempat yang ditampilkan dalam film. Sedangkan film Thailand hanya menampilkan setting tempat yang memang diperuntukkan untuk kepentingan pembuatan filmnya saja, misalnya ada beberapa film Thailand yang menggambarkan kota Bangkok

Mereka tidak terlalu banyak mengambil keuntungan untuk melakukan promosi dengan memakai setting tempat film yang menarik, namun totalitas Thailand dalam pembuatan dan pemilihan setting tempat yang sesuai dengan adegan cerita dalam film tidak perlu diragukan lagi.


3. Alur Cerita dalam Film


film komedi thailand


Alur cerita dalam film Korea lebih banyak dibandingkan dengan film Thailand. Puncak alur, yaitu pada bagian konflik saja bisa terlihat di awal film. Sampai kemudian konflik yang tidak sederhana tersebut menjadi sebab timbulnya konflik pada tahap selanjutnya dan menjadi konflik yang lebih besar. 

Sejujurnya, film Korea lebih banyak mementingkan alur sebab akibat dan konflik yang lebih panjang. Terkadang banyaknya konflik dalam film Korea membuat kita lelah, tetapi itu memang ciri khas film Korea. Film Korea lebih mengutamakan unsur dramatisasi yang panjang, walaupun ending dalam film mudah diprediksi. Namun film korea sangat pintar untuk memanipulasi kebosanan akan konflik dengan adegan-adegan lain, misalnya adegan romatis atau adegan lucu. 


Film Thailand juga memiliki alur yang bagus, mereka juga menggunakan alur sebab akibat yang rapi. Bahkan film Thailand sangat bagus mengemas alur sampai menuju tahap ending yang kadang tidak terduga. Namun film Thailand tidak terlalu lama dalam memainkan alur sebab akibatnya, sehingga kesan dramatisasi dalam film Thailand kurang ditonjolkan.


4. Bahasa 


film komedi romantis thailand


Ini adalah unsur yang paling terlihat berbeda di antara keduanya. Bahasa Korea memang tidak terlalu asing di telinga kita, cara bicara para aktor dalam film juga kadang menjadi trend di kalangan penikmat film Korea. Bahasa mereka memiliki aksen yang tidak terlalu aneh bagi orang Indonesia. Kelebihan Bahasa Korea juga terdengar manja dan lebih sering terdengar datar. Bahkan karena kepopuleran Bahasa Korea di Indonesia, banyak sekali orang yang berminat untuk mempelajari Bahasa Korea. 


Berbeda dengan Bahasa Thailand, mereka memiliki aksen yang sering terdengar lucu bagi orang Indonesia. Cara mereka bicara dan juga aksen suara yang dihasilkan kadang membuat kita tertawa, walaupun mereka sedang beradegan sedih. Padahal banyak film Thailand yang dianggap berkelas dunia seperti Beautiful Boxer, The Legend of Suriyothai dan masih banyak lagi. Memang masalah Bahasa ini sedikit cukup menganggu kita saat menikmati film Thailand yang sebenarnya berkualitas. Keunikan dalam film Thailand memang bisa memberikan keuntungan tersendiri dalam film komedi mereka. Film komedi Thailand yang dianggap sangat konyol dan populer adalah ATM Er Rak Error.



Beberapa hal di atas menggambarkan mengapa film Thailand tidak bisa bersaing dengan film Korea. Selain itu negara Korea, khususnya negara Korea Selatan memang mengunggulkan industri hiburan untuk mengenalkan dan juga sebagai pemasukan negara mereka, itulah sebabnya mereka sangat totalitas menampilkan yang terbaik.  


Film Thailand memang memiliki keunggulannya sendiri namun film Korea lebih unggul dalam beberapa aspek dan banyak di antaranya telah menjadi film asia terbaik. Hal itulah yang menjelaskan mengapa film Korea lebih terkenal dan lebih disukai banyak orang dibandingkan dengan film Thailand. 

Bahkan banyak orang yang ingin berkunjung ke Korea dan belajar Bahasa Korea hanya karena sering menonton filmnya.  

 

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang