Mengapa harga emas bisa turun? Dari segi investasi, bagaimana tren harga emas di masa depan dibandingkan harga emas sekarang?

Dilihat 484 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Seiring perkembangan zaman, kini banyak sekali berkembang berbagai jenis barang berharga yang biasanya menjadi incaran sebagian orang. Salah satunya adalah emas. Emas kini bukanlah barang yang langka dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja, sekarang setiap orang mudah sekali untuk memiliki emas. Beberapa orang yang mengerti tentang investasi juga sering menjadikan emas sebagai investasi barang berharga yang sangat menggiurkan. Hal ini disebabkan karena harga emas sekarang yang cenderung stabil sejak dulu. Jadi memilih emas sebagai investasi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.


Ada banyak kelebihan dari investasi emas yang berupa koin atau batangan. Di antaranya karena harga emas yang selalu stabil dengan kenaikan yang lumayan yang bahkan mampu menyaingi laju inflasi. Banyak orang yang sangat tertarik untuk memilih investasi emas, karena berinvestasi emas dapat menjamin memberikan kenyamanan dan keamanan berinvestasi dalam jangka waktu yang lama. Dalam artikel ini saya akan memberikan informasi tentang cara investasi emas yang tepat dan juga alasan mengapa terkadang harga emas menjadi turun.  



Tren Harga Emas


Seperti yang kita ketahui bahwa harga emas sekarang di setiap negara mengalami kenaikan setiap tahunnya dan inilah yang menjadikan emas sebagai bisnis investasi yang menggiurkan bagi sebagian orang. Namun tahukah anda yang sebenarnya terjadi? Bahwa harga emas sekarang mengalami penurunan apalagi di tahun 2017 ini. Mengapa hal ini bisa terjadi? Beberapa orang yang ahli di bidang investasi emas telah memprediksikan kenaikan dan penurunan harga emas yang akan terjadi di masa depan. 


Di tahun 2016, perusahaan manager investasi Increntm AG telah memprediksi harga emas, mereka berkata harga emas dapat mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah, yakni US$ 2.000 per troy ounce pada tahun 2018. Hal ini dikarenakan kenaikan inflasi dan mengendurnya kepercayaan pasar pada kemampuan bank sentral untuk memacu pertumbuhan global menjadi salah satu pemicu utama kenaikan harga emas akan terjadi.


Selain itu, Ronald Stoeferle, seorang managing partner Incrementum AG juga mengatakan akan terjadi peningkatan harga barang-barang konsumsi seiring dengan kenaikan kebutuhan akan minyak mentah, penerapan suku bunga rendah, dan pembelian obligasi oleh bank-bank sentral yang juga diprediksikan akan gagal membenahi perekonomian.


Hal ini nantinya akan mengakibatkan inflasi yang sangat mengejutkan dan pada saat itulah banyak orang yang mulai beralih untuk memiliki emas dalam portofolio mereka. Ronald juga menambahkan, harga emas bisa meningkat melebihi US$ 1.921,17 per troy ounce pada tahun 2011. Meskipun begitu, tidak semua ahli dalam analisis ekonomi berpandangan positif terhadap prediksi harga emas ini. Saat ini, harga emas masih tertekan akibat proyeksi pengerekan suku bunga The Fed setelah melonjak tajam pada pertengahan tahun 2016. 

Binky Chadha, seorang kepala strategi global dari Deutsche Bank AG, mengatakan bahwa harga emas sangat wajar jika mengalami penurunan dalam waktu dekat. Hal ini mengingat harganya yang sudah terlalu mahal atau over valued yaitu sekitar 20% - 25%. 

Sementara Luc Luyet, seorang ahli strategi mata uang dari Pictet Wealth Management, menyampaikan bahwa masih ada kemungkinan pada kenaikan suku bunga Federal Reverse yaitu sebanyak tiga kali hingga akhir 2017. Hal ini dapat menyebabkan menguatnya dolar AS, sehingga akan membuat harga emas hari ini menjadi turun. Dalam penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terjadinya penurunan dan kenaikan harga emas bisa dipengaruhi olah kenaikan suku bunga dan juga fluktuasi dari inflasi yang terjadi di seluruh dunia.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa menentukan harga emas menjadi turun di antaranya adalah:

  • Pengaruh nilai tukar US Dollar. Secara umum, korelasi negatif akan tercipta dari hubungan nilai tukar US Dollar dengan harga emas sekarang (harga emas yang sedang berlaku saat itu). Bila Dollar Amerika sedang melemah, harga emas akan naik. Namun bila Dollar Amerika menguat, harga emas jadi menurun.
  • Jenis emas yang dibeli. Sebaiknya tidak membeli emas dalam bentuk perhiasan karena jika suatu saat anda ingin menjualnya, emas perhiasan tersebut akan dilebur kembali dan bisa membuat harga emas menjadi turun.
  • Industri emas terpuruk. Pengaruh lainnya yang bisa membuat harga emas turun adalah kondisi dimana industri emas menurun. Hal ini bisa terjadi karena kelebihan produksi emas yang pernah terjadi pada tahun 2011 yang membuat harga emas malah menjadi semakin menurun. Kondisi tersebut akan membebani para produsen emas karena hutang perusahaan produsen emas melambung tinggi sehingga mengalami kesulitan untuk berkembang.   
 




Investasi Emas


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, akan terjadi kemungkinan di saat banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan investasi dari pada mengandalkan bank sentral untuk mengelola keuangannya. 

Investasi emas adalah salah satu investasi yang bisa memberikan kentungan. Emas adalah barang berharga yang memiliki nilai tukar yang stabil dan hanya akan berpengaruh sedikit jika terjadi inflasi pada mata uang negara tertentu. Bagi anda yang memang berminat untuk menanamkan uang anda dalam bentuk investasi emas, cara investasi emas yang bisa anda lakukan dengan aman dan juga menguntungkan adalah sebagai berikut:


1. Tentukan Tujuan Investasi 

Sama halnya dengan melakukan investasi lainnya, anda harus memikirkan terlebih dahulu tujuan dari investasi yang akan anda jalankan. Tanyakan dulu kepada diri anda, apa tujuan anda untuk melakukan investasi emas? Jangan sampai anda melakukannya hanya karena ingin ikut-ikutan saja. Hal ini akan berpengaruh pada keuntungan anda dalam melakukan investasi emas. Jika investasi tidak dilakukan dengan serius, biasanya emas yang anda himpun hanya akan berakhir di pegadaian atau dijual karena alasan finansial yang tidak terduga. Temukan tujuan jangka panjang dalam investasi emas dan cepat atau lambat anda akan merasakan keuntungan dari investasi ini. 


2. Memperkirakan Waktu Investasi

Kapankah waktu yang baik untuk melakukan investasi emas? Mulai saat ini anda harus rajin memperhatikan kenaikan dan penurunan pasar emas dan berkonsultasi dengan ahlinya. Kesalahan pemain baru dalam melakukan investasi emas adalah anggapan mereka bahwa mereka bisa melakukan investasi dan melepasnya kapan saja. Padahal, jika harga emas sekarang sedang turun dan anda mejualnya, anda akan mendapatkan kerugian. Untuk itu, sebelum menjual emas, carilah terlebih dahulu informasi yang jelas mengenai harga emas dan beberapa kecenderungan harga emas dalam jangka pendek dan panjang.


3. Pilihlah Jenis dan Tempat Membeli Emas

Anda harus memperhatikan jenis emas yang sebaiknya anda pilih saat ingin berinvestasi. Sangat tidak disarankan untuk memilih jenis emas perhiasan karena anda akan mendapatkan beban biaya pembuatan perhiasan, harganya juga akan semakin kecil bila dijual kembali. Langkah yang paling tepat untuk melakukan investasi adalah memilih jenis emas koin atau batangan yang harganya lebih stabil. Selain memperhatikan jenis emas yang akan anda pilih, anda juga harus memperhatikan tempat anda membeli emas. Karena jika salah tempat dalam membeli emas, anda malah bisa terancam kerugian yang besar. Sebaiknya, cari dan selidikilah tempat anda akan membeli emas, pastikan mereka memiliki sertifikat yang resmi dan asli. Untuk lebih membuat anda nyaman, pastikan anda membeli emas pada jasa-jasa resmi milik pemerintah.  


4. Sesuaikan Dengan Kemampuan Diri Anda

Selain jenis dan tempat emas yang harus anda perhatikan, anda juga harus menyesuaikan kemampuan diri anda saat melakukan investasi emas. Pastikan anda memiliki modal yang cukup sebelum memulainya, karena investasi ini berjangka panjang dan hasilnya tidak bisa diambil dalam waktu dekat. Jangan sampai memaksakan diri dengan berhutang hanya gara-gara ingin ikut-ikutan untuk melakukan investasi emas. Berinvestasi emas juga harus dipersiapkan secara matang. Anda harus menyesuaikan investasi dengan kemampuan yang bisa anda jangkau sehingga anda akan mudah menemukan saat yang tepat untuk membeli dan menjual atapun menyimpan emas. Jika anda tidak mampu membeli emas dalam jumlah besar, anda bisa mulai berinvestasi dari harga yang kecil, seperti membeli emas sebesar 5 gram. 


5. Lindungi Aset Investasi

Hal lainnya yang harus diperhatikan ketika berinvestasi emas adalah melindungi aset investasi anda. Jika anda memiliki keputusan untuk melakukan investasi emas, maka bersiaplah dengan resiko buruk yang mungkin terjadi seperti kehilangan. Kehilangan dalam bentuk emas sering terjadi pada investasi ini. Untuk itu, gunakan tempat penyimpanan yang aman dan terpercaya atau anda bisa memilih menyimpannya di safety box di bank pilihan anda. 


6. Jual Pada Pihak yang Memberikan Harga Tinggi

Jika anda sudah sampai pada akhir tujuan dari investasi anda, anda tentunya akan memilih melakukan penjualan. Namun dalam melakukan penjualan pun jangan melakukannya dengan sembarangan dan membuat anda merugi. Usahakan untuk menjual kembali di tempat anda membeli sebelumnya, akan lebih baik jika anda menyimpan dengan baik bukti pembelian emas sebelumnya. Namun jika ada tempat yang berani membayar mahal atas emas yang anda miliki, anda bisa melakukan penjualan kepada pihak tersebut.  


Berinvestasi emas bisa menjadi jalan terbaik anda untuk menabung sekaligus mendapatkan keuntungan. Namun investasi ini bukanlah pilihan yang tepat bagi orang yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat. 

Walapun harga emas selalu meningkat, peningkatan tersebut biasanya tidak terjadi setiap hari dan akan memakan waktu yang cukup lama. Tinjauan kenaikan dan penurunan harga emas dilakukan dalam beberapa tahun, itulah mengapa investasi emas disebut sebagai investasi jangka panjang. 

Sebaiknya sebelum memilih jenis investasi ini, pikirkanlah dulu masak-masak. Setelah memikirkannya dengan baik, anda bisa mulai berinvestasi emas dengan mengikuti cara-cara yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Good Luck!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang