Mengapa hati memiliki pembuluh darah portal dan vena hepatika?

Dilihat 4,3 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aku ingin tahu apakah anda berpikir "vena membawa darah menjauh" dari organ / kapiler tidur, jadi mengapa hati memerlukan dua urat" jawabannya? adalah vena portal membawa beberapa hal jauh dari usus dan perut, tetapi menuju ke hati. Dengan demikian, hati menerima darah arteri biasa dari arteri hepatika, ditambah vena, kaya nutrisi darah mengalir dari usus, yang dipimpin dari usus ke hati untuk diproses sebelum hits pada sirkulasi umum. Kedua sumber darah akhirnya menguras dari hati dalam vena hepatika. Ini akan benar-benar aneh untuk satu organ untuk memiliki dua vena pengerinan itu, tapi intinya adalah vena portal vena dari usus dan membawanya ke hati tidak dari itu. Sebuah serupa set up yang ditemukan di paru-paru: mereka mendapatkan darah arteri, tetapi juga darah vena dalam bentuk arteri paru-paru. 


Dengan demikian, kehilangan satu suplai darah biasanya tidak cukup untuk menyebabkan masalah (anda dapat embolisasi pasokan arteri untuk menghentikani hemoptisis tanpa resiko kerusakan karena aliran arteri pulmonalis terus; kehilangan pasokan arteri pulmonalis ke bagian dari paru-paru dari emboli paru-paru biasanya tidak menyebabkan infark, tetapi mungkin). Karena suplai darah ganda ini, kehilangan vena portal tidak menyebabkan hati mati. Jika vena portal trombosis pada sirosis. ini bisa menyebabkan penurunan fungsi hati dan hati encephalopathy (kebingungan), tapi pada kebanyakan orang normal, hati terpengaruh, sedangkan aliran darah tersumbat harus menemukan cara lain kembali ke jantung. 


Namun,  vena hepatika trombosis bisa menjadi bencana, karena itu adalah salah satu jalan keluar. Tidak keluarnya darah, ada darah dalam, dari kegagalan hati dan cedera parah mendapatkan hasil. Sirkulasi portal adalah salah satu beberapa contoh kepiler pengeringan untuk vena dan berakhir pada sistem kapiler lain sebelumnya kembali ke jantung. Ini juga terjadi di gnjal (arteriol berubah menjadi kapiler di glomerulus, dan kemudian melayani tubulus ginjal sebelum kembali ke sirkulasi vena) dan saya percaya pada kelenjar pituitari. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang