Mengapa Indonesia itu negara Islam yang damai dan sangat Toleran?

Dilihat 4,24 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai agama yang berbeda dan merupakan contoh bagi negara lain dalam hidup berdampingan antar agama, dimana bisa menjalin perdamaian dan persaudaraan. Indonesia juga selalu menjadi simbol yang baik bagi negara-negara Islam, menunjukkan bahwa di Republik Indonesia mendapatkan kebebasan berekspresi melalui jalur yang telah ditentukan, dan itu menunjukkan rasa persaudaraan dan persahabatan yang tinggi dari berbagai golongan di Indonesia.

Di bandingkan dengan negara islam lainnya, Indoensua adalah negara yang sangat toleran dengan agama lain. Sejarah perkembangan Islam di Indonesia perlu kamu ketahui sehingga akan meningkatkan rasa kekaguman terhadap agama Islam. 

Indonesia tidak menggunakan hukum shariah yang di anut oleh agama Islam, melainkan menggunakan hukum konvensional demokrasi. Organisasi Islam di Indonesia banyak jumlahnya tapi tidak semua organisasi islam yang diakui oleh pemerintah hanya sebagian saja hal ini karena prosedur atau persyaratan untuk menjadi organisasi belum terpenuhi. Toleransi beragama tanpa mengedepankan permusuhan dan kekerasan yang merupakan salah satu ajaran Islam. Toleransi Islam selama ini di Indonesia sangat dikagumi oleh orang luar negeri. Bahkan, Indonesia dengan mayoritas Islam terbesar di Asia Tenggara dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dengan berbagai suku, ras, dan agama.


Islam di Indonesia berkembang sangat cepat karena agama Islam menganut ajaran yang cinta damai dan tidak membedakan status sosial semua sama dimata Sang Pencipta. Mengapa Indonesia itu negara yang sangat damai dan toleran? Aturan yang diterapkan di Indonesia untuk menjaga kerukunan beragama telah diatur dengan UUD 1945 sehingga sebagai warga negara Indonesia yang baik sebaiknya menjaga dan menjalin kerukunan antar umat beragama. Sehingga negara menjadi aman dan damai tanpa ada gangguan yang akan merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia.


toleransi beragama



Sejarah perkembangan Islam di Indonesia


Indonesia merupakan negara yang mayoritas agama Islam terbanyak sehingga tak heran kalau disetiap sudut kota terdapat masjid-masjid yang megah. Tidak hanya di kota besar mesjid-masjid megah juga terdapat di kabupaten kota.

Penyebaran Islam di Nusantara pada awalnya didorong oleh meningkatnya jaringan perdagangan di luar kepulauan nusantara. Pedagang dan bangsawan dari kerajaan besar nusantara biasanya adalah yang pertama menyebarkan agama islam sambil berdagang. Kerajaan yang dominan beragama Islam termasuk Kesultanan Mataram (di Jawa Tengah sekarang), dan Kesultanan Ternate dan Tidore di Kepulauan Maluku di timur. 

Pada akhir abad ke-13, Islam telah berdiri di Sumatera Utara, kemudian pada abad ke-14 di timur laut Malaya, Brunei, Filipina selatan, Islam mulai masuk di antara beberapa abdi kerajaan di Jawa Timur. 
Pada abad ke-15 Islam menyebar ke wilayah Malaka dan wilayah lain dari Semenanjung Malaya (sekarang Malaysia). Banyaknya bukti dari peninggalan kerajaan yang menganut agama Islam diantaranya ditemukan batu prasasti yang bertulisan huruf arab tapi berbahasa melayu. Islam menyebar di nusantara Indonesia antara lain  


toleransi beragama


  • Pulau Jawa penyebaran Islam juga terbukti dengan adanya wali sanga (sembilan orang suci) yang diakui mempunyai andil besar dalam perkembangan Islam di pulau jawa secara sistematis selama periode ini.  
  • Pada awal abad ke-15 Kesultanan Malaka (sekarang bagian Malaysia) didirikan oleh Sultan Parameswara adalah sebagai pusat perdagangan paling penting di kepulauan Asia Tenggara pusat kedatangan Muslim asing dengan demikian muncul sebagai pendukung penyebaran Islam di Nusantara. Parameswara sendiiri diketahui memeluk Islam dengan nama nama Iskandar Shah. Kedatangan laksamana Cheng Ho yang merupakan Suku Hui muslim dari negeri China. Di Malaka dan di tempat lain batu-batu nisan bertahan dan menunjukkan tidak hanya penyebaran Islam di kepulauan Melayu. 
  • Di kampong Pande Banda Aceh terdapat batu nisan Sultan Firman Syah merupakan cucu dari Sultan Johan Syah yang memiliki sebuah prasasti yang menyatakan bahwa Banda Aceh adalah ibukota Kesultanan Aceh Darussalam dan bahwa kota itu didirikan pada hari Jumat, 1 Ramadhan (22 April 1205) oleh Sultan Johan Syah setelah ia menaklukkan Kerajaan Hindu-Buddha.

Dengan mengetahui sejarah perkembangan Islam di Indonesia kamu akan tahu bagaimana Islam masuk ke Indonesia. Kini pemeluk agama Islam menduduki peringkat tertinggi di Indonesia. Walaupun Indonesia mayoritas beragama Islam tapi hidup di negara yang Idieolaginya Pancasila dengan semboyan negara Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda -beda tapi tetap satu.


toleransi beragama



Organisasi Islam di Indonesia


Berbagai organisasi Islam di Indonesia jumlahnya banyak tapi yang diakui oleh pemerintah hanya sebagian saja. Organisasi Islam yang tidak menyimpang dari ajaran Islam akan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia karena ajarannya sesuai dengan Alquran dan Hadis. Organisasi Islam yang menyimpang oleh pemerintah akan dibubarkan ini demi kerukunan umat Islam sehingga tidak akan saling bentrok satu sama lain. Islam adalah agama yang cinta damai dan akan bisa hidup rukun dengan agama lain.

lembaga yang menaungi umat Islam di Indonesia sepertti MUI (Majelis Ulama Indonesia). MUI adalah lembaga yang mewadahi para ulama yang ada di Indonesia, zu'ama, dan cendekiawan Islam di Indonesia. MUI mempunyai tugas membina, membimbing, dan mengayomi kaum muslimin di seluruh Indonesia. Pemerintah juga berkerja sama dengan MUI untuk bisa mengatur dan mengatasi permasalahan yang menyangkut umat Islam di Indonesia.

Peranan MUI dalam melaksanakan tugas antara lain:

  • Sebagai pengawal bagi penganut agama Islam.
  • Sebagai pemberi edukasi dan pembimbing bagi penganut agama Islam.
  • Penjaring kader-kader yang lebih baik.
  • Pemberi solusi bagi masalah keagamaan di dunia internasional.
  • Sebagai perumus konsep bagi pendidikan Islam.
  • Sebagai pengawal konten bagi media massa.
  • Sebagai organisasi yang menjalankan kerja sama dengan organisasi keagamaan.

Dengan adanya organisasi keagamaan seperti MUI maka toleransi antar umat beragama selalu terjaga dengan baik dengan selalu memberi dukungan tentang keagamaan terutama yang berkaitan dengan kaum muslimin yang ada di Indonesia. Dan juga MUI akan memberikan label halal pada makanan-makanan yang tidak merugikan umat Islam. Makanan yang haram dimakan bagi umat Islam peredarannya akan diawasi. Toleransi umat beragama di Indonesia sangat baik dibandingkan dengan negara lain. Karena di Indonesia selalu mengedepankan kesatuan dan persatuan antar umat beragama saling menghormati satu sama lain dan tidak membeda-bedakan ras, agama, dan suku semuanya tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang