Mengapa Indonesia mendukung Pakistan pada Isu Kasmir?

Dilihat 561 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Perebutan wilayah antar negara merupakan hal yang biasa terjadi. Seringkali akan menjadi konflik besar dan melibatkan beberapa negara. Peran negara- negara yang terlibat adalah sebagai pemberi bantuan. Karena itu, negara yang memiliki hubungan baik dengan negara-negara kuat akan sangat menguntungkan di saat seperti itu. Salah satu contoh kasus perebutan wilayah antar negara yang terjadi selama puluhan tahun adalah konflik Kashmir.


Dalam konflik tersebut, Indonesia memutuskan untuk mengambil sisi yang berbeda di dunia. Mengapa Indonesia nampak berpihak ke sisi Pakistan? Biasanya ini dikenal dengan istilah India Indonesia dan Relasi Pakistan Indonesia India. Diperlukan beberapa waktu untuk mengerti dan menjelaskan kejadian dan sebab-sebab ini.


konflik kashmir


Peran Indonesia dalam Konflik Kashmir


Berikut ini adalah sejarah keterlibatan Indonesia dalam konflik Kashmir antara India dengan Pakistan:

 
  • Revolusi Nasional Indonesia
    Sama seperti saat AS dikoloni oleh Inggris. Dulu Indonesia dan wilayah sekitarnya dikoloni oleh orang Belanda. Indonesia adalah negara yang mengalami konflik persenjataan yang menyebabkan perjuangan orang Indonesia terhadap koloni Belanda. Ini terjadi pada tahun 1945 saat Indonesia merdeka sampai 1949 sampai negara lain mengakui keberadaan Indonesia. Sebelum ini terjadi, Indonesia dikuasai oleh Jepang selama 3 tahun dari tahun 1942 sampai 1945. Maka itu Belanda mengundurkan diri dari Indonesia dan kembali pada tahun 1946 saat kekuatan militernya kembali.

  • Soekarno dan Moh. Hatta
    Ini merupakan jalan bagi kedua presiden dan wakil presiden Indonesia yaitu Soekarno dan Moh. Hatta. Mereka akhirnya membentuk negara Indonesia sebagai negara kesatuan. Namun karena pada tahun 1945 Belanda belum sampai di Indonesia, maka Indonesia masih di bawah pemerintahan koloni Inggris dan bergerak melalui pimpinan Earl Louis Mountbatten. Walaupun Indonesia kalah dalam perang yang terjadi pada awal tahun 1946 setelah pasukan Belanda datang kembali ke Indonesia. Indonesia akhirnya berhasil menaklukkan semua pulau di Wilayah Malay dan membangun Republik Indonesia, jadilah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang masih berlaku sampai saat ini.

  • Kecacatan Muhammad Ali Jinnah
    Indonesia memenangkan kekuatan politik Islam karena pemerintahan Islam di Indonesia yang datang dari Muh. Ali Jinnah adalah pemimpin yang tidak cakap membawa agama Islam dan mengubah negara kesatuan republik Indonesia menjadi negara Islam. Waktu itu Indonesia berusaha bersatu dengan Inggris dan akhirnya membangun pasukan kecil berjumlah 600 orang yang dikenal dengan pasukan British Indian. Dari 600 prajurit, 500 meninggal karena perang, dan 100 nya hilang atau di tangkap dalam perang. Ini adalah awal terbentuknya relasi orang Indonesia dan Muslim Pakistan.

Muhammad Ali Jinnah


  • Kemerdekaan India
    Pada tahun 1955, India di bawah pemerintahan Jawaharlal Nehru bersama dengan presiden Soekarno menandatatangani perjanjian non kubu terhadap seluruh negara. Dan dengan ini, kedudukan Indonesia di rana politik Dunia cukup kuat karena mendapat hubungan dan aliansi yang kuat dengan India.

  • Konflik Indonesia Malaysia
    Pada tahun 1963, Malaysia kepada Indonesia, melakukan serangan yang bertubi-tubi karena oposisi yang dilakukan oleh Indonesia dari tahun 1963 sampai 1966. Pada zaman ini, Soekarno masih menjabat dan memimpin negara Indonesia. India masih memberikan dukunganya kepada Indonesia untuk melawan Malaysia. Ini adalah latar belakang terbentuknya Malaysia. Namun, India lebih memilih untuk mengambil jalur netral dan melanjutkan pengamanannya terhadap peran yang dilakukan oleh militer Inggris. Sehingga Indonesia harus merelakan negaranya menjadi milik Malaysia dan mengalah.

  • Persaingan Indonesia dengan India semakin sengit
    Karena Indonesia yang semakin menjorok ke paham komunis dari China dan dengan tren populasi baru yang disebut Cina Indonesia Pakistan,  memberikan dampak buruk kepada komunitas orang India. Kemudian pemerintahan Soekarno yang meminta bantuan kepada orang Cina untuk menghempas radikalisme yang dilakukan oleh partai politik komunis yang ada pada waktu itu. Lalu kondisi ini diperparah saat Presiden Pakistan Ayub Khan datang ke Indonesia untuk menyebarkan Propaganda anti India. Sehingga Relasi Soekarno dengan Nehru mulai memudar .

  • Keterlibatan Perang India dan Pakistan
    India mulai diserang oleh Pakistan dengan gerakan oposisinya, ini telah menjadi masalah yang besar bagi pemerintahan India. Perang ini sebenarnya sudah berlangsung dari tahun 1962, namun hanya belakangan ini Cina mengaku sedang membantu Pakistan menyerang India dengan kesulitan menahan diri dengan melindungi batas negara. Diperparah lagi dengan rumor yang beredar yaitu Rusia akan menambah agresianya di daerah Asia Barat. Ini dilakukan akibat serangan yang melemahkan Pasukan China pada tahun 1962 yang dilakukan oleh Amerika. Ini adalah peran Cina dalam perang pada tahun 1965.

perang india dan pakistan


Sekarang kita harus melihat pergerakan dan peran Indonesia dalam di bawah kepemimpinan Soekarno.

  • Tawaran Indonesia
    Soekarno memutuskan akan membantu Pakistan untuk dan hanya untuk mengambil alih pulau Andaman dan Nicobar. Ini dilakukan untuk mengalihkan perhatian dari pasukan Kashmir. Kenyataannya, Indonesia melakukan ini agar dia dan pasukannya bisa berdiam di Pelabuhan bengal selagi perang pada tahun 1965. Indonesia merencakan untuk meluncurkan pasukan militer lautan paling besar yang ada di dalam sejarah bumi bagian selatan, lebih besar dibanding dengan gabungan pasukan Australia dan Brasil. Pasukan ini seperti angkatan laut kapal selam, Sverdlov, Kelas Riga, Kelas Skorry, dan Kelas Destroyer dan juga pesawat MiG. Pasukan ini lalu menjaga wilayah Pakistan Barat sampai pada tahun 1965. Pakistan berhasil mengubah Kashmir menjadi Kashmir Pakistan.

  • Jatuhnya Presiden Soekarno
    Saat Perang India Pakistan berakhir dari tahun 1965 sampai 1966. Terjadi pembunuhan massal di Indonesia yang dirumorkan dilakukan oleh orang cina yang tidak suka berakhirnya perang dengan Pakistan. Ini awalnya hanya dilakukan untuk menghabisi orang yang menentang komunisme di Indonesia. Lalu terjadi kudeta oleh militer Indonesia yang akhirnya menjadi kejatuhan Soekarno akibat ketidakstabilan politik di Indonesia. Maka di mulailah rezim Soeharto selama 30 tahun di Indonesia pada sampai pada tahun 1998.

  • Kebijakan Soeharto
    Walaupun Indonesia memiliki populasi Islam terbanyak di negaranya, sebanyak 90%  dan merupakan anggota OIC. Beberapa hubungan Indonesia dengan negara lain banyak yang berubah sejak Soeharto menjabat menjadi presiden di Indonesia. Berikut juga dengan pendepat blok barat yang memiliki paham liberal terhadap anti komunis Indonesia. Semua ini adalah kebijakan Soeharto yang mau membasmi semua partai yang berbau komunis di Indonesia. Karena ini juga, hubungan diplomatis Indonesia dengan Cina akhirnya diputuskan karena Indonesia dan Cina memiliki Ideologi yang sangat berbeda pada Oktober tahun 1967.

  • Dampak Anti Komunisme
    Karena kekuatan politik dari Cina akhirnya berkurang dan mati, Indonesia akhirnya bergerak untuk memperbaiki hubungan India yang rusak akibat perang Pakistan. Semua armada yang menjaga lautan barat pulau tersebut juga ditarik kembali. Akhirnya Indonesia dan India sepakat bahwa Cina adalah pengaruh yang berbahaya bagi kedua negara dan akhirnya Indonesia India memiliki hubungan yang baik kembali, terutama setelah Indonesia membantu India mengambil Kashmir kembali.
Hubungan Pakistan dan Cina

Jadi, dalam konflik Kashmir antara Pakistan dengan India, Indonesia awalnya memang berpihak pada Pakistan. Namun setelah pergantian Presiden, Indonesia berbalik membela India dan bermusuhan dengan Cina. Hubungan dengan ras Tionghoa dalam negeri pun juga buruk. Sebagian besar orang Indonesia mungkin tidak menyadari Indonesia pernah terlibat dengan konflik semacam ini dan lebih fokus memperhatikan masalah sosial dalam negeri. Begitulah yang dapat saya jelaskan mengenai pertanyaan anda. 

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang