Mengapa kesehatan dan keamanan itu penting dalam lingkungan fitness?

Dilihat 581 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1


Kesehatan tubuh manusia seperti sebuah alat jungkat-jungkit. Ada kalanya, satu sisi jungkat-jungkit menyentuh tanah - titik terendah, yang kita umpamakan sebagai kondisi sakit. Dengan usaha, keinginan dan kekuatan, alat tersebut dapat menjauh dari titik terendah dan bergerak di udara, bersenang-senang pada suasana baru yang kita umpamakan sebagai kondisi sehat. Dan saat berada di posisi atas, kita mendapatkan perspektif baru dalam melihat dimana posisi kita sekarang dan bagaimana kita telah berusaha untuk mencapainya. Kita telah mencapai puncaknya, yang kita sebut sebagai kondisi bugar. Kita tak dapat  selalu berada di puncak. Kemampuan kita untuk bertahan mungkin dipengaruhi oleh hal-hal diluar kendali kita.  Dengan gambaran seperti itu, maka kesehatan sebenarnya adalah sebuah satu rangkaian  antara kondisi sakit, sehat dan bugar.


Salah satu cara yang dapat dilakuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selain mengonsumsi suplemen dan vitamin yang terdapat pada asupan makanan harian adalah dengan berolahraga. Faktanya, manfaat olahraga bagi tubuh tidaklah hanya untuk menjaga agar kita tetap bugar dan sehat, tetapi juga bermanfaat untuk membentuk dan mengembangkan bagian-bagian tubuh tertentu agar terlihat lebih menarik ataupun berotot.


Saat ini  ini untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proposional serta berotot mungkin cara terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan latihan di pusat kebugaran atau fitness center. Namun, tidak semua fitness center  memiliki kualitas yang baik sebagai tempat berlatih. Diperlukan beberapa kiat dan tips untuk memilih tempat fitness yang baik agar latihan berjalan dengan optimal serta manfaat fitness sesuai dengan  yang diharapkan. Apa saja tipsnya? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak terus ya artikel berikut


Tips memilih tempat fitness



Memilih sebuah tempat kita berlatih fitness bukan perkara yang mudah. Ada berbagai faktor yang harus kita pertimbangkan untuk memilihnya.


  • Kebersihan tempat

Kebersihan tempat fitness juga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Apabila tempat fitness tidak terawat kebersihannya maka kesehatan dan keamanan  anda akan terganggu. Kebersihan area sekitar fitness center sangat erat hubungannya dengan kesehatan. Kita tahu bahwasannya fitness center merupakan tempat dimana banyak orang yang berkumpul untuk berolahraga. Hal ini akan merubah keadaan udara yang tadinya segar menjadi kurang oksigen atau pengap. Semakin banyak orang yang berolahraga di dalam gym tersebut, maka akan semakin banyak karbon dioksida yang dihasilkan. Karena itulah sirkulasi udara merupakan hal yang harus diperhatikan dalam sebuah  fitness center karena tubuh memerlukan suplai oksigen yang baik dan memadai pada saat melakukan aktivitas olahraga. Sirkulasi udara  yang memadai menjaga pernapasan anda tetap teratur dan baik selama berolah raga. Kualitas udara  yang buruk akan menyebabkan supply  oksigen terganggu sehingga manfaat fitness tidak memberikan hasil yang optimal.


  • Peralatan

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan aktivitas olahraga  di salah satu fitness center, hal yang pertama anda harus perhatikan yaitu peralatan fitness. Perhatikan kondisi dari alat-alat yang disediakan, apakah terawat dengan baik atau tidak. Kondisi peralatan yang kurang baik seperti berkarat atau kurang pelumasan dapat mempengaruhi kualitas  latihan fitness yang anda jalankan bahkan dapat mengacu ke kondisi yang lebih parah yang dapat membahayakan diri anda.


  • Instruktur

Beberapa tempat fitness biasanya menyediakan seorang instruktur yang berguna untuk memberikan bimbingan, mencakup program latihan, teknik melakukan fitness, porsi latihan yang bertujuan untuk  menghindari cedera saat berlatih serta mengoptimalkan latihan yang dilakukan. Kualitas instruktur  merupakan hal yang perlu anda perhatikan terutama untuk anda yang masih pemula. Anda harus memastikan bahwa instruktur  tersebut telah  berpengalaman atau bersertifikat. Hal tersebut bertujuan agar instruktur dapat membimbing anda dengan baik sehingga manfaat fitness dapat diraih seecara maksimal.


  • Lokasi

Lokasi juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Pilihlah tempat fitness yang memilliki jarak tidak terlalu jauh  dari rumah  atau tempat bekerja anda. Apabila jarak tempat fitness dekat dengan rumah, hal ini akan membuat anda  lebih bersemangat serta memiliki motivasii untuk melakukan aktivitas olahraga di tempat tersebut.  Cari tempat fitness yang nyamam serta memiliki lokasi yang mudah anda  akses. 


  • Sesuaikan dengan budget

Berbagai tempat fitness tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Harga dimulai dari harga yang murah sampai harga yang relatif tinggi. Harga tersebut merupakan penentu kualitas dari tempat fitness tersebut. Namun, tidak jarang tempat fitness yang memiliki harga yang relatif mahal tetapi kualitasnya tidak terjamin. Untuk itu pilihlah tempat fitness yang sesuai dengan budget anda, serta  memiliki kualitas yang baik.


Manfaat olahraga bagi tubuh


Olahraga adalah aktivitas yang diketahui semua orang dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik.  Nah, supaya lebih jelas mengapa olahraga itu sangat baik, berikut ini adalah manfaat olahraga bagi tubuh  dan mengapa kita harus melakukannya.


  • Meningkatkan Kualitas Tidur


Melakukan kegiatan olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda di malam hari.  Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kembali segar dan lebih siap melakukan aktifitas keesokan harinya. Namun yang perlu diingat adalah, jangan melakukan kegiatan olahraga pada malam hari, karena akan membuat diri anda menjadi terlalu lelah dan sulit tidur.


  • Membantu Meningkatkan Energi

Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat membantu proses pembakaran zat-zat makanan yang terserap tubuh menjadi energi.   Olahraga ringan di pagi hari dapat meningkatkan energy, sehingga and dapat  mengerjakan aktivitas sesudahnya dengan lebih baik. Walaupun kegiatan olah raga  hanya dilakukan 30 menit sehari, akan tetapi hal ini dapat memberikan efek yang menjadikan seseorang lebih energik sepanjang hari.  Rutin berolahraga dapat memberikan efek fisik yang sehat serta meningkatkan kebugaran. Setelah melakukan berbagai macam aktivitas, tentu tubuh akan terlihat lelah, letih, maupun lesu. Dengan berolahraga ringan akan dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Otot-otot yang semula tegang akan bisa kembali lebih relax.


  • Mencegah Penuaan Dini

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin dipercaya mampu untuk membantu proses regenerasi sel-sel dalam tubuh. Selain itu olahraga juga dapat mencegah timbulnya kerutan, keriput, serta dapat membuat kulit terasa lebih kencang. Ingin memiliki kulit halus, bersih dan sehat? Rutin berolahraga dapat menjadikan kulit anda halus dan sehat, ini dikarenakan pada saat setelah olahraga dapat meningkatkan peredaran darah di dalam tubuh, meningkatkan hantaran oksigen dan juga nutrisi yang di butuhkan oleh kulit, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit dan dapat membuang racun melalui pori-pori bersamaan dengan keluarnya keringat.


  • Membakar  Lemak dan Menurunkan Berat Badan


Berolahraga dapat membantu dalam  proses pembakaran lemak dan kalori yang menumpuk dalam tubuh. Bagi anda  yang memiliki berat badan yang berlebih sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini secara rutin untuk dapat membantu menurunkan berat badan.

Melakukan aktifitas ini secara teratur dan rutin dapat mencegah penumpukan lemak atau obesitas pada tubuh. Karena olahraga dapat membakar kalori pada lemak yang berlebih sehingga dapat mencega kelebihan berat badan.


  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut sebuah hasil studi, orang-orang yang rutin berolahraga memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Rutin berolahraga setidaknya dua hingga tiga kali seminggu terbukti dapat membuat tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit-penyakit seperti flu, batuk atau demam. Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit,  dengan berolahraga membantu untuk menurunkan resiko terjangkit beberapa jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoporosis, maupun berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya.


  • Mencegah Stres


Olahraga ternyata dapat memberikan  efek relaksasi.  Dengan melakukan olahraga dapat membantu dalam mengurangi stres dan menjadikan pribadi yang lebih bahagia. Olahraga merupakan serangkaian gerakan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan gerak tubuh, yang apabila dilakukan secara teratur dapat dapat membantu mengurangi ketegangan otot-otot tubuh, serta dapat membuat pikiran menjadi lebih fres. Seseorang yang aktif dalam segi fisik memiliki kecenderungan untuk lebih baik dalam menyesuaikan kondisi emosional serta mentalnya. Jika anda mengalami stress karena pekerjaan di kantor, masalah pribadi, ataupun  alasan lainnya, cobalah berolahraga untuk membantu menghilangkan perasaan stres tersebut


  • Memperkuat Tulang Serta Massa Otot

Tubuh manusia terdiri dari banyak sekali otot. Otot-otot inilah yang memberikan diri kita kekuatan untuk melakukan berbagai aktivitas baik dari yang ringan hingga yang terberat. Beberapa jenis olahraga seperti olahraga angkat beban dapat membantu untuk memperkuat tulang. Hal ini disebabkan oleh pada saat mengangkat beban, otot-otot tubuh akan terangsang untuk pembentukan sel-sel otot yang baru, sehingga dapat mencegah terjadinya kerapuhan pada tulang serta membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu, dengan berlatih mengangkat beban, otot-otot juga dapat berkembang.


  • Meningkatkan Daya Ingat


Olahraga, selain memberikan efek yang terlihat secara fisik juga memberikan efek yang positif  pada daya ingat anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa rutin berolahraga akan dapat meningkatkan daya ingat kita sehingga kerja otak akan lebih maksimal.  Dengan melakukan olahraga secara rutin ternyata mampu meningkatkan energy serta menambah serotonin pada otak. Serotonin yaitu suatu hormaon pada otak yang memiliki fungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mencakup pengaturan stabilitas emosi, pemahaman serta nafsu makan. Peningkatan kapasitas otak dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dalam melakukan tugas-tugas rutin  sehari-hari.  Tubuh yang bugar dan terlatih dengan baik akan terbebas dari risiko penurunan konsentrasi.


  • Memompa Jantung Lebih Baik

Olahraga dapat membantu atau melancarkan fungsi jantung dan system kardiovaskular bekerja lebih efektif. Selain itu juga, dapat mengurangi flak pada dinding pembuluh darah (yang dapat mempersempit aliran darah). Sehingga jantung dapat memompa darah lebih baik.


  • Membuat kita bahagia


Riset dari Universitas Bristol menemukan bahwa mood orang yang rutin berolahraga  jauh lebih bahagia daripada orang yang tidak berolahraga.  Aktivitas  olahraga  membantu menstimulasi zat-zat kimia pada otak yang pada yang pada akhirnya membuat anda merasa lebih bahagia dan santai.  Selama melakukan kegiatan berolahraga senyawa endorphin yang  terdapat dalam otak manusia akan dilepaskan ke dalam aliran darah. Hal inilah yang menjadikan seseorang merasa lebih energik dan menjadi lebih relax. Timbulnya perasaan bahagia dan santai dapat meningkatkan mood seseorang.


Tak dapat dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk  membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Telah kita ketahui bersama bahwa kegiatan olahraga sangat menyehatkan tubuh, akan tetapi, saat ini masih banyak orang  yang enggan untuk berolahraga dengan berbagai alasan seperti tidak memiliki  waktu,  lelah bekerja dan sebagainya. Cobalah untuk  meluangkan waktu anda selama 30 menit untuk berolahraga, hal tersebut sudah berkontribusi besar bagi kesehatan tubuh anda.  Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya, selamat beraktifitas :)

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang