Mengapa kita merasa pusing dan merasa akan pingsan setelah kita mengalami kondisi peningkatan frekuensi bernafas (nafas sangat dalam dan cepat) ?

Dilihat 1,49 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setelah melakukan latihan fisik yang berat atau kegiatan yang membuat tubuh anda menjadi sangat kelelahan, seringkali hal itu membuat nafas anda tersengal, merasa pusing atau bahkan merasa akan pingsan. Itu memang sering terjadi dan merupakan hal yang wajar. Terkadang ini bisa membahayakan atau hanya merupakan efek sementara yang akan hilang dengan sendirinya. Penyebab kepala pusing yang muncul tersebut merupakan efek dari hiperventilasi.



hiperventilasi



Apa itu hiperventilasi? Hiperventilasi merupakan kondisi ketika terjadinya peningkatan frekuensi bernafas. Hal ini memicu berubahnya kadar karbon dioksida dalam darah. Terjadi ketika metabolisme tubuh terlampau tinggi sehingga mendesak alveolus melakukan ventilasi secara berlebihan, yang menyebabkan keadaan dimana ekskresi karbon dioksida dari paru-paru berlebihan dibandingkan dengan pernafasan normal pada umumnya. Ini juga akan menyebabkan rasa pusing karena otak kekurangan oksigen. Hiperventilasi dapat disebabkan oleh faktor yang disengaja atau disebabkan oleh ketidak-sengajaan. 


Sebab dan Akibat Hiperventilasi


   sakit kepala

Ketika alveolus melakukan ventilasi secara berlebihan, karbon dioksida dihapus dari aliran darah pada tubuh. Ketika seseorang mengalami hiperventilasi, terjadi penurunan karbon dioksida yang disebut hipokapnia.  

Hipokapnia akan memicu penurunan pH darah. Ketika tubuh mengeluarkan karbon dioksida lebih dari yang dibutuhkan, kondisi ini akan mengarah pada alkalosis pernapasan. 

Ketika hiperventilasi menyebabkan alkalosis pernapasan, maka akan  menyebabkan sejumlah gejala fisik , yaitu :

  • Pusing
  • Kesemutan di dekat mulut, tangan atau kaki
  • Sakit kepala
  • Kelemahan
  • Pingsan
  • Kejang otot

Dalam kondisi yang lebih ekstrim dapat menyebabkan kejang spastik karpopedal (mati rasa, kesemutan, kram pada tangan dan kaki). Jadi ketika kita bernafas terlalu cepat, kita menghapus banyak karbon dioksida dari darah kita. Hal ini yang sebenarnya menyebabkan beberapa masalah. Termasuk rasa  pusing dan rasa ingin pingsan. Hiperventilasi bukanlah suatu kasus karena bernafas yang terlalu cepat, tetapi itu adalah suatu kasus pernafasan menjadi lebih cepat sebagai usaha tubuh untuk menurunkan jumlah karbon dioksida dalam darah. Dalam hal apapun, tubuh anda sedang berusaha untuk menjaga hal-hal pada sebuah tingkatan tertentu.


Kekurangan pasokan Oksigen adalah skenario lain pada saat  anda melakukan latihan/olah raga  yang sangat berat.

Jantung mulai berdebar cepat, nafas anda menjadi sesak, kemudian anda merasa akan pingsan dan berbaring di lantai. Sebenarnya apa yang terjadi?  Dalam kasus saya, saya berlari ke sekolah tetapi kemudian dikirim pulang kembali ke rumah setelah diperiksa oleh perawat sekolah. Sepertinya tidak ada yang salah dengan saya, kecuali saya ini  bodoh. Denyut jantung saya dan pernafasan saya meningkat karena membutuhkan banyak oksigen untuk otot-otot saya yang telah terbakar energi,  seolah-olah tidak ada hari esok. Masalahnya adalah mereka (jantung dan darah) tidak dapat mengikuti dan pada saat yang sama harus memberi. 

      kekurangan oksigen

Otak saya tidak mendapatkan supply oksigen yang dialirkan ke darah, sehingga saya merasa ingin pingsan.  Saya berbaring sebentar di lantai, dan bernapas menggunakan sedikit sekali oksigen. Ketika jumlah oksigen di dalam tubuh saya kembali normal, saya bangun dan seperti ada tenaga baru lagi. 


Jadi, penyebab kepala pusing dan rasa ingin pingsan tersebut adalah anda mengalami hiperventilasi. Hindari olahraga terlalu keras, apalagi jika anda memiliki catatan medis yang memicu hiperventilasi. Hubungi dokter apabila anda mengalami hiperventilasi yang berkepanjangan atau sering. Selalu sediakan kaleng oksigen setiap saat dalam P3K. Semoga anda menjadi lebih mengerti banyak tentang hiperventilasi.



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang