Kenapa manusia harus tidur?

Dilihat 2,77 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

manfaat tidur siang


Pernah mencoba bertahan semalaman tanpa tidur? Jika kamu bukan seorang pengidap insomnia atau orang-orang yang baru aktif bekerja pada malam hari, tentu berat sekali, kan? Jika tugas menumpuk dan kita diharuskan untuk tetap bangun hingga larut, kita akan menggunakan berbagai cara, mulai dari menenggak kopi nikmat berkafein tinggi hingga makan makanan yang pedas untuk menghilangkan kantuk.


Tentu saja, tubuh manusia normal sangat membutuhkan tidur. Jika kamu beraktifitas seharian tanpa tidur, pasti rasanya tidak bisa fokus, cepat lelah, dan kepala terasa sangat pusing.


Namun sebenarnya kenapa manusia butuh tidur?


Dunia kedokteran sangat menyarankan tidur malam yang cukup, namun sering kali kita belum paham alasan mengapa tubuh kita membutuhkannya. Tidur siang pun demikian, kegiatan ini sangat disarankan oleh dunia medis hingga agama Islam menyebutkan bahwa tidur siang sangat bermanfaat dan sunah atau berpahala apabila dilakukan.


Memangnya apa sih manfaat tidur siang bagi tubuh manusia?


Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul semakin banyak ini, mari kita uraikan satu persatu!



Alasan Manusia Membutuhkan Tidur


kenapa manusia butuh tidur



Ketika manusia tidur, otak akan membersihkan racun berbahaya yang ada di otak. Para peneliti mengatakan bahwa saat manusia tidur, aliran cairan serebrospinal di otak meningkat secara dramatis, mencuci sisa protein berbahaya yang terbentuk di antara sel-sel otak selama manusia terjaga. 


Mereka menemukan fakta ini melalui uji coba dengan menggunakan seekor tikus. Profesor bedah otak dari Universitas Rochester, Dr. Maiken Nedergaard menyatakan bahwa sistem ini hampir seperti mesin pencuci piring.


Selain itu, tidur juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan akademik seperti meningkatkan daya ingat, fokus, dan daya tangkap ketika belajar di kelas. Untuk membuktikan hal ini, sudah pernah dilakukan penelitian yang hasilnya menyatakan bahwa siswa yang tidur lebih lama dan memulai pelajaran pada pukul 10 mendapatkan nilai yang lebih baik daripada yang mulai pada pukul 8 pagi.


Namun apakah hanya itu yang menjadi alasan kenapa manusia butuh tidur?


Saya rasa tidak, karena tidur memberi banyak manfaat lainnya, terutama bagi kesehatan setiap makhluk hidup. Meskipun tidak semua orang tahu cara terbaik untuk tidur nyenyak, beberapa contoh manfaat tidur yang baik adalah berikut ini:


  • Tidak tidur atau tidur yang kurang dapat menyebabkan obesitas. Berat seseorang dapat bertambah dengan tidak normal karena pola tidur yang tidak beres. Durasi waktu tidur dapat juga mempengaruhi motivasi dalam beraktifitas sehari-hari dan tingkat kegiatan yang dapat kita lakukan.
  • Tidur yang cukup dapat meningkatkan produktifitas. Telah terbukti bahwa orang-orang yang mendapatkan tidur malam dengan porsi yang tepat memberikan hasil yang lebih baik dalam bekerja dan belajar. Dan bagi anak-anak, tidur dapat meningkatkan daya ingat
  • Kurang tidur dapat menyebabkan penyakit jantung. Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung, peningkatan kolesterol, tekanan darah, dan penyakit lainnya.
  • Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang terpapar Diabetes Tipe 2. Karena kurang tidur dapat meningkatkan tingkat gula darah, hal ini dapat berujung pada diabetes tipe 2.
  • Kurang tidur dapat menyebabkan depresi. Depresi sudah lama terkait dengan gangguan tidur. Kamu bisa melihat bahwa orang-orang yang menderita depresi selalu merasa kesulitan untuk tidur saat malam hari.

kenapa manusia butuh tidur


Beberapa hal di atas adalah contoh mengapa tidur adalah hal yang penting dan mengapa manusia membutuhkannya. Namun kenapa manusia tidur?


Kebanyakan peneliti hanya bisa menjelaskan manfaat yang akan didapatkan seseorang jika tidur, namun jika ditanya kenapa kegiatan yang harus kita lakukan untuk mendapatkan segala manfaat itu adalah tidur, masih belum ada yang mampu menjelaskan dengan pasti.


Tubuh kita mengatur kapan kita butuh tidur sama seperti tubuh mengatur kapan kita makan, minum, dan bernafas. Bagi peneliti, pertanyaan 'kenapa' ini adalah persoalan yang sangat sulit dijawab, namun mereka memberikan beberapa teori.


Beberapa teori tersebut adalah:


  • Teori Inaktivitas

Ini adalah satu dari beberapa teori paling awal mengenai tidur, kadang-kadang disebut juga sebagai teori adaptif atau teori evolusi. Teori ini menyampaikan bahwa ketidakaktifan pada saat malam hari adalah sebuah bentuk adaptasi dari fungsi bertahan hidup, dengan menjaga organisme dari bahaya pada waktu yang sangat rentan, yaitu malam hari.


Namun teori ini dapat dibantah dengan mudah, karena tentu lebih aman menghindari keadaan berbahaya jika kita dalam keadaan terjaga, bukan?


  • Teori Penyimpanan Energi

Meskipun tidak akan terlihat jelas pada orang-orang yang tinggal di tempat dengan makanan yang cukup, namun salah satu dari faktor terkuat dalam seleksi alam adalah berkompetisi dan penggunaan sumber energi dengan efektif.


Teori ini menyebutkan bahwa fungsi utama dari tidur adalah mengurangi penggunaan energi pada siang atau malam hari, terutama pada waktu yang tidak efisien untuk mencari makanan.


  • Teori Penyembuhan/Pengembalian

Penjelasan selanjutnya mengenai kenapa manusia tidur kali ini didasarkan pada kepercayaan kuno yang beranggapan bahwa tidur adalah sebuah cara untuk 'mengembalikan' segala yang hilang dari tubuh selama kita terjaga. Tidur memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan semuanya.


Di tahun mendatang, pendapat ini kemudian mendapatkan dukungan dari bukti-bukti empiris yang dikumpulkan dari penelitian terhadap manusia dan hewan.


Manfaat Tidur Siang


manfaat tidur siang


Setelah membahas mengenai alasan manusia tidur secara umum, sekarang saatnya kita membahas mengenai manfaat tidur siang.


Apapun yang berkaitan dengan tidur, pasti manfaatnya berkaitan dengan kesehatan, begitu pula dengan manfaat tidur siang. Tidur siang sangat istimewa, karena dalam Islam juga disebut sebagai sebuah kegiatan yang berpahala bila dilakukan.


Begini penjelasannya:


Bagi banyak orang, biasanya rasa kantuk menyerang pada saat siang hari. Namun kita memaksa tubuh kita untuk mengabaikannya demi mencapai target di tempat kerja. Namun mengantuk adalah sinyal dari tubuh, dan artinya tubuh butuh tidur.


Menurut Michael Twerry, pengarah National Heart Lung and Blood Institute’s National Center dalam Penelitian Gangguan Tidur menyatakan bahwa tidur siang membantu tubuh mengatasi stres dari kehidupan sehari-hari. Michael juga menyatakan bahwa tidur siang adalah bagian ritme biologis yang normal dari kehidupan sehari-hari. 


Jam biologis yang mengatur tidur dan bangun memiliki dua siklus dalam sehari, dan satu di antaranya biasanya berhenti pada siang hari. Bagi sebagian orang, melewati tidur siang dapat merusak keseluruhan siklus tidur dalam satu hari.


Ada sebuah penelitian yang pernah dilakukan untuk mengetahui manfaat tidur siang. Penelitian ini dilakukan terhadap 23.000 orang yang selalu tidur siang setiap hari. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemungkinan serangan jantung terhadap 23.000 orang ini turun sebanyak 30%.


Selain itu, tidur siang juga meningkatkan kesehatan, mengurangi stres, dan memberikan waktu tidur malam hari yang lebih baik.

Dalam buku "Take a Nap! Change Your Life" karya Dr. Sara Mednick, disebutkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan mengembalikan persepsi sensor tubuh.


Jangan sampai tidak tidur, karena ada tidak tidur memberikan efek yang buruk bagi tubuh, bahkan bisa berujung pada kematian.


-


Nah, bagaimana penjelasan di atas?


Uraian di atas adalah pendapat dan masih bisa diubah apabila ada data yang lebih akurat, namun semoga keingintahuanmu bisa terjawab!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang