Mengapa luka terbuka saya tidak berdarah ?

Dilihat 311 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pertama - tama, sebaiknya kamu menemui dokter untuk menjahit lukamu jika karena jika lukamu masih terbuka, kamu akan bisa melihat tulang di bawahnya. Tulangmu seharusnya tidak terpapar dengan lingkungan luar, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi dalam yang dapat menyebabkan masalah nekrotik (bongkahan daging mati).


Untuk menjawab pertanyaanmu, ada beberapa alasan kenapa lukamu tidak berdarah. 

  • Lukamu  berada pada tempat yang memiliki lebih sedikit pembuluh darah. Mungkin lukamu tidak terlalu terbuka sehingga tidak berdarah dan trauma -yang biasanya menyebabkan hormon stress (histamine) dilepaskan dan meningkatkan pendarahan - pada area di sekitarnya juga lebih rendah.
  • Sirkulasi di tanganmu sangat buruk. Ini bisa menjadi penyebabkan kalau kamu memiliki diabetes, sudah cukup berumur, berada pada tempat yang sangat dingin, kurang minum air, atau kamu memang cenderung memiliki sirkulasi darah yang buruk. 
  • Tanpa sengaja kamu tidak mengenai pembuluh darah utama. Pembuluh kapiler kecil adalah yang paling rendah menutup pendarahan ketika udaran dingin (atau karena alasan lainya) dan karena itu pendarahan mungkin tidak terlihat pada beberapa menit pertama setelah kamu terluka. Tapi kamu tetap akan berdarah dan permukaan dari lukamu akan terlihat berwarna merah cerah. Jika sama sekali tidak ada pendarahan, permukaan lukamu tidak akan berwarna merah cerah, tapi berwarna pink (sama seperti warna babi mentah).

Tidak adanya pendarahan hanya membuat kamu lebih membutuhkan jahitan karena kamu tentunya tidak ingin dua permukaan luka menimbulkan bekas luka yang terpisah. Kalau lukamu sembuh masing - masing dan membuat tulangmu terekspos terhadap udara dari luar, maka hal tersebut akan meningkatkan resiko timbulnya masalah jangka panjang lainnya.


Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang