Kenapa mesin mobil balap F1 menggunakan metode Naturally Aspirated?

Dilihat 1,42 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak semua mobil balapan menggunakan mesin bermetode Naturally Aspirated. Sebagian besar peserta lomba balap mobil melakukannya hanya karena disyaratkan oleh peraturan. 


Bagaimanapun, semua seri IndyCar saat ini telah memasang turbocharger. Turbocharger kembali populer belakangan ini lantaran para pemanufaktur mobil balap menyukai pertambahan milage bahan bakar yang bisa dihasilkan di jalanan. Sehingga semakin banyak seri balap yang beralih ke turbocharging. 


Selain itu, dalam hal desain, ada sejumlah faktor Mengapa desainer mobil balap lebih memilih sistem transmisi rear wheel drive ketimbang sistem front wheel drive, yang semua itu ditujukan untuk mendongkrak performa laju dari sebuah mobil balap.


Formula 1 pada 2017 akan kembali menggunakan daya turbo demikian pula Mobil World Touring baru saja beralih ke Turbocharger di tahun ini pula setelah mendapat tekanan dari produsen mobil di seantero dunia. Pemakaian daya turbo sangat berpengaruh pada performa mesin mobil F1


Silakan baca Formula Satu untuk mengetahui sejarah, perkembangan mesin, dan segala hal tentang seri balap mobil paling bergengsi di dunia ini.


mobil balap F1


Fakta-fakta Seputar Mobil Balap F1


Sebagai mobil balapan paling terkenal di seluruh dunia, mobil F1 dilengkapi dengan teknologi permesinan tercanggih saat ini. Ada beberapa hal yang menarik untuk disimak terkait dengan mobil balap F1.


  1. Mobil F1 bisa digeber dari 0 sampai 160 km/jam dan hanya butuh waktu 4 detik untuk kembali ke posisi 0. Sungguh performa yang luar biasa, dan ini pun menjadi pertanyaan banyak orang tentang Bagaimana rasanya mengendarai mobil balap yang memiliki akselerasi begitu luar biasa.
  2. Mesin F1 hanya sanggup bertahan paling lama 2 jam, jika lewat itu mesin akan meledak. Sementara mobil yang berlaku di pasaran bisa bertahan sampai 20 tahun. Itulah mengapa mobil balap F1 sangat mahal.
  3. Mesin mobil balap ini berputar sampai 1800 rpm, artinya piston naik turun sebanyak 300 kali dalam satu detik. Coba anda berkedip sebanyak 300 kali dalam satu detik, sanggup tidak?
  4. Ada lebih dari 80.000 komponen yang menyusun mobil F1 dan harus memiliki akurasi 99,9%.
  5. Desain sistem aerodinamika dan downforce harus presisi pada mobil F1 agar tidak kehilangan kontrol dan wheel spin (roda berputar namun mobil tetap di posisi) pada kecepatan 160 km/jam. Padahal, mobil F1 kecepatannya sedapat mungkin dipacu sampai 300 km/jam. mobil balap keren
  6. Saat dipacu lebih dari 160 km/jam, mobil F1 masih tetap bisa memberi daya tekan ke bawah berkat daya downforce yang diberikan oleh sayap depan dan belakang. Untuk sirkuit di Monaco, lubang got harus dilas sebelum pertandingan karena gaya downforce mobil ini sanggup mengangkat tutup got. Luar biasa bukan?
  7. Ban mobil F1 hanya bertahan hanya untuk 90-120 km. Bandingkan dengan ban mobil normal yang masih bisa dipakai hingga 60 ribu sampai 10 ribu km. Selama balapan berat ban mobil balap susut sekitar 0,5 kg akibat aus. Udara yang dipakai untuk ban adalah Nitrogen karena memberi tekanan konstan. Ada sejumlah alasan Mengapa Mobil Balap Punya Roda Yang Lebar, salah satunya adalah untuk menjaga stabilitas laju mobil saat kecepatan tinggi.
  8. Saat direm, mobil balapan mengalami perlambatan seperti ketika mobil biasa ditabrakkan ke tembok pada kecepatan 300 km/jam. Wow. Cakram rem mobil balap F1 temperatur operasinya sampai 1000 derajat celsius hingga sebelum mobil berbelok. Cakram ini terbuat dari serat karbon yang ketahanannya terhadap aus lebih bagus daripada cakram baja.
  9. Mobil F1 dilengkapi sistem kabel hingga 1 km yang menghubungkan 100 sensor dan aktuator untuk memantau dan mengendalikan bagian-bagian mobil.
  10. Untuk mengisi bahan bakar mobil balap F1 kapasitasnya adalah 12 liter bahan bakar per detik. Jadi hanya perlu waktu 4 detik untuk mengisi tangki mobil biasa dengan ukuran 50 liter. Sistem pengisian bahan bakar ini serupa dengan yang dipakai untuk mengisi bahan bakar helikopter militer AS. mesin mobil balap
  11. Kru F1 hanya butuh waktu 5 detik untuk mengisi bahan bakar dan mengganti ban.
  12. Para pembalap F1 rata-rata berat badannya turun sampai 4 kg setiap kali habis balapan. Dan ini pula yang membuat sebagian orang mengira pembalap mobil adalah atlet profesional sebagaimana atlet olahraga pada umumnya.


Penggunaan daya turbo akan berpengaruh besar terhadap performa mesin mobil F1


Dikatakan pengemudi mobil balap dirugikan oleh peraturan ini tak terkecuali para pembalap yang terbiasa menggunakan mesin mobil F1. Motor-motor N/A cenderung punya pengiriman daya yang lebih baik, bukan hanya lag (turbo lag sudah semakin membaik). 


Motor-motor turbo bisa sedikit diubah dan jika Anda mencoba memberikan daya yang sangat presisi maka hal tersebut bisa sangat sulit.


mesin mobil F1


Turbo juga semakin dipengaruhi oleh panas. Pada hari-hari yang lebih terik, mobil-mobil balap bertenaga turbo semakin dirugikan, apalagi mesin mobil F1. Pendinginan juga menjadi persoalan. 


Selama even-even para teknisi harus sering membuka draft agar udara masuk ke intercooler. Meski turbo menjadi penambah daya yang hebat, ada beberapa kelemahannya juga. 


Cuma mengulangi saja, jika ada pertanyaan tentang balapan, seperti mengapa tim mengabaikan rute mudah, jawabannya ya karena peraturan yang tidak memperbolehkannya. Anda juga dapat membaca secara rinci tentang mesin turbo di sini Desain Mesin Turbo Terbaru 2016.


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang