Kenapa lagu-lagu pop sangat enak didengar?

Dilihat 11,6 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Musik adalah salah satu media hiburan berupa alunan nada yang tersusun menjadi sebuah kesatuan musik yang enak didengar. Beberapa jenis musik yang terkenal di dunia seperti musik hip hop, reage, jazz, indie, R&B, musik pop dan masih banyak lagi. Setiap jenis musik tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam hal elemen-elemen musik yang menyusunnya. Salah satu jenis musik yang masih digemari dan populer sampai saat ini adalah musik pop. 


Siapa yang tidak menyukai musik pop? Musik ini menjadi jenis musik terpopuler yang begitu sering didengar hingga sekarang dan memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak sampai orang tua. Sejarah musik pop berawal sejak Perang Dunia I dan mulai digemari tahun 1920 oleh penduduk Amerika Serikat. Jenis musik ini berasal dari kata 'popular' dalam Bahasa Inggris yang berarti populer, maka tidak salah jika musik ini begitu populer bahkan lebih populer dari jenis musik yang muncul sebelumnya.


Apa sebabnya?


Musik pop begitu digemari dan bahkan lebih banyak musisi yang fokus berkarya pada jenis musik ini mengingat banyak sekali masyarakat yang menyukainya. Salah satu penyebab musik pop membuat ketagihan para penggemarnya adalah karena musik pop mengambil bagian terbaik dari musik dan memadatkannya kedalam sebuah lagu. Sebenarnya ada penyebab yang bisa dibuktikan bedasarkan penelitian tentang keberhasilan musik pop di dunia, yaitu elemen-elemen musik yang terkandung dalam musik pop. 



Elemen-Elemen Musik Dalam Musik Pop


1. Progresi Chord


Progresi Chord atau kunci miring adalah rangkaian chord yang membuat suara menjadi harmoni. Dalam konteks ini, menjurus kepada basis dari lagu yang kontras dengan melodi yang dapat didengar sampai ke permukaan.Siapapun yang sudah pernah memainkan gitar atau bernyanyi pasti pernah mengetahui beberapa progresi chord yang sangat sering ditemukan pada banyak lagu pop.

Itu bisa di ibaratkan, semua nada mengikuti nada sebelumnya secara harmoni sehingga mudah untuk digunakan sebagai riff. 

Pengertian dari riff sendiri adalah frase gitar yang pendek dan berulang-ulang. Kebanyakan musik pop menggunakan kunci mayor karena secara umum lebih bersemangat dan membawa suasana senang sehingga menghasilkan lagu yang enak didengar. Musik pop juga sering sekali menggunakan chord ini karena mereka sangat akrab dan mudah untuk didengar. Ditemukan juga bahwa transisi dan pergantian kunci jarang terjadi dalam musik pop.


Musik Pop dengan gitar


2. Tempo


Tempo adalah ukuran kecepatan birama sebuah lagu yang menentukan energi dari sebuah musik. Shaun Ellis & Tom Engelhardt meneliti tempo dari musik pop selama 50 tahun dan mereka menemukan beberapa fakta dalam musik pop, misalnya:

Dalam musik pop tidak banyak terjadi perubahan. Rata-rata lagu pop berkisar pada tempo 120 BPM dari tahun 1960an. 

Kenapa berkisar pada tempo 120 BPM? Seperti yang sudah dijelaskan, tempo secara esensial menentukan kecepatan dan kedekatan lagu untuk bisa dijadikan teman menari dan menjadi komposisi lagu yang enak didengar. 

Detak jantung manusia yang sehat memiliki tempo 60-100 BPM pada saat aktif namun tidak melakukan kegiatan yang berat. Detak jantung bisa naik sampai 120 BPM saat detak jantung merasa nyaman namun enerjik saat menari. Lagu juga lebih sering memiliki ketukan rangkap daripada tiga ketukan atau "waltz". Satu-satunya musik pop yang diingat yang memiliki ketukan "waltz" adalah lagu dari Norah Jones "Come away with me".


                               


3. Struktur Lagu


Struktur lagu atau komponen-komponen musik adalah elemen yang membuat sebuah lagu memiliki sebuah cerita dan berpola. Brandon Davids menjelaskan struktur lagu dalam musik pop dan untuk setiap fase terdapat beberapa hal yang sama. Kebanyakan lagu memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Intro

  2. Verse 1

  3. Chorus

  4. Verse 2

  5. Chorus

  6. Bridge/Solo Instrumental

  7. Chorus

  8. Chorus (reff)/Outro

Struktur lagu ini dalam bentuk ABABCB lebih umum daripada bentuk rondo yang secara konstan mengulang chorus dalam bentuk ABABAB. Hampir semua lagu pop tidak akan menaruh chorus lagunya sebelum panjang lagunya menyentuh satu menit. Hal ini berbeda dengan banyak musik klasik yang menaruh tema utamanya di awal lagu. 

Untuk pendengar yang kurang fokus, menaruh chorus di tengah lagu dapat lebih menarik perhatian. Bridge menjadi cara efektif untuk membangun momen pada chorus penutupnya.


Melodi dan Harmoni


4. Melodi dan Harmoni


Musik pop juga berfokus pada melodi utama dan menyediakan sedikit counterpoint. Counterpoint adalah dua atau lebih alur rangkaian melodi yang beriringan. Harmoni dan counterpoint membuat sebuah lagu menjadi kaya dan indah. Namun, hal itu berlainan dengan kebanyakan musik pop dimana itu menjadi tidak mudah didengarkan. Fokus kepada melodi utama dan hooks-nya dalam sebuah lagu membuatnya lebih menarik. 


Pikirkan saat anda sedang menyanyi sebuah lagu pop saat karaoke, biasanya hanya ada satu suara yang diperhatikan. Berbeda dengan saat menyanyikan sebuah musik yang memiliki beberapa suara dan suara itu bergerak sendiri-sendiri. Secara musik, counterpoint membuat suara yang kaya dan menambah tingkat kesulitannya. 

Namun, itu tidaklah umum dalam musik pop karena dapat membuat sebuah versi yang sedikit kurang menarik dari satu musik dan mengurangi fokus pada vokal utama.


Salah satu lagu pop


5. Hooks dan Riff


Hooks atau Ostinato sangat sering dipakai dalam musik pop. Hooks adalah bagian dari lagu yang mudah diingat oleh pendengar. Sedangkan riff adalah pengulangan yang merupakan motif yang diulang-ulang dan menjadi maksud dari lagu. Riff adalah elemen yang menjual dari lagu tersebut. Dalam musik pop banyak sekali hooks yang diulang untuk membentuk riff sehingga menciptakan musik pop yang enak di dengar. 

Faktanya memang musik pop kebanyakan dapat dijadikan musik pengiring tarian. Berupa sebuah frasa yang terngiang di dalam kepala terus-menerus, pasti anda sering merasakannya di setiap musik pop, bukan?

Beberapa contoh hooks:

  • Call me maybe
  • Ooh we are the champions

Elemen-elemen musik sebelumnya, yakni progresi chord, struktur lagu, dan harmoni tunggal menjadikan riff ini menjadi lebih kuat dibandingkan musik klasik. Nada yang dikombinasikan dengan lirik lagu akan terngiang dalam pikiran dan itu menjadikannya sangat menarik. Itulah mengapa musik pop menjadi musik terpopuler dari jenis musik lainnya hingga saat ini.

Itulah beberapa elemen dalam musik pop yang menjadikan musik pop sukses disukai oleh banyak orang. 

Dari segi elemennya memang bisa dibuktikan bahwa musik pop dibuat dengan sederhana namun terdapat serangkaian trik yang membuatnya mudah diingat. Kelebihan elemen musik yang terdapat dalam musik pop memang bisa menjadikannya sebagai musik terpopuler sepanjang masa. 

Jadi jangan heran lagi bila musik pop mudah sekali terngiang dalam pikiran anda, karena untuk tujuan itulah musik pop diciptakan.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang