Mengapa orang buta mengenakan kacamata?

Dilihat 2,58 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Mata adalah anugrah Sang Maha Pencipta, sehingga kita dapat melihat kebesaran ciptaan-Nya. Karena disamping jendela hati, mata adalah organ vital kita untuk belajar dan beraktivitas. tanpa mata kita tidak akan melihat dunia dengan segala aneka warna indahnya. Sehingga mata memiliki manfaat yang besar di kehidupan kita.


Mata sebagai indera penglihatan harus berfungsi dengan baik. karena mata sangat berguna untuk kegiatan kita sehari-hari. Sama seperti organ tubuh kita yang lain, mata juga memiliki banyak penyakit atau kelainan yang dapat mempengaruhi aktifitas dan kebiasaan kita pada lingkungan sekitar. Kelainan pada mata bisa terjadi pada siapa saja, termasuk kita sendiri.



Kelainan-kelainan Pada Mata


Ada bermacam-macam kelainan pada mata. kita mengenal beberapa seperti rabun dekat, rabun jauh, buta warna, rabun tua, mata silindris, bahkan kebutaan. Berikut sekilas paparan macam- macam gangguan pada mata:


1.  Rabun Dekat (hypermetropia)


                              


Rabun dekat adalah kelainan pada mata yang menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda yang terlalu dekat dikarenakan lensa mata terlalu pipih. Bayangan benda yang dilihat terbentuk di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat benda-benda yang dekat dan benda jauh justru akan terlihat jelas.

Rabun dekat biasa menyerang usia lanjut atau orang yang berusia 40 tahun ke atas.Untuk mengatasi rabun dekat biasanya dengan memakai kaca mata lensa cembung (kacamata plus). Dengan kacamata plus, sinar yang jatuh di belakang retina akan diposisikan kembali pada retina.


2.  Rabun Jauh (myopia)

Kebalikan dari rabun dekat adalah rabun jauh. Orang sering menyebutnya juga dengan lamur. Rabun jauh adalah ketidakmampuan mata untuk melihat dalam jarak yang jauh. Karena bayangan yang dihasilkan akan jatuh didepan retina.

Rabun jauh biasa menyerang remaja dan anak-anak. Hal ini bisa disebabkan faktor keturunan orang tua yang juga penderita miopia, kurang asupan makanan bergizi terutama makanan yang mengandung vitamin A, memiliki kebiasaan buruk melihat benda dengan jarak yang sangat dekat misalnya melihat televisi terlalu dekat, membaca terlalu dekat dan kurang cahaya dan masih banyak penyebab lainnya. Rabun jauh biasanya diatasi dengan memakai kaca mata lensa cekung (kacamata minus). Kacamata minus akan membantu menempatkan bayangan tepat pada retina.


3.  Rabun Tua (presbiopi)

Presbiopi disebut juga rabun tua yaitu menurunnya kemampuan mata dalam beradaptasi karena faktor usia..Penyakit ini disebabkan mata kehilangan kelenturannya sehingga terjadi pengerasan dari lensa alami.

Penderita presbiopi tidak dapat melihat dengan jelas benda jarak dekat maupun jauh. Untuk mengatasi presbiopia biasanya dengan memakai kacamata berlensa rangkap, yaitu bagian atas berlensa cekung (negatif) dan bagian bawah berlensa cembung (positif).


4.  Kebutaan

Kebutaan adalah kelainan pada mata yang tidak bisa diobati menggunakan kaca mata atau lensa kontak akibat dari kurangnya persepsi visual karena faktor fisik dan syaraf disebut kebutaan. Kebutaan bisa terjadi dari lahir atau bawaan serta dapat terjadi karena kecelakaan atau gangguan syaraf.


5.  Buta Warna

Kelainan mata yang terakhir adalah buta warna. Seperti namanya tentu saja kita tahu kelaianan mata tersebut yaitu kelaianan yang tidak dapat membedakan warna tertentu. Penyakit atau kelainan mata ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan yang artinya sangat sulit untuk disembuhkan.


Buta warna dapat dibedakan menjadi buta warna total dan buta warna parsial. Pada penderita buta warna total, mereka tidak dapat melihat warna, sehingga dunia hanya berwarna hitam dan putih (monokromasi)


Pada mata orang normal memiliki reseptor warna yang lengkap. Reseptor warna yang juga disebut sebagai sel kerucut atau cone cells ini mampu menangkap tiga pigmen yaitu Merah, Hijau serta biru sehingga mereka bisa melihat cerahnya warna-warna karena terdapat itu pada matanya. Dan pada penderita buta warna parsial, reseptor mata mereka tidak dapat melihat beberapa warna tertentu, misalnya merah, biru, dan hijau.


Dari beberapa paparan kelainan mata di atas, kebutaan merpakan gangguan yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Kehilangan penglihatan atau kebutaan yang terjadi merupakan gejala dari kondisi medis yang serius. Pada mata normal, cahaya yang masuk ke mata melalui kornea dan lensa akan difokuskan oleh iris sehingga membentuk gambar. Cahaya tersebut lalu diproyeksikan ke dinding belakang mata, di mana hal itu dirasakan oleh jutaan ujung saraf kecil yang membentuk retina. Dari sini, retina menerjemahkan gambar menjadi rangsangan saraf yang diteruskan ke otak melalui saraf optik. Ketika salah satu dari bagian mata ini rusak, baik karena sakit atau cedera, kebutaan dapat terjadi.


Hasil penyelidikan membuktikan bahwa ternyata ada empat sebab utama kebutaan yang terjadi, yaitu:

1. Katarak, lensa mata keruh menghalangi penglihatan.

2. Xerophthalmia, mata rusak karena kurang vitamin A

3. Trachoma, infeksi karena virus

4. Glaukoma, tekanan tinggi pada bola mata

5. Penyakit berbahaya yang berujung pada kebutaan seperti diabetes



Mengapa Orang Buta Mengenakan Kaca Mata?


                            


Kebutaan tidak selalu menyebabkan kegelapan total. Ada juga kebutaan yang memengaruhi satu atau kedua mata. Banyak orang yang dianggap buta masih bisa melihat beberapa cahaya atau bayangan, tapi tidak dapat melihat segala sesuatu dengan jelas. Dan sering kita jumpai di masyarakat orang yang mengalami kebutaan atau tunanetra selalu menggunakan kacamata. Mengapa mereka menggunakan kacamata ya? Ternyata ada alasan tersendiri. 

Berikut ulasannya:


1.  Melindungi mata dari Sinar Matahari

Tidak semua orang buta tidak bisa melihat sama sekali, 75% dari orang buta itu diklasifikasikan sebagai kebutaan secara resmi dan hukum. 25% di antaranya hanya memiliki gangguan pengliatan yang sangat buruk seperti miopi dan buram. Ada beberapa orang buta ini menggunakan kaca mata hitam untuk mengurangi banyaknya cahayayang masuk ke retina. Kontak yang terlalu lama dengan sinar UV dapat menyebabkan inflamasi pada kornea mata, menyebabkan katarak, atau bahkan menyebabkan kanker. Orang buta juga butuh alat untuk melindungi mata mereka dari komponen yang membahayakan dari sinar matahari. Karena orang buta tidak mengetahui dengan baik apakah mata mereka tengah berhadapan dengan sinar UV yang berbahaya, jadi penggunaan pelindung mata penting untuk mereka.



2.  Melindungi Mata dari Bahaya Fisik

Orang yang mengalami kebutaan tidak dapat melihat jelas bahkan tidak dapat melihat sama sekali apa yang ada di depan mereka. Dengan mereka menggunakan kacamata, mereka bisa terlindung dari berbagai gangguan seperti kerikil dan debu yang dpat dengan mudah mengiritasi mata yang sensitif



3.  Alasan Estetis

Fungsi kacamata lainnya membuat tunanetra lebih nyaman ketika mengobrol dengan orang lain. Hal ini disebabkan mereka lebih percaya diri dibanding membiarkan mata mereka dilihat oleh orang lain.

Itulah alasan mengapa tunanetra memakai kacamata. 


Pada dasarnya setiap manusia menginginkan anugrah Tuhan seperti mata tidak mengalami kelainan apalagi kebutaan. Kalau orang tunanetra saja juga masih melindungi mata mereka, Untuk itu, kita yang memiliki mata normal juga sudah seharusnya menjaga mata dengan baik agar terhindar dari hal- hal yang tidak kita inginkan. Semoga bermanfaat!



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang