Mengapa orang-orang Jepang dan Korea sehat-sehat?

Dilihat 543 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1



Di zaman yang serba modern ini banyak sekali orang yang sering mengabaikan kesehatan tubuhnya. Banyak orang yang bahkan memforsir tubuhnya sampai bekerja di luar batas kemampuan tubuhnya, tentunya ini sangat berbahaya. Padahal kita tahu bahwa jika kondisi kekebalan tubuh kita tidak bagus, penyakit dan virus bisa dengan mudah hinggap di tubuh kita.


Munculnya berbagai gaya hidup modern yang sering kali menjadi trend budaya di setiap negara saat ini, membuat banyak orang yang lebih mementingkan gengsi dari pada menjaga kesehatannya. Sebenarnya untuk menjadi sehat dan bugar itu mudah. Anda hanya perlu melakukan pola hidup sehat misalnya memulai membiasakan diri dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan juga menjaga pola tidur anda. Pengertian pola hidup sehat sendiri adalah bagaimana seseorang menjalani pola kehidupan yang lebih baik untuk kesehatan tubuhnya dalam kata lain menjalani pola hidup yang lebih sehat.


Lalu apa yang bisa anda mulai untuk melakukan pola hidup sehat? Salah satunya adalah dengan menjalani kebiasaan sehat yang sudah kita tahu namun sangat sulit untuk dilakukan. Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara melakukan pola hidup sehat dan juga cara diet sehat dan cepat yang bisa bermanfaat untuk anda.  



Pengertian Pola Hidup Sehat


Kita dapat dengan mudah mendengar kata pola hidup sehat yang sering dikaitkan dengan aktivitas olahraga dan diet ketat. Padahal pola hidup sehat bukan hanya melulu dikaitkan dengan hal-hal tersebut. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) pengertian pola hidup sehat adalah suatu keadaan ketika fisik, mental, dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil, jadi bukan hanya terhindar dari berbagai penyakit saja. Pola hidup sehat melibatkan beberapa aspek dalam kehidupan manusia seperti mental yang berkaitan dengan psikologi seseorang, dan fisik yang berhubungan dengan jasmani manusia. Kedua faktor tersebut memang sangat penting untuk memberikan keseimbangan hidup yang tenteram pada manusia itu sendiri. Lalu bagaimana dengan kesejahteraan? Kesejahteraan merupakan bonus yang akan didapat jika seseorang sudah terpenuhi kestabilan mental dan fisiknya.


Dari pengertian pola hidup sehat tersebut juga dapat disimpulkan bahwa pola hidup sehat sangatlah penting sekali untuk diperhatikan, setidaknya oleh setiap individu manusia. Seperti yang kita tahu bahwa manusia hidup tidaklah selalu sehat selamanya, seiring dengan bertambahnya umur, kondisi lingkungan yang buruk, gaya hidup yang tidak sehat, tentunya tubuh kita pada akhirnya akan roboh juga. Tubuh kita yang selalu kita andalkan untuk aktif menyokong aktivitas kita sehari-hari tanpa lelah akan melemah jika kita tidak menjaganya dengan baik. Jika sudah demikian, berbagai penyakit yang berasal dari virus, bakteri, dan kuman akan mudah sekali untuk hingga ditubuh kita. Karena untuk mendapatkan kesehatan rohani, kesehatan jasmani yang merupakan kabutuhan fisik tubuh kita juga harus kita penuhi terlebih dahulu. 



Mengapa Orang Jepang dan Korea Sehat-sehat? 



Banyak orang yang bertanya-tanya tentang, mengapa orang Jepang dan Korea sehat-sehat? Apakah ada beberapa faktor yang membuat mereka sehat? Negara Jepang dan Korea dikenal sebagai negara yang mempunyai kesadaran akan pola hidup sehat yang tinggi. Selain itu, orang Jepang dan Korea juga terkenal dengan penduduknya yang memiliki angka harapan hidup yang tinggi dan bisa mencapai umur 100 tahun lebih dalam hidupnya. Hal ini dipengaruhi oleh budaya makan di negara-negara tersebut yang memang sudah membiasakan diri untuk mencintai hidangan dari nenek moyang mereka. Mereka mungkin menyukai hidangan seperti junk food, tetapi karena mereka sadar akan dampaknya, mereka lebih bangga dengan menyantap hidangan dari negara asal mereka karena lebih sehat. Itulah yang menyebabkan orang Jepang dan Korea terlihat lebih sehat. 


 Selain itu, seperti yang kita tahu bahwa Jepang dan Korea selalu berjalan jalan kaki jika ingin pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh. Mereka tidak terlalu mengandalkan transportasi umum atau pribadi yang mereka pikir lebih kepada bertindak boros karena harus mengeluarkan ongkos. Mereka juga sadar bahwa berjalan kaki adalah hal yang bagus untuk tubuh mereka.


Seperti yang kita ketahui bahwa obesitas sering kali dikaitkan dengan resiko banyak masalah kesehatan seperti diabetes, stroke, serangan jantung, bahkan kanker. Obesitas juga merupakan salah satu permasalahan di beberapa negara barat yang berasal dari kebudayaan dan gaya hidup yang tidak sehat pada warga masyarakatnya. Sebagai contoh, pria berusia 28 tahun dengan berat 58 kg (128 lbs) memiliki kebiasaan berolahraga 2-3 kali seminggu. 

Berarti dalam sehari dia memerlukan sekitar 2.000 kalori berdasarkan profil dan aktivitas tubuhnya. Jika dia makan sesuai kebetuhan kalorinya tersebut maka berat badannya akan tetap sama. Dan jika ia makan lebih dari jumlah kalori yang ia butuhkan (misalnya sebanyak 3.000 kalori) maka kelebihan energi tersebut akan disimpan menjadi lemak dalam tubuh yang akan mempengaruhi pertambahan berat badan.


Beberapa jenis makanan dan minuman juga bisa berdampak lebih buruk. Misalnya segelas teh hijau yang mengandung 0 kalori, namun jika anda meminumnya dengan menambahkan gula berarti anda telah mengkonsumsi 100 kalori. Pertanyaan yang sederhana yang bisa diajukan adalah, apakah anda minum karena ingin menjadi gemuk? Tentu saja jawabannya tidak, bukan? Anda minum karena merasa haus namun sayangnya di Indonesia minuman yang disajikan di restoran kebanyakan berupa teh manis yang mengandung kalori ekstra. Jika dibandingkan dengan Jepang, minuman yang umum disajikan di rumah makan adalah teh hijau yang tidak mengandung kalori. Selain mengadung 0 kalori, teh hijau juga memiliki khasiat kesehatan yang sangat luar biasa.


Umumnya, gula itu bersifat buruk, begitu juga dengan makanan berbahan tepung yang digunakan untuk membuat roti dan pizza karena mengandung kalori yang sangat tinggi. Namum, sayangnya kini junk food yang merupakan makanan Amerika sudah menyebar ke seluruh negara. Anda bisa dengan mudah mendapatkan pizza dengan harga murah yang mengandung banyak ekstra kalori yang berasal dari tepung. Begitu juga dengan burger, kentang goreng, ice cream, spaghetti, dan masih banyak lagi makanan junk food lainnya yang pasti digemari anak remaja. 


Contoh pada minuman yaitu susu di supermarket Jepang, yang dijual adalah susu murni tanpa ada perasa buatan yang bisa menghasilkan warna pada susu dan rasa manis. Di Indonesia, anda bisa dengan mudah mendapatkan susu rasa coklat hingga rasa buah-buahan namun mengandung banyak gula. Sebenarnya yang mereka gunakan pada susu adalah perisa gula yang tentunya akan membuat anda gemuk karena rasa manis di dalamnya. Pertanyaan selanjutnya yang bisa diajukan adalah, apakah anda meminum susu untuk menjadi sehat atau gemuk? Nah orang Jepang menjawabnya dengan tegas bahwa mereka membeli susu karena ingin sehat jadi yang mereka konsumsi adalah susu asli tanpa campuran apapun.


Kesimpulannya, makanan dan minuman yang dijual di Jepang dan Korea jauh lebih sehat dibandingkan dengan negara Eropa dan Asia lainnya seperti Indonesia. Orang Indonesia lebih suka mengikuti setiap trend makanan yang berasal dari negara barat tanpa memikirkan, apakah itu bagus untuk tubuhnya atau tidak? Selain itu, banyak makanan tradisional atau makanan asli Indonesia yang memiliki rasa manis dan juga mengandung banyak minyak atau lemak yang seolah sudah menjadi ciri khas makanan Indonesia. Berbeda dengan Jepang dan Korea yang memiliki makanan tradisional yang sehat dan juga lebih bangga dengan mengkonsumsi makanan alami. Untuk itu, menjadi sangat mudah untuk menjadi orang sehat di Jepang dan Korea.  



Cara Diet Sehat dan Cepat 


Banyak orang yang salah menilai bahwa menjalani pola hidup sehat hanya dilakukan oleh orang yang sedang menjalankan diet saja. Padahal pola hidup sehat bisa sangat berguna memberikan efek kesehatan pada tubuh dan juga keseimbangan mental. Untuk hal, berkurangnya berat badan seseorang yang menjalani pola hidup sehat adalah sebuah bonus yang akan didapat. Menjalani pola hidup sehat salah satunya adalah dengan melakukan ‘diet’ yang memiliki arti ‘pengaturan pola makan’, sehingga arti dari diet bukan berarti mengurangi atau bahkan tidak membuat anda tidak makan seharian. Diet adalah sesuatu yang bisa kita lakukan untuk pengaturan pola makan yang baik. Misalnya adalah dengan menyeimbangin konsumsi sayuran, buah-buahan, protein, dan juga karbohidrat. Atau bahkan bagi anda yang memiliki berat badan berlebih anda bisa mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan mengkonsumsi serat dan juga protein. Banyak orang, khususnya wanita yang ingin menjalani diet untuk mendapatkan berat badan ideal mereka. Berikut akan dipaparkan bagaimana cara diet sehat dan cepat serta alami yang bisa anda lakukan: 


1. Mengonsumsi Cukup Air Putih 

Banyak ahli kesehatan yang memang menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi air putih setiap harinya, yaitu minimal 8 gelas per hari. Hal ini dapat berguna untuk mencegah dehidrasi pada tubuh kita, selain itu banyak mengkonsumsi air putih juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena kita akan selalu merasa kenyang sehingga menghindari kita dari mengemil yang berlebihan. Air putih juga sangat berguna untuk mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga anda bisa menerapkan kebiasaan baik dengan mengonsumsi cukup air putih untuk mendapatkan berat badan ideal anda. 


2. Olahraga Secara Teratur 

Olahraga bukanlah salah sesuatu yang asing lagi bagi orang yang berdiet. Olahraga merupakan aktivitas tubuh yang bertujuan untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh secara maksimal agar terbuangnya kalori berlebih dalam tubuh dan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Olahraga adalah aktivitas yang sebenarnya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun banyak orang yang merasa sangat malas untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Padahal dengan rajin melakukan olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit dari luar tubuh. Selain dapat membakar lemak dan memperkuat tulang, olahraga juga bisa memberikan dampak yang bagus terhadap psikologis seseorang karena bisa menghilangkan stres. 


3. Mengurangi Konsumsi Gorengan dan Makanan Manis 

Seperti yang kita tahu bahwa berbagai kudapan dan juga makanan pendamping di Indonesia tidak jauh dari berbagai jenis gorengan dan makanan manis. Gorengan mengandung kelebihan lemak jenuh yang berasal dari minyak yang dipanaskan. Apabila anda terlalu sering mengonsumsi makanan ini, bukan hanya berat badan saja yang bisa bertambah, anda juga akan mudah untuk mendapatkan resiko penyakit jantung koroner, kolesterol, dan juga stroke karena kandungan lemak jenuh yang tinggi di dalamnya. Begitu juga dengan kebiasaan mengonsumsi makanan manis berlebih setiap harinya bisa membuat anda menjadi mudah untuk gemuk dan juga bisa menyebabkan penyakit diabetes yang sangat berbahaya. Jangan salah, kini bahkan banyak remaja yang sudah mendapatkan gejala diabetes tipe 2 karena kebiasaaan makan mereka yang buruk. Walaupun mungkin makanan tidak sehat biasanya lebih enak dibandingkan makanan sehat, namun anda harus memiliki prinsip bahwa anda ingin sehat di hari tua anda nantinya. 


4. Cukup Tidur 

Bukan hanya pola makan yang harus dijaga, dalam pola hidup sehat kita harus menjaga keseimbangan antara kesehatan rohani dan jasmani, tidur adalah salah satu yang bisa anda lakukan. Tidur adalah aktivitas ketika kita mengistirahatkan seluruh tubuh kita dalam waktu tertentu agar setelahnya kita bisa meneruskan berbagai jenis aktivitas lainnya. Tidur bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik tubuh karena memang beberapa sistem tubuh berjalan dengan sempurna saat kita tidur, tidur juga dapat memberikan efek psikologis dan perkembangan mental yang baik. Bayangkan saja jika anda memiliki kualitas tidur yang buruk, beberapa sistem tubuh akan berjalan dengan tidak normal seperti jantung berdegup kencang atau sistem pencernaan yang tidak berjalan lancar. Hal ini bisa membuat anda lebih cepat marah terhadap hal yang sepele dan juga bisa membuat mood anda menjadi buruk sepanjang hari. Untuk itu, penuhilah kualitas tidurmu dengan baik yaitu tidur sekitar 6-8 jam setiap harinya. 





Itulah artikel mengenai pola hidup sehat dan salah satu cara menjalaninya adalah dengan melakukan diet yang sehat. Intinya, pola hidup sehat merupakan kewajiban yang harus dijalani oleh setiap orang. 

Cara mudah untuk melakukan gaya hidup sehat adalah selalu berpegang teguh pada prinsip bahwa anda ingin menyayangi tubuh anda. Pola hidup sehat adalah jalan yang harus ditempuh untuk memperoleh fisik yang sehat secara jasmani maupun rohani. Oleh karena itu jangan tunda lagi untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang. Dengan pola hidup sehat, anda akan mendapatkan keuntungan kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Jangan mau kalah dong dengan orang Jepang dan Korea!


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang