Mengapa orang-orang suka menghabiskan waktu untuk memodifikasi mobil?

Dilihat 614 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Terkadang, kita memiliki banyak kegiatan atau kesibukan, sehingga membuat kita lupa waktu. Namun terkadang juga kita memiliki banyak waktu luang yang tidak kita ketahui bagaimana menghabiskannya. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menghabiskan waktu mereka. Tapi bagaimana jika anda ingin menghabiskan waktu anda untuk melakukan suatu hal yang produktif? Salah satu cara paling produktif untuk menghabiskan waktu senggang adalah dengan melakukan apa yang anda sukai, misalnya sesuai dengan hobi anda. 


Ya memang, setiap orang punya hobi yang berbeda-beda. Ada yang hanya memanfaatkannya untuk mencari kesenangan, mengurangi stress, untuk ajang kumpul-kumpul, dan lain-lain. Bahkan mereka ada yang membentuk komunitas agar hobi uniknya bisa tersalurkan. Mengenai hobi, salah satu jenis hobi yang cukup banyak diminati adalah otomotif. Dan hobi otomotif ini salah satunya yaitu memodifikasi mobil. 


Modifikasi mobil pada umumnya adalah hal yang menyenangkan dan anda bisa mencoba untuk memperindah mobil anda dengan varian-varian tertentu.  


modifikasi mobil


Memperbaiki mobil dan memodifikasinya bisa dikatakan hobi atau hasrat, beberapa orang memiliki alasan yang berbeda untuk menikmati apa yang mereka lakukan. Memperbaiki mobil dan memodifikasinya merupakan pengalaman unik yang berharga dimana seseorang itu mempunyai kreativitas yang hampir tak terbatas, memperbaiki dan merakit demi melihat dan menikmati produk akhir. Ada banyak motivasi yang lain untuk melakukannya. Beberapa hanya suka membuat tangannya kotor sebagai rileksasi mental, yang lain melakukannya demi merasa produktif atau terlihat keren. Mungkin untuk kebanyakan orang, melakukannya demi semua kombinasi yang di atas, ditambah lagi ketertarikan yang tidak bisa dijelaskan ke hobi dan hasrat mereka.


Menghabiskan waktu untuk memodifikasi mobil, ini seperti hobi atau kepuasan dalam skala yang besar karena bisa merubah penampilan kendaraan mobil pribadi menjadi berbeda. Mungkin bukan hal baru di Indonesia. Di belahan bumi barat saja, kegiatan ini sudah dilakukan sejak lama. Itu terbukti dari film-film atau sinema-sinema TV luar negeri yang menampilkan bagaimana proses dan akhir jadi mobil yang dimodifikasi. Namun biasanya tidak hanya anak-anak muda yang suka dalam memodifikasi mobilnya, orang tua pun ternyata juga sangat suka. Mulai dari modifikasi yang sederhana, seperti ganti kaca film, ganti jok mobil, ganti karpet mobil, atau penambahan TV. Ada juga penggantian yang luar biasa, seperti perombakan mesin mobil, penambahan lampu, sirine, ataupun sistem GPS terbaru.


Kini, animo peminat modifikasi mobil di Indonesia terlihat sangat mengagumkan. Namun, tahukah anda mobil jenis apa yang memiliki daya tarik luar biasa untuk dimodifikasi? Menurut survei yang dilakukan ternyata mobil yang menjadi favorit para modifikator mobil atau tuner sejauh ini adalah masih berkisar pada mobil kompak perkotaan jenis sedan. Tren tersebut dipengaruhi oleh pertimbangan harga dan penggunaan mobil kompak perkotaan yang cenderung dikonsepkan masyarakat menjadi mobil penunjang aktivitas sehari-hari. Faktor harga serta kondisi mobil yang sesuai untuk dijadikan mobil modifikasi, turut pula menjadi alasan terkuat mengapa modifikasi mobil sedan yang termasuk dalam segmen City Car ini bertahan cukup lama.


Sebagai pemilik mobil, untuk dimodifikasi kita tentu menginginkan kondisi eksterior maupun interior mobil selalu dalam keadaan prima. Dalam hal ini modifikasi mobil sedan dari masa ke masa dapat dengan mudah diubah baik interior maupun eksteriornya. Baik itu dengan sentuhan sederhana ataupun sentuhan yang lebih ekstrim. Modifikasi mobil sedan cukup mudah dilakukan dari mulai bagian eksterior berupa body dan kaki-kaki hingga bagian interior dari mulai jok, audio dan dashboard bahkan dengan mudah dimodifikasi mesinnya.  Tapi tentu, bukan harga murah dalam melakukan modifikasi mobil. Sehingga hobi ini cukup mahal. 


Namun mengapa orang mau mengeluarkan biaya yang cukup mahal dan suka menghabiskan waktu dalam melakukan modifikasi mobil kesayangannya?



Mengapa orang senang memodifikasi mobil?



  • Karena Hobi

Bagi beberapa orang modifikasi mobil adalah hobi. Di mana itu membawa kepuasan pribadi dan sensasi yang berbeda. Berawal dari kepuasan dan hobi, orang-orang yang cenderung suka pada kegiatan ini biasanya pada akhirnya juga terjun ke dalam industri bisnis modifikasi mobil ini. Hobi pun penting untuk mengembalikan semangat. Tak hanya olah raga dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, meluangkan waktu untuk diri sendiri ternyata justru dapat meningkatkan produktivitas. Hobi dapat menjadikan tubuh lebih sehat, sebuah studi menemukan bukti bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas hobi mempunyai tekanan darah yang lebih rendah. Tingkat depresi pada orang-orang yang menekuni hobi juga cenderung lebih rendah daripada orang-orang yang tidak memiliki hobi.


  • Karena Membutuhkan

caravan


Kegiatan modifikasi tidak sekedar gaya. Banyak juga orang yang mau memodifikasi mobilnya dengan alasan yang wajar. Motivasi mereka seperti mendesak atau memang membutuhkan modifikasi mobil saat ini juga. Contohnya untuk keperluan mudik. Orang-orang biasanya menyempatkan diri memasang TV dalam mobil untuk menemani saat-saat perjalanan yang jauh.


  • Untuk Dilombakan

kontes modif mobil


Modifikasi mobil juga bukan sekedar hobi kosong. Modifikasi mobil juga terkadang dilombakan oleh komunitas-komunitas tertentu. Kalau di negeri Eropa atau Barat, hal demikian sudah lah biasa. Karena modifikasi mobil cukup menguntungkan dan mengundang penonton. Penonton ini membayar sejumlah uang untuk menonton dan bisnis pun berjalan. Acara modifikasi mobil memang belum terlalu populer di Indonesia. Namun mungkin beberapa tahun ke depan bisa jadi tumbuh subur.


  • Untuk Dipamerkan

pameran modif mobil


Selain untuk dilombakan, juga mobil hasil modifikasi bersama komunitas tertentu bisa ditunjukkan dalam acara pameran. Pameran ini bisa bersifat komersial ataupun gratis. Tergantung niat penyelenggaranya. Namun biasanya untuk mengenalkan komunitas nya, para modifikator mobil, antusias memamerkan mobilnya di suatu pameran yang diadakan secara gratis. Jangka panjangnya bila komunitas yang terkumpul cukup banyak , maka bisa diadakan pameran berbayar. Dan ini mendatangkan keuntungan.


  • Mobil tampil lebih elegan

Kalau ada orang yang melakukan modifikasi pada bagian velg ban dengan menyesuaikan standar tipe mobil seperti velg diameter 17 atau 20 inch, tentunya tujuan orang tersebut adalah untuk membuat mobil tampil lebih elegan. Karena hanya dengan menggunakan velg yang berwarna lebih cerah dari warna ban standar akan membuat siapapun pemilik mobil tersebut tampil keren dan berbeda dari kebanyakan pemilik mobil lainnya


  • Daya pacu mobil lebih kencang

Mungkin bagi penyuka otomotif tahu ada beberapa orang yang melakukan modifikasi khusus pada bagian mesin mobil dengan tujuan sederhana yaitu agar mobil dapat dipacu lebih kencang. Suara mesin mobil yang garang dan mobil yang dapat dipacu dalam kecepatan tinggi meski bukan termasuk mobil mahal tentunya akan terdengar lebih keren jika dibandingkan kepemilikan mobil biasa tanpa modifikasi apapun.


  • Mobil terlihat lebih unik

Salah satu teknik yang akan membuat mobil terlihat berbeda adalah body kit, dimana tampilan mobil akan diberi desain cat tambahan yang disesuaikan dengan desain yang diinginkan oleh konsumen. Desain berbeda yang diterapkan pada masing-masing mobil tentunya akan membuat mobil terlihat lebih eksklusif dan unik karena tidak ada mobil lain yang memiliki desain yang sama.


Jadi dari beberapa alasan tersebut di atas maka menurut saya, hobi, tuntutan dan tantangan yang menjadi prioritas mengapa orang suka menghabiskan waktunya untuk memodifikasi mobil atau memperbaikinya karena ada kepuasaan tersendiri ketika semuanya itu menjadi keren dan terlihat bagus dimata kita. Selamat berkreasi!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang