Mengapa orbit dari planet-planet berbentuk elips?

Dilihat 678 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Daripada mendiskusikan planet secara umum, lebih baik batasi diri kita dengan Tata Surya dan lihat keistimewaan Bumi. Pertama-tama, orbit Bumi itu hampir berbentuk bola (bundar): Jarak maksimum vs minimum antara Bumi dan Matahari adalah 152,098 km vs 147,098,290 jadi rationya adalah 1.034, jadi hanya berbeda dari orbit bundar sebanyak 3.4%. Tidak ada masalah dengan orbit berbentuk elips dari pandangan gaya gravitasi. Kalau kamu mempertimbangkan dua orbit bundar, satu dengan radius minimum dan satu lagi dengan radius maksimum, kecepatan orbit minimum akan lebih cepat daripada kecepatan orbit maksimum karena gaya gravitasi Matahari berkurang sesuai dengan radiusnya. Namun, ketika Bumi berada pada jarak minimumnya, kecepatannya akan menjadi lebih cepat daripada kecepatan orbit bundar minimum - itulah kenapa, ia bergerak ke radius yang lebih besar. Saat radiusnya meningkat, Bumi akan memperlambatkan dirinya ketika mencapai radius orbit bundar maksimum, Bumi akan bergerak lebih lambat daripada orbit bundar tersebut. Itulah kenapa Bumi nantinya akan jatuh ke arah Matahari ke radius minimum lagi.

Alasan semua planet itu berada dalam orbit bundar adalah karena mereka memadatkan piringan protoplanet. Piringan protoplanet mulai sebagai piringan gas dan debu yang berotasi disekitar proto-Matahari. Karena adanya gesekan dan kelekatan dalam gas dan debu yang dimilikinya pada orbit Matahari yang pada dasarnya berorbit bunar - kalau bagian piringan yang berbeda berada dalam orbit elips, mereka akan bertumbukan dengan sesamanya dan beredar. Setelah piringannya mengorbit Matahari dalam orbit bundar, planet mulai memadat menjadi planetesimal awalnya dan akhirnya planet-planet. 

Namun, setelah planet-planet dibentuk dalam orbit bundar, ada mekanisme yang akan membuat orbit menjadi kurang begitu bundar. Misalnya ada tumbukan antara protoplanet yang mengubat orbitnya. Contohnya, Bulan di Bumi (mungkin) awalnya dibentuk ketika planet berukuran Mars mengenai proto-Bumi. Pusing-puing dari tumbrukan tersebut akhirnya membentuk Bulan. Bisa juga interaksi gravitasi antara planet yang mengganggu orbit dan membuat mereka jadi lebih elips daripada bundar. Jadi, pertanyaan sebenarnya adalah kenapa orbit itu berbentuk bundar dan bukan elips.

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang