Mengapa pandangan Tom Holland mengenai sejarah dan asal usul Islam dianggap tidak mainstream?

Dilihat 326 • Ditanyakan 12 bulan lalu

Tom Holland adalah figur yang disukai media dan argumennya tentang sejarah Islam serta Arab telah menarik perhatian banyak kaum yang bukan ahli sejarah, tapi dikritik oleh Muslim dan akademisi non-Muslim. Mengapa? Apakah ini juga memberikan cerminan negatif terhadap kerajaan Romawi?

1 Jawaban 1




Tom Holland adalah orang yang menyarankan bahwa sejarah hari ini harus berbicara tentang 'keraguan dan skeptisisme', tapi dia kurang mendapatkan dukungan dalam penyebarannya ini. Tom Holland ingin menggali dan membuktikan bahwa sebuah sejarah tidak dapat dengan mudah  dipercaya hanya dengan membacanya saja dan percaya dengan apa yang telah dituliskan. Pada pemikiran yang berdasar pada keraguan dan skeptic (curiga), dia berangkat untuk memaparkan sebuah sejarah lebih terhubung satu dengan yang lain yang terjadi pada masa yang bersamaan.


Mengapa Pandangan Tom Holland mengenai Sejarah dan Asal Usul Islam Dianggap Tidak Mainstream?


Sebuah pemikiran mainstream yang selama ini ada dan diyakini oleh banyak orang adalah doktrin mengenai bagaimana semua orang hanya berpaku pada bagian-bagian sejarah saja tanpa ada benak yang ingin mempertanyakan apakah semua itu berhubungan. Padahal setiap sejarah seringkali tersebar melalui teks, naskah tentang sebuah kisah yang ditulis dan disampaikan oleh para sastrawan. Sebagaimana hasil karya sastra yang lain, sejarah sebuah peradaban terkadang sengaja ditambah-tambahi atau bahkan dihilangkan demi kepentingan politik di masa itu. Selain itu terkadang dalam suatu sejarah peradaban pada peradaban yang lain sering terjalin kesamaan waktu dan peristiwa yang menunjukkan adanya interkoneksi diantara bukti sejarah tersebut. Oleh karenanya Tom Holland memiliki pandangan lain yang bersifat skeptic untuk mencari tahu lebih dalam mengenai bukti otentik sebuah sejarah.


Dimulai dengan sejarah agama Islam yang ingin digalinya lebih mendalam, berbekal keraguan dan skeptik Tom Holland mencari sebuah kebenaran sejarah melalui bukti nyata peninggalan sebuah peradaban. Pemikiran Tom Holland ini didasari oleh adanya beberapa peristiwa bersejarah yang juga terjadi secara bersamaan pada masa itu akan tetapi tidak pernah dituliskan dalam sejarah. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa, interkoneksi di antara peristiwa-peristiwa sejarah tersebut memang saling berhubungan. Kenyataan adanya interkoneksi antar peristiwa tersebut bisa digunakan untuk menguatkan bukti sejarah ataupun melemahkan naskah sejarah yang sudah beredar di masyarakat.


     Sejarah Islam di dunia

Pada beberapa sejarah Islam yang telah ditulis, akan selalu muncul sebuah persepsi yang kurang tepat. Sehingga pemahaman dan penulisan mengenai sejarah tersebut menjadi kurang tepat atau bahkan mengaburkan fakta sejarah itu sendiri. Mengenai kejadian ini, pandangan skeptik yang dibawa oleh Tom Holland sangat berpengaruh besar bagi perkembangan ilmu sejarah di era modern. Dengan adanya pandangan yang demikian, kita sebagai manusia awam tidak lagi terdoktrin oleh persepsi sastrawan yang menuliskan sejarah dengan mengusung pandangan politik tertentu. Dimana pandangan tersebut sering mengaburkan keaslian realita sejarah itu sendiri dan tentu saja itu sangat merugikan orang lain.


Sejarah awal Inggris dan Islam kita wajib merekonstruksi peristiwa baik dari segelintir kecil dari akhir teks klasik keandalan yang terbatas, atau dari sejarah agama Islam kemudian ditulis ratusan tahun kemudian. Salah satu kegagalan dari Islam: Untold Story adalah bahwa ia gagal untuk kontekstualisasi 'diam' dan 'gelap' yang Holland mengatakan mengelilingi awal Islam dalam konteks yang lebih umum 'diam' dan 'gelap' yang mencakup seluruh pos awal dunia -Roman. Mungkin juga menjadi kasus yang kita hanya tahu detail dari awal Islam dari sumber-sumber Islam yang ditulis ratusan tahun kemudian, tetapi sama berlaku sejarah Inggris dan sebagian besar Eropa.


Sejarawan Islam pada mulanya mungkin berbicara tentang masa 'pra-Islam' di Timur Tengah. Diikuti dengan periode 'awal Islam' diikuti oleh periode dinamai dinasti besar - Umayyah, Fatimiyah, Abbasiyah. Tapi semua terminologi ini sangat bermasalah.


Pencerahan Istilah 'Abad Kegelapan' untuk periode sekitar 400-800 – disebut  oleh Tom Holland ketika ia berbicara tentang 'lubang hitam' dan 'gelap' - secara umum telah ditinggalkan oleh sejarawan akademik terhormat karena konotasi merendahkan nya vis à-vis non-Roman masyarakat. periode tidak jelas, istilah Jerman Völkerwanderung 'migrasi masyarakat, apa yang digunakan Classicists untuk memanggil' Barbarian Invasi ', kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan invasi dari Kekaisaran oleh masyarakat Jerman: karung Goth' Roma, penaklukan dari banyak Italia oleh Lombard, dari Gaul oleh Frank, Spanyol dan Afrika Utara oleh Vandal dan Visigoth, dari Britainnia oleh Angles, Saxon dan Jutes - meskipun Hun, Semit, Slavia dan migrasi Turki juga mempercepat keruntuhan dari banyak Kekaisaran Romawi.


Hal lain yang juga membuat problematika Tom Holland adalah bahwa orang-orang Arab dari jenis yang sama tidak ada bukti yang dia harapkan seperti peristiwa Roma  adanya koin, prasasti, teks terus menerus panjang - mengabaikan fakta bahwa orang-orang Arab, seperti Anglo-Saxon dari periode itu, tidak menghasilkan mata uang dicetak dari mereka sendiri, dibangun tidak ada bangunan monumental untuk menuliskan, dan budaya sebagian besar oral untuk siapa menulis itu masih merupakan teknologi baru-baru ini. Ini mungkin sebuah prasangka khas Classicist. Tentu saja, hal itu menimbulkan masalah nyata mengenai historiografi periode, tetapi Holland problematika sebagai masalah yang unik menyangkut orang-orang Arab dan Islam itu sendiri.


Baik dengan sejarah awal Inggris dan Islam kita wajib merekonstruksi peristiwa baik dari segelintir kecil dari akhir teks klasik keandalan yang terbatas, atau dari sejarah kemudian ditulis ratusan tahun kemudian. Salah satu kegagalan dari Islam: Untold Story adalah bahwa ia gagal untuk kontekstualisasi 'diam' dan 'gelap' yang Holland mengatakan mengelilingi awal Islam dalam konteks yang lebih umum 'diam' dan 'gelap' yang mencakup seluruh pos awal dunia -Roman. Mungkin juga menjadi kasus yang kita hanya tahu detail dari awal Islam dari sumber-sumber Islam yang ditulis ratusan tahun kemudian, tetapi sama berlaku sejarah Inggris dan sebagian besar Eropa.


    Sejarah Islam di dunia

Pada sejarah peradaban Islam yang telah tertulis dalam sejarah tidak pernah berubah sedikitpun, pemikiran akan keraguan dan skeptic telah terbantahkan dengan perihal tersebut. Sebuah perjalanan sejarah yang sangat diyakini oleh umat islam tidak pernah pudar walaupun termakan oleh waktu. Pada masa awal kedatangan islam telah tercatat wahyu pertama yang diterima oleh rosulullah Muhammad yang kemudian disebarluaskan bertahapyang kemudian terangkum di dalam Al Quran (kitab suci umat Islam).


Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"), yaitu "Laa ilaha illallah, Muhammadar Rasulullah" — yang berarti "Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah". Adapun bila seseorang meyakini dan kemudian mengucapkan dua kalimat persaksian ini, berarti ia sudah dapat dianggap sebagai seorang Muslim atau mualaf (orang yang baru masuk Islam dari kepercayaan lamanya). Kaum Muslim percaya bahwa Allah mewahyukan al-Qur'an kepada Muhammad sebagai Khataman Nabiyyin (Penutup Para Nabi) dan menganggap bahwa al-Qur'an dan Sunnah (setiap perkataan dan perbuatan Muhammad) sebagai sumber fundamental Islam.


Umat Islam juga meyakini Al-Qur'an sebagai kitab suci dan pedoman hidup mereka yang disampaikan oleh Allah kepada Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril yang sempurna dan tidak ada keraguan di dalamnya (Al-Baqarah [2]:2).


Maka dari itu sangat tidak mainstream sebuah pemikiran yang masih meragukan atau curiga mengenai sejarah peradaban Islam serta peninggalan-peninggalan islam didunia pada masa itu dan mengenai hubungan sejarah yang satu dengan yang lain, karena pasti berhubungan walaupun tidak pada tempat yang sama karena perjalan sejarah pasti berangkat dari awal peristiwa itu terjadi.



Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang