Mengapa pemerintah Amerika Serikat menghabiskan banyak dana untuk militer?

Dilihat 818 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Amerika Serikat merupakan negara adidaya yang terkenal dengan kekuatan pertahanan militernya. Pemerintah Amerika Serikat memang menghabiskan dana yang begitu besar untuk kepentingan militernya. Bagi sebagian besar orang dana ratusan milyar dolar yang dihabiskan untuk militer Amerika setiap tahunnya mungkin terkesan sangat berlebihan. Tapi sebenarnya ada alasan yang mendasari hal tersebut. Di sini saya akan mengajakmu untuk melihat alasan sebenarnya dibalik pengeluaran militer Amerika yang terkesan berlebihan itu.


Kalau kita lihat sekilas, pengeluaran Amerika di bidang militer  memang terlihat sangat berlebihan. Bayangkan, di tahun 2013 saja Amerika merupakan negara yang mengeluarkan dana terbanyak untuk militer dibandingkan dengan negara lain. Nilai tersebut jauh lebih besar dibandingkan total pembelanjaan negara Indonesia di tahun 2015 yang hanya 2.019,9 triliun rupiah. Lalu untuk apa Amerika mengeluarkan dana sebesar itu untuk mempertahankan kekuatan militer Amerika? Kenyataannya, hal tersebut tidak sesederhana yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Pasukan militer Amerika memang sering digambarkan sebagai pasukan yang sangat kuat, bahkan di dalam game sekali pun.


militer amerika


Kenyataan dibalik pengeluaran militer Amerika itu sendiri cukup untuk dijadikan alasan menyanggah penilai orang-orang yang menganggap bahwa hal tersebut salah karena mereka tidak mengetahui kenyataannya. Misalnya, banyak cerita yang hanya didasarkan pada kepingan informasi yang sangat terbatas. Sebenarnya, cerita-cerita tersebut sangat banyak sekali sehingga memiliki sudut pandang yang berbeda dari yang dipercaya banyak orang sering dianggap sebagai fitnah. Sebelum menjawab pertanyaanmu, "Kenapa militer Amerika meminta dan mendapatkan begitu banyak dana", singkatnya, militer Amerika tidak terlalu banyak "meminta". Pihak militer memang memiliki kekuatan politik, tapi anggaran diatur dan ditetapkan oleh Kongres .Jadi, kalau ada yang bersalah dalam hal penetapan anggaran, mereka adalah rakyat Amerika, karena rakyatlah yang memilih anggota Kongres. Jadi bisa dibilang bahwa demokrasi merupakan hal yang indah karena rakyat selalu mendapatkan pemerintahan yang pantas mereka dapatkan.


Seberapa banyak dana yang dikeluarkan Amerika untuk pertahanan militer?


Berdasarkan Daftar negara dengan pengeluaran di bidang militer, Amerika Serikat menggunakan 3,5% dari PDB untuk sektor pertahanan pada tahun 2014. Sementara Rusia yang dikatakan sebagai musuh terkuat Amerika menggunakan 4,7%. Berdasarkan sumber lainnya, tercatat bahwa pengeluaran militer Amerika dan Rusia masing-masing sebesar 3,3% dan 3,7% - data tersebut menyatakan bahwa Rusia memiliki pengeluaran di bidang militer lebih banyak. Mari kita lihat perbandingan kekuatan militer antara Amerika dengan Rusia.


kekuatan militer amerika

Pada tahun 2015, Rusia memiliki rencana untuk meningkatkan anggaran pertahanan di masa yang akan datang, tetapi Rusia mendapat penolakan akan rencana itu. Karena anggaran di bidang lain (dan keseluruhan anggaran) juga dikurangi, saya yakin bahwa persentase anggaran menjadi berkurang secara drastis. Hal terpenting yang menjadi catatan adalah AS tergantung pada keamanan maritim dan perdagangan laut yang lebih banyak dibandingkan dengan Rusia. Selain itu, AS juga memiliki angkatan laut dan angkatan udara yang lebih besar. 


dana militer amerika

Berdasarkan sejarahnya, militer Amerika memiliki kerjasama pertahanan dengan negara-negara lainnya (seluruh negara yang tergabung dalam NATO, Israel, Jepang, Korea, Filipina). Hal ini menunjukkan bahwa AS memiliki dukungan militer yang besar di seluruh dunia. Rusia mencoba mengikuti secara logika - sebenarnya, sejak pemanasan global membawa perubahan di jalur utara (dari Asia Timur ke Eropa) lebih bermanfaat, Rusia melakukan investasi besar-besaran dengan membangun pangkalan militer baru di Arktik. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang besar, tapi mungkin akan bermanfaat bagi perekonomian Rusia di masa yang akan datang jika Rusia membangun pangkalan militer yang besar di utara dan menghubungkannya melalui jalur darat dengan sarana transportasi kereta api. 


anggota militer amerika

Keadaan ekonomi AS, sudah berkembang dan secara umum sudah dianggap antara fleksibel dan stabil, yang akan menjadi investasi besar dibandingkan pertimbangan pemerintah. Sebagai contoh misalnya, di Rusia, pemerintah harus mempertimbangkan secara matang ketika akan membangun jalur transportasi kereta api, sementara di AS hal ini diserahkan kepada perusahaan swasta. Jadi, Rusia harus memilih antara mengembangkan perkonomian atau memperkuat sektor militer. Di tahun 2011, Alexei Kudrin mengundurkan diri dari Menteri Keuangan Rusia, sebagai bentuk protes dari penggunaan anggaran yang tidak masuk akal dalam pembelian alat pertahanan.


Alasan yang tidak disebutkan adalah mengenai kerumitan industri pertahanan keamanan (mempengaruhi keputusan politik di AS) yang lebih sesuai dengan persyaratan Uni Soviet. Jangan lupa, keanggotaan NATO memerlukan pengendalian dari pihak sipil yang berada di departemen pertahanan, dimana di Uni Soviet, Kementerian Pertahanan berada di bawah kekuasaan militer.

Akhir - akhir ini Rusia sedang mengikuti langkah Uni Soviet dalam kategori ini. Akhirnya, AS tidak menganggap Rusia sebagai musuh besar. 


Berikut ini adalah penjelasan atas pengeluaran dana militer Amerika :


Strategi militer Amerika edisi tahun 2015 mencatat bahwa ISIS merupakan ancaman utama keamanan dunia, dan secara eksplisit menyatakan bahwa Rusia bukan merupakan ancaman secara langsung bagi AS. Rusia terdaftar bersama Tiongkok, Iran dan Korea Utara sebagai "negara-negara pembuat perubahan" yang berharap untuk merubah tatanan dunia. Hak tersebut tidak bisa disamakan dengan musuh besar. Dan apabila anda bersikeras, pada jangka panjang, Tiongkok merupakan musuh yang lebih jelas jika dibandingkan dengan Rusia.


Sebenarnya fakta bahwa menghabiskan begitu banyak dana untuk mengembangkan kekuatan militer Amerika seharusnya bukan hal yang mengherankan. Sebagai salah satu negara adidaya, tentunya Amerika ingin memperjelas posisinya di mata dunia. Oleh karena itu, anggaran yang ditetapkan bagi sektor pertahanan pun cukup tinggi, baik untuk memfasilitasi anggota militer Amerika, maupun untuk membeli senjata - senjata serta peralatan - peralatan yang canggih. Lagipula, sekalipun Amerika terlihat berlebihan dalam mendanai pembelanjaan militernya, negara ini senantiasa memberikan bantuan militer bagi negara - negara yang membutuhkan, termasuk Irak dan Pakistan. Jadi, Amerika mengeluarkan dana besar untuk militer merupakan hal yang sangat wajar, bukan?

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang