Mengapa pemerintah Indonesia tidak membuat kebijakan yang berpihak kepada pribumi?

Dilihat 212 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Karena Indonesia bukan negara rasis? Ada BANYAK ras dan etnis di Indonesia, termasuk Arab, India, Eropa, Polinesia, dan sebagainya. Jadi penduduk pribumi yang mana yang anda bicarakan? Bagaimana tentang orang Padang yang memiliki tanah di Jawa atau sebaliknya, haruskah diijinkan?


Saya jadi penasaran bagaimana reaksi masyarakat internasional jika hukum ini diberlakukan di negara-negara Barat: Hanya orang kulit putih yang bisa memiliki tanah dan properti atau semacamnya.


Bagaimana perasaan anda jika etnis anda didiskriminasi? Tidak akan menyenangkan sekarang, bukan?


Semua yang dilakukan oleh hukum Bumiputera adalah semakin mengasingkan satu sama lain. Lebih jauh lagi, bagaimana anda menentukan jika seorang warga adalah murni Bumiputera atau tidak?


Pernikahan campur telah terjadi selama berabad-abad. Coba lihat beberapa politisi Indonesia yang mengklaim dirinya orang Jawa, mereka punya wajah etnis Cina untuk beberapa derajat. Dosen saya campuran antara Indonesia, Pakistan, Arab, dan beberapa etnis lain. Ayah teman baik saya adalah Cina, ibunya keturunan Betawi. Ia sendiri Muslim dan mengaku sebagai Betawi mengikuti ibunya. Etnis mana yang bisa ia akui?

Untuk informasi saja, saya adalah orang Cina ketiga di kelas saya. Semua teman saya adalah pribumi asli Indonesia. Dan mereka jauh jauh lebih kaya daripada saya. Sungguh stereotipe yang bodoh jika semua orang Cina itu kaya. Stereotipe itu berbahaya bagi orang-orang di seluruh dunia. 

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang