Mengapa permasalahan seperti penyakit Celiac begitu sulit untuk didiagnosa oleh para ahli?

Dilihat 376 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

  1. Kurangnya pelatihan. Para MD, termasuk ahli gastroenterologi, hanya diberi latihan sedikit tentang bagaimana mengenali dan menangai penyakit celiac (saya mendengarnya dari seorang mahasiswa medis yang berlatih sebagai seorang ahli gastroenterologi dimana mereka hanya memiliki waktu 15 menit untuk mendiskusikan penyakit celiac). Suami saya sangat beruntung dimana 30 tahun yang lalu mengalami gastro saat menjalani pendidikan di Skotlandia, disana mereka benar-benar melatih dokter untuk mengenali penyakit celiac. Jika tidak demikan, mungkin ia sudah menderita atau bahkan meninggal karena gejalanya sebelum didiagnosa.
  2. Tak ada untungnya. Dokter belum bisa meresepkan obat-obatan untuk penyakit itu, jadi farmasi mengabaikannya. Jika farmasi mengabaikan, begitu juga dokternya. Perusahaan farmasi terus mengedukasi dokter tentang penyakit-penyakit yang bisa diobati oleh pil-pil yang dijualnya serta dengan peralatan mahal dari mereka. Penyakit celiac tak memiliki dukungan semacam itu agar para dokter menjadi teredukasi dan sadar akan penyakit tersebut. Tak ada pil, tak ada pembedahan, tak ada prosedur medis, tak ada uang, tak ada diagnosa.
  3. Para dokter tidak memahami perawatannya. Mereka kurang mengetahui tentang diet bebas-gluten untuk mengedukasi pasiennya, oleh sebab itu mereka merasa tak nyaman melakukan diagnosanya.
  4. Gejala-gejalanya sangat bervariasi diantara masing-masing individu (konstipasi dan diare, turun berat badan dan naiknya berat badan), sehingga tak ada satu penanda yang menjadi patokan diagnosa mereka. Terkadang gejalanya bisa tak terkait dengan apapun yang berhubungan dengan usus. Saya mengenal seseorang yang hanya memiliki satu gejala: rasa sakit di ujung mulutnya yang tak kunjung sembuh. Gejalanya bisa begitu samar seperti "pikiran melayang-layang" atau umum seperti gejala anemia.

Ada banyak alasan lainnya, tapi sebagaimana yang saya lihat, itu semua adalah alasan utamanya. Saya yakin ada segelintir dokter yang bagus diluar sana yang tidak mengabaikan penyakit celiac, itulah faktanya.


Penyakit Celiac: Fakta Singkat

Diperkirakan bahwa 83% penderita penyakit celiac tidak terdiagnosa atau bahkan salah terdiagnosa dengan kondisi lainnya. 6 hingga 10 tahun adalah waktu rata-rata seseorang menunggu untuk didiagnosa dengan benar.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang