Mengapa pilot pesawat tempur menghirup oksigen murni?

Dilihat 7,23 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Indonesia, sebagai negara yang dahulu pernah dijuluki sebagai macan Asia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak pesawat tempur canggih. Kala itu satu-satunya pesawat tercanggih se-Asia tenggara adalah pesawat pembom canggih Rusia yang merupakan milik Indonesia. Dan sekarang pun Indonesia masih memegang predikat sebagai salah satu negara di Asia Tenggara dengan kekuatan militer yang sangat kuat, walaupun banyak tertinggal dari negara-negara lain di Asia dalam berbagai aspek.

Yang membuat Indonesia memiliki ketahanan militer yang kuat dan persenjataan modern tidak lepas dari hubungan kerjasama dengan Rusia yang terjalin dengan sangat baik, oleh karena itu banyak sekali pesawat tempur canggih di Indonesia merupakan buatan Rusia. Kokpit pesawat tempur dirancang sedemikian rupa sehingga akan membuat nyaman pilot dalam mengemudikan pesawat.


Saat ini Indonesia sedang gencar memperkuat armada tempurnya terutama dibidang alutsista udara dengan mengambangkan pesawat-pesawat tempur yang saat ini dimiliki untuk menjaga kedaulatan negara. Pesawat tempur tercanggih milik Indonesia ternyata tidak hanya dari Rusia tetapi juga dari Amerika Serikat.


pesawat tempur



Pesawat Tempur Yang Dimiliki Indonesia


Berikut adalah beberapa pesawat tempur canggih yang dimiliki oleh indonesia:


1. T-50i Golden Eagle

Pesawat tempur yang mampu terbang sampai dengan 1.600km/jam ini merupakan pesawat buatan Amerika-Korea. Pesawat ini dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries dengan bantuan Lockheed Martin. Memiliki Panjang 12.98 m serta Rentang sayap 9.17 m. Dengan Mesin General Electric F404 afterburning turbofan. Total 16 pesawat canggih buatan Korea Selatan ini dimiliki oleh Indonesia.


2. Jet tempur MiG

Merupakan pesawat dukungan dari militer Rusia yang semuanya terdiri dari 4 pesawat MiG yang sangat canggih. Kecanggihan dari setiap pesawat ini sangat di akui oleh dunia, setiap pesawat canggih ini dilengkapi dengan spesifikasi yang kuat terhadap pertempuran menghadapi lawan.


]3. F-16 Blok 52


pesawat tempur


Pesawat F-16 Blok 52 dari segi luar nampak sama persis dengan F-6 Blok 15 akan tetapi F-16 Blok 52 memiliki daya dorong jauh lebih besar, terbang lebih jauh, dan dapat membawa persenjataan yang lebih banyak. F-16 Blok 52 menggunakan misi Supression Of Enemy Air Defence (SEAD) serta navigation dan targetting pod untuk operasi pada malam hari.


4. 16 Fighting Falcon

Indonesia memiliki sekitar 36 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang terdiri atas tiga tipe. Tipe pertama adalah F-16A Block 15 OCU dengan jumlah keseluruhan delapan unit pesawat, F-16B Block 15 OCU ada empat unit, dan tipe F-16C/D Block 52ID ada sekitar 24 unit. 16 Fighting Falcon merupakan pesawat supersonik pabrikan Amerika Serikat


5. Sukhoi Su-27

Indonesia disebut telah memiliki lima unit pesawat Sukhoi Su-27. Pesawat tempur yang sangat canggih ini memiliki persenjataan sangat lengkap. Memiliki meriam GSh-30-1 30 mm yang berisi 150 peluru, peluru kendali udara ke darat X-29L/T, peluru kendali anti-radiasi X-31dan juga bom KAB-150. Jet tempur super canggih ini dipakai di 12 negara termasuk Amerika Serikat.


6. Sukhoi Su-35

Indonesia telah membeli satu skuadron jet tempur Sukhoi Su-35 yang terdiri dari 16 unit pesawat. Pesawat ini diklaim sebagai pesawat paling canggih didunia saat ini. Pesawat Su-35 juga disebut sebagai pesawat siluman karena dapat menghilang di radar pesawat musuh. Su-35 diklaim bisa menandingi kehebatan pesawat F-22 Raptor yang merupakan pesawat jet generasi ke-5 milik Amerika Serikat. Su-35 disebut-sebut juga mampu menjangkau 3600 kilometer tanpa tangki bahan bakar tambahan dan memiliki kecepatan setara dengan 1,5 Mach atau dua kali kecepatan suara.


pesawat tempur

Itulah beberapa pesawat tempur canggih yang dimiliki militer kita yang diandalkan untuk menjaga kedaulatan negara dari musuh. Pesawat tempur tidak bisa di komersialkan tapi khusus untuk melindungi negara dari ancaman musuh lewat udara. Tentunya pesawat tempur canggih tidak lepas dari kokpit pesawat yang berperan sangat penting untuk kestabilan pesawat yang dikendarai oleh TNI kita.Pesawat tempur dapat mengintai musuh lewat udara dengan ketinggian tertentu.



Kokpit pada Pesawat Tempur dan Oksigen murni



Apa itu kokpit pesawat tempur? 


Kokpit yang dalam bahasa inggris disebut sebagai Flight Deck adalah ruangan khusus untuk pilot yang terdapat di bagian depan pesawat yang berfungsi untuk mengendalikan pesawat. Merupakan bagian yang sangat penting dari pesawat.  

Kokpit pada pesawat terbang modern biasanya dibuat tertutup kecuali pada beberapa pesawat yang kecil. Kokpit pada pesawat tempur berisi instrumen penerbangan yang disebut panel instrumen dan alat kontrol pesawat. Di dalam kokpit juga tersedia oksigen yang diperuntukan untuk pilot karena untuk menjaga agar pilot pesawat tempur dalam keadaan stabil dalam mengemudikan pesawat. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan ketinggian akan menyebabkan manusia kehilangan kemampuannya secara mendadak untuk memasok oksigen bagi kebutuhan hidup sel-selnya. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara pada tiap tingkat ketinggian. Misalnya tekanan udara pada ketinggian permukaan laut adalah 760 mmHg, sedangkan pada 10.000 kaki diatas permukaan laut, tekanan udara turun menjadi 523 mmHg, dan pada 50.000 kaki di atas permukaan laut tekanan menurun drastis ke level 87 mmHg. 


Oksigen hanyalah satu macam gas dari bermacam gas yang menyusun udara, maka perbedaan tekanan udara akan berakibat pula pada perbedaan tekanan  pada oksigen. Sehingga bila terjadi penurunan tekanan udara secara total maka akan berarti pula penurunan tekanan gas, termasuk didalamnya adalah oksigen. Semakin tinggi posisi manusia dari permukaan laut, semakin rendah kadar oksigen yang tersedia yang akan kamu hirup.

Ada beberapa macam oksigen yang terdapat pada pesawat:


kokpit pesawat tempur


  • Liquid Oxygen atau Oksigen Cair (LOX) ada di dalam sebuah logam bulat berwarna hijau yang sedikit lebih besar daripada bola basket untuk pesawat taktis yang berukuran kecil. Berurusan dengan kalengnya bisa berbahaya, mahal, dan tidak efisien. Kebanyakan sistem-sistem yang lebih tua menyalurkan oksigen berbentuk gas kepada pilot dengan konsentrasi 100%. Meski beberapa sistem bisa mencampur O2 dengan udara sekitar, namun jika ada asap di dalam kokpit, tentu anda tak akan ingin meraba-raba saklarnya untuk menghindari menghirup partikelnya sebanyak itu.
  • On-Board Oxygen Generating System (OBOGS) adalah sistem yang lebih baru, kebanyakan menggantikan LOX. Sistem ini menyalurkan tekanan udara tinggi dari mesin dan mengkonsentrasikan oksigennya, memberikan oksigen dimanapun dengan konsentrasi antara 25-95%, tercampur dengan udara luar yang bersih (tergantung ketinggian). Sistem ini telah gagal sekian kali dengan hasil yang tragis, namun masih lebih aman ketimbang sistem LOX pada pesawat yang performanya tinggi.

Kedua sistem tersebut bisa memberikan tekanan udara positif, yang memaksa udara masuk ke paru-paru kamu. Butuh usaha untuk menghela nafas, dan membutuhkan sedikit lebih banyak kekuatan otak ketimbang menghirup nafas (hingga kamu terbiasa, yang sepertinya tidak mungkin).


Sebagai tambahan, pilot-pilot di sebagian besar dinas penerbangan menikmati kaleng-kaleng oksigen yang terkonsentrasi (yang campuran juga tersedia, tapi tak pernah dipilih, untuk alasan yang sama seperti di atas). Pilot pesawat tempur menghirup oksigen murni hal ini karena untuk menjaga kesetabilan pilot agar tetap fokus karena pada tingkat ketinggian tertentu kadar oksigen akan menurun sehingga pilot juga akan mengalami kekurangan oksigen dan hal ini dapat mengurangi konsentrasi dalam mengemudikan pesawat. Sedangkan oksigen untuk penumpang berasal dari generator oksigen dan dicampur dengan udara sekitar dalam kabin. Inilah mengapa masker-masker tak akan keluar dengan adanya asap di dalam kabin. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang