Mengapa pneumonia sangat membahayakan?

Dilihat 253 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pneumonia (infeksi bakteri, virus, atau jamur pada paru-paru) bisa membunuh dalam beberapa cara. Pertama, infeksinya menyebabkan peradangan, dengan cairan, sel-sel imun dan puing-puing memenuhi ruang pertukaran gas yang disebut alveoli. Jika sejumlah alveoli sudah tak berfungsi, maka tubuh anda tak bisa melakukan pertukaran gas, dan tubuh anda kekurangan oksigen. Dengan kekurangan oksigen, setiap organ dan jaringan akan mati, tapi sepertinya untuk jangka pendek saja karena akan terjadi kegagalan otak, dan orang yang pening tak akan bernafas dengan efektif, mengakibatkan tingkat oksigen jauh lebih rendah, karbondioksida tinggi, kegagalan organ progresif, darah menjadi asam, dan pada saatnya, ritme jantung mematikan yang tidak normal. Orang yang pening bisa juga kehabisan nafas dan mati tercekik, atau tidak bisa makan maupun minum yang mengakibatkan gagal ginjal.


Kedua, pneumonia bisa menyebabkan reaksi sistemik yang disebut sepsis, yang merupakan kegagalan pengaturan respon kekebalan tubuh. Terlalu banyak peradangan, dan/atau terlalu sedikit dengan kata lain, dan pembawa pesan kimia dilepaskan sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan kebocoran kapiler. Dengan cairan yang relatif sangat sedikit dalam pembuluh darah, tekanan darah menjadi turun, penyaluran oksigen dan bahan pangan terhambat, dan jaringan tubuh terpaksa berubah menjadi metabolisme anaerobik. Hal ini menyebabkan penumpukan asam laktat, dan keasamannya makin menurunkan fungsi jantung dan pembuluh darah yang pada gilirannya turun ke kegagalan organ lainnya.


Ada cara lain, tentu saja. Mungkin anda ok-ok saja terkena pneumonia namun menderita penyumbatan darah fatal akibat penyakit akut, atau meninggal akibat alergi antibiotik, atau terkena infeksi kedua dari antibiotiknya, seperti diare clostridium difficile, atau pneumonia tersebut memicu penyakit ginjal autoimun, atau tak pernah sembuh dari delirium, atau komplikasi langka lainnya. Akan tetapi kegagalan pernafasan dan sepsis parah adalah cara membunuh paling umum yang dilakukan pneumonia.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang