Mengapa ponsel Xiaomi tidak dapat meng-update Android via OTA secara regular (teratur) seperti ponsel Motorola ?

Dilihat 610 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di era serba smart seperti sekarang, sangatlah langka untuk menemui seseorang yang tidak memiliki sebuah perangkat pintar atau smartphone. Salah satu distributor yang terkenal di Indonesia adalah Xiaomi. Tentunya agar gadget selalu up to date, update perlu dilakukan secara rutin. Xiaomi merupakan salah satu perusahaan yang cukup baik dan selalu memberikan kuisioner pada konsumen setelah meluncurkan update terbaru agar mengetahui pendapat konsumen yang membantu menjaga kualitas produk mereka. Namun, apa pun tipe HP Xiaomi yang Anda miliki, kegagalan saat meng-update adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Ada faktor yang memicu terjadinya hal ini, bisa memang karena kesalahan teknis, bisa jadi kesalahan pengguna juga.


Di bawah ini saya akan mengulas alasan mengapa update pada HP Xiaomi Anda bisa gagal.



Alasan Kegagalan Update HP Xiaomi


Tipe HP Xiaomi apa pun selalu menggunakan sebuah bloatware (aplikasi bawaan) yang disebut MIUI pada smartphone nya. Karena mencakup hampir semua aspek user interface dari smartphone, seperti menambahkan gesture untuk mencari aplikasi atau membuka kamera  intefarce dan mempunyai gaya yang berbeda untuk sistem aplikasinya seperti pengaturan dan kamera, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar dan berat untuk ponsel. Jadi, setiap kali versi baru dari android diperkenalkan, Xiaomi harus bekerja dan mendesain kembali serta menyesuaikan aplikasinya untuk setiap smartphone yang dia miliki. Melakukan hal itu membutuhkan banyak waktu, uang dan tenaga. Dan sepertinya  Xiaomi mempunyai begitu banyak ponsel di pasaran, itu tidak mungkin untuk Xiaomi secara teratur melakukan update untuk semua smartphone nya. Sementara ponsel Motorola dan produsen ponsel pintar lainnya tidak menggunakan aplikasi bawaan pada smartphone nya. Motorola menggunakan sistem operasi android (yang mempunyai versi) yang dirilis oleh Google, dimana hanya mempunyai sedikit kekurangan. Jadi, sangatlah mudah bagi Motorola untuk meng update smartphone nya secara teratur




Selain itu, Xiaomi memiliki banyak tipe ponsel pintar di pasaran dibandingkan dengan Motorola. Sehingga dibutuhkan banyak pekerjaan bagi Xiaomi untuk meng update semua ponselnya secara teratur,  tetapi Motorola hanya mempunyai sedikit pekerjaan dibandingkan Xiaomi karena Motorola tidak memiliki banyak smartphone di pasaran. Lalu, apa pun tipe HP Xiaomi yang Anda gunakan, baik yang termurah, mau pun HP Xiaomi terbaik sekali pun, jika Anda menggunakan ROM abal-abal, kemungkinan gagal update bisa saja terjadi. HP Xiaomi terbaik dan termahal sekali pun akan mengalami kegagalan saat update jika Anda menggunakan ROM abal-abal. Hal ini terjadi karena penggunaan ROM abal-abal membuat fungsi update yang tersedia di menu updater pada ponsel Xiaomi Anda tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan proses update Anda menjadi gagal.


Ada pun metode yang biasanya digunakan untuk melakukan pembaharuan MIUI ROM di smartphone Xiaomi adalah upgrade via OTA (over the air). Tapi sayangnya, metode ini tidak terjamin seratus persen pasti berhasil. Pada kasus-kasus tertentu, upgrade dengan cara ini bisa saja gagal. Namun tenang saja, masih ada solusi lain untuk masalah tersebut. Selain dengan OTA, masih memungkinkan bagi Anda untuk melakukan upgrade secara manual. Apakah yang dimaksud upgrade manual? Upgrade manual ini adalah cara mengupdate ponsel Anda dengan mendownload langsung ROM versi terbaru di situs MIUI dan setelah Anda memiliki file upgrade tersebut, baru Anda install file tersebut ke smartphone Anda sebagai update-nya. Tak lama ini, Xiaomi sudah merilis versi terbaru untuk MIUI, yaitu MIUI 8 dan tak jarang orang mengalami kegagalan saat berniat mengupdate ponsel Xiaomi mereka dengan metode OTA. Untuk mengatasi hal itu, di sini saya akan memberikan tips dan trik mengenai cara mengupdate ponsel pintar Anda secara manual. Anda bisa mendownload data MIUI 8 dan menginstall nya ke beberapa tipe smartphone Xiaomi, namun sayang nya masih ada beberapa model yang belum kebagian upgrade terbaru ini.


Di bawah ini adalah smartphone Xiaomi yang bisa upgrade MIUI 8 Global Stable secara manual : 

  • Xiaomi Redmi 2
  • Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Xiaomi Redmi Note 3 Qualcomm
  • Xiaomi Redmi Note 3 Special Edition
  • Xiaomi Redmi Note 2
  • Xiaomi Redmi Note Prime
  • Xiaomi Redmi 3
  • Xiaomi Redmi 3S
  • Xiaomi Redmi 3S Prime
  • Xiaomi Mi 2S
  • Xiaomi Mi 3
  • Xiaomi Mi 4
  • Xiaomi Mi 5
  • Xiaomi Mi Note
  • Xiaomi Mi Max 32GB


Selamat jika ponsel Anda termasuk tipe yang ada di dalam daftar di atas, karena berarti smartphone Anda siap dan mampu melakukan update secara manual. Sebelum Anda melakukan apa pun pada ponsel Anda, hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah memback-up seluruh data yang ada di dalam smartphone Xiaomi Anda, terutama file-file yang penting. Hal ini harus dilakukan sebagai antisipasi agar Anda tidak kehilangan data Anda jikalau ternyata ada kesalahan saat proses update berlangsung atau bahkan update yang Anda lakukan gagal. Lalu Anda juga harus memperhatikan dan pastikan ponsel Anda berada dalam mode unlocked karena proses update dengan cara ini akan berjalan melalui recovery.


Selanjutnya ikuti panduan yang akan saya berikan ini. Pertama, Anda harus mendownload file update MIUI 8 dari PC atau laptop Anda dan jangan lupa untuk mendownload data yang sesuai dengan tipe handphone Xiaomi Anda. Setelah data sudah terdownload, sambungkan smartphone Anda ke PC atau laptop Anda dengan menggunakan kabel data Anda, lalu copy dan paste file MIUI 8 yang tadi Anda download ke penyimpanan internal ponsel Anda (root directory). Setelah data terkopi secara sempurna, matikan ponsel Anda dan akses mode recovery dengan cara memencet tombol tambah volume dan tombol power di saat yang bersamaan. Anda bisa menggunakan tombol tambah atau kurangi volume untuk menggerakkan kursor ke atas dan ke bawah, sedangkan untuk menentukan pilihan Anda bisa menggunakan tombol power.


Setelah Anda berhasil mengakses mode recovery, silahkan memilih bahasa yang akan Anda gunakan, lalu pilih opsi install update.zip ke sistem ponsel Anda. Selanjutnya, lakukan konfirmasi install > updating > update completed. Setelah itu pilih reboot to system, kemudia ponsel Anda akan melakukan booting ke MIUI 8 Global Stable yang baru saja Anda install. Jika langkah ini berhasil, maka akan muncul interface Mi Recovery baru pada layar smartphone Anda dan akan terdapat pilihan "choose update package" pada aplikasi updater. Kemudian pilih opsi download > chooses files > file zip recovery MIUI 8 > OK dan sistem akan melakukan reboot secara otomasis. Dan selamat~ Ponsel Xiaomi Anda pun telak secara sukses di-upgrade ke MIUI 8 Global Stable!


Update MIUI 8 merupakan update yang cukup besar untuk smartphone Xiaomi karena dirilis secara bersamaan dengan peluncuran Mi Max dan Mi Band 3. Para pencinta ponsel Xiaomi pun sudah sangat menanti-nanti update terbaru ini untuk mencoba aplikasi juga fitur-fitur terbaru yang disajikannya. Ada banyak fitur baru diperkenalkan termasuk desain aplikasi yang baru pada -waktu MIUI 8 diluncurkan. Ada nya fitur baru seperti kemampuan mengambil scrolling screenshot, kemampuan login dua akun Whatsapp berbeda, dan juga tambilan baru user interface MIUI 8 sungguh mengundang user experience yang baru bagi pengguna MIUI 7 dan pendahulunya. Salah satu fitur baru yang wajib Anda coba adalah aplikasi phone. Ini merupakan salah satu aplikasi basic yang dirombak oleh Xiaomi dengan tampilan baru, seperti saat menerima panggilan telpon, foto orang yang menelpon Anda akan tampil dengan layar penih dan akan muncul tiga soft-button untuk Anda pilih. Hal ini amat berbeda dengan versi-versi sebelumnya dan merupakan perubahan baru yang fresh pada MIUI Anda.




Xiaomi memang populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau dak kualitas yang bagus. Namun, sebagus apa pun HP Xiaomi yang Anda pakai, kegagalan saat update adalah hal yang bisa terjadi pada semua tipe HP. Bahkan, HP android biasa pun bisa mengalaminya. Di atas, saya sudah menjelaskan faktor-faktor yang memungkinkan kegagalan tersebut, juga memberikan alternatif lain mengupdate HP Xiaomi Anda selain dengan OTA. Jika kegagalan masih terjadi, mungkin ada baiknya Anda membawa HP Anda kepada tempat service untuk dilihat karena bisa jadi ketidaktahuan yang menyebabkannya. Semoga bermanfaat!

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang