Mengapa roda kereta api terbuat dari logam?

Dilihat 2 rb • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya termasuk orang yang suka naik kereta api jika akan pergi ke luar kota. Saya pikir lebih nyaman dan lebih cepat. Bahkan, sekarang kereta api di Indonesia sudah jauh lebih nyaman daripada beberapa tahun belakangan. Pelayanan dari PT Kereta Api Indonesia sudah meningkat dengan pesat. Kini, kita tidak perlu berdesak-desakan dengan para pedagang keliling di dalam kereta api, dan dalam kereta ekonomipun kini sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Dan yang paling penting keberangkatan dan kedatangan yang lebih tepat waktu. pemesan tiket juga sekarang dipermudah kamu tinggal pesan secara online saja sehingga tidak usah antri di loket pembayaran. PT Kereta Api Indonesia sekarang sedang memperbaiki kinerjanya untuk meningkatkan pelayanan sebaik mungkin dengan menjamin keselamatan para penumpang dan mengikis resiko kecelakaan.


kereta api terbagus


Roda Kereta Api Terbuat dari Logam


Mengapa Roda kereta api terbuat dari logam? bukan dari karet yang seperti kendaraan-kendaraan darat lainnya, Jika anda juga termasuk orang sering naik kereta api atau melihat kereta api, pastinya tahu bahwa kereta api merupakan transportasi massal satu-satunya yang mempunyai jalur khusus. Bahkan mempunyai jalan tersendiri yang disebut rel. Rel sendiri adalah logam batang untuk landasan jalan kereta api atau kendaraan sejenis seperti trem dan sebagainya. Seperi halnya rel kereta yang terbuat dari besi, roda kereta pun juga terbuat dari besi. Mengapa demikian ? Karena antara roda besi dan rel yang juga terbuat dari besi memiliki gesekan kecil. Hal itulah yang membuat laju kereta lebih cepat daripada kendaraan umum lainnya bahkan tercepat.


Tapi kenyataan lainnya adalah seluruh komponen itu merupakan sistem yang dapat dihandalkan: roda besi terpasang pada as besi; dua as pada kerangka kaku (disebut "truck" disini di Amerika); bentuk corong untuk jalannya roda dan permukaan miring pada lintasan yang terkait; lintasan rel yang keras dan mulus; kayu-kayu di rel untuk menjaga posisi lintasan dan menyalurkan beban ke tanah; batu-batu besar dengan ujung yang runcing di bawah kayu untuk memberikan pondasi yang tidak lembek saat hujan. Roda besi memberikan gesekan yang kecil dan mereka adalah bagian dari sistem handal yang lebih besar.


roda kereta api

Permukaan roda tidak silinder bundar, tapi agak berbentuk corong sehingga jalannya kereta api selalu ada getarannya.Sebagaimana as dengan roda corongnya bergulir pada lintasan lurus, jika roda itu sedikit bergeser dari tengah, maka satu roda bergulir sedikit lebih jauh, akibatnya roda-roda tersebut disetir kembali ke posisi tengah. 

Saat di belokan, roda-roda itu mengarah pada posisi dimana bagian terluar roda bergulir pada diameter yang lebih besar dan menjangkau jarak yang lebih jauh, sesuai yang dibutuhkan. Pinggiran roda adalah sebuah sistem pengaman cadangan untuk menjaga agar roda tetap di lintasan rel. Dua buah as ada pada kerangka yang kaku, adalah sistem pengaman cadangan lainnya untuk menjaga semua komponen tetap lurus. Peranan masinis dalam mengemudikan kerata api adalah sebagai kepala perjalanan untuk mempercepat, memperlambat, atau menghentikan kereta api dan mengkuti atau mematuhi sinyal kereta api yang dijalankannya. Masinis juga sebagai pemantau agar lajur yang digunakan tidak melenceng dan memberikan peringatan jika ada bahaya.


Rel kereta api perlu adanya perawatan dan pengawasan rutin pada rel kereta api oleh PT Kereta Api Indonesia untuk menjaga rel tetap aman untuk dilewati kereta. Karena, pada beberapa kasus kecelakaan kereta api di Indonesia, adalah karena roda kereta tergelincir dari rel. Seperti pada kecelakaan kereta Commuter Line rute Bogor-Jakarta di Stasiun Cilebut, Bogor (4/10/2012) Saat hendak masuk ke stasiun Cilebut, gerbong tiga KRL itu anjlok, keluar jalur dan menghantam peron yang ada di sisi kereta. Insiden tersebut disebabkan gompalnya jalur rel kereta sepanjang 20cm. 


Kereta Api Tercepat
Seiring kemajuan teknologi kereta cepet saat ini mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 603km/jam. Hal ini untuk memuaskan pengguna kereta api sehingga transportasi ini bisa diandalkan untuk menempuh perjalanan dengan kecepatan yang maksimal sayang kereta api tercepat belum ada di Indonesia.


kereta api Indonesia


Negara yang terdapat kereta api tercepat yaitu negara Jepang yang memilki kereta api tercepat di dunia. Kereta api di Jepang menggunakan magnet. Pada rel kereta tidak sekadar jalur bagi lokomotif dan gerbongnya, tapi juga hamparan baja yang bisa jadi medan magnet. Medan magnet adalah area maya yang terbentuk akibat adanya gerakan muatan listrik. Secara makro, medan magnet biasa ditemui di kabel dan peralatan elektronik. Ada juga Kereta api tercepat di dunia juga dilengkapi dengan pergerakan elektron dalam orbit atom, yang disebut medan magnet mikro sehiggan kereta ini mampu bergerak dengan kecepatan yang luar biasa. 

Kereta api dengan kecepatan tertinggi atau High Speed Train mungkin belum secepat pesawat terbang namun saat ini banyak negara menggunakan transportasi ini untuk menghubungkan kota yang satu dengan kota lainnya. Kereta api dengan kecepatan tertinggi memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pesawat terbang, bus, atau mobil pribadi diantaranya lebih nyaman dan lebih murah bila dibandingkan dengan pesawat terbang, bebas macet, jarak tempuh lebih cepat jika dibandingkan dengan bus atau mobil pribadi. Wah.... sungguh keren.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang