Mengapa saya merasa pusing setelah dipijat terlalu lama?

Dilihat 1,86 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Masalah yang terjadi dalam hidup seringkali membuat pikiran penat, entah itu masalah di pekerjaan ataupun masalah rumah tangga. Rasa penat tersebut kerap disertai dengan rasa pusing. Biasanya ketika pusing menyerang, orang akan memutuskan untuk meredahkan rasa sakitnya dengan cara dipijat. 


Akan tetapi, tak jarang rasa pusing muncul setelah menjalani sesi pemijatan, yang memang dapat menimbulkan rasa waswas. Terlebih lagi karena pada umumnya, orang mengunjungi tempat pijat untuk menghilangkan rasa penat pada badan. Ketika rasa penat tersebut malah tergantikan dengan rasa pusing, tentunya hal tersebut akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri.


cara ampuh menghilangkan pusing

Tapi sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena kemungkinan besar, rasa pusing tersebut bukan diakibatkan dari aktifitas pijat yang baru anda jalani, melainkan karena kondisi - kondisi lainnya. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa pusing dan di sini saya akan jabarkan kemungkinan - kemungkinan penyebab pusing yang anda rasakan serta cara mengatasinya.



Penyebab Pusing Setelah Dipijat


Apakah yang anda rasakan adalah rasa pusing, ingin pingsan atau pening? Ada perbedaan antara ketiga hal tersebut. Pingsan/pening kadangkala adalah respon yang wajar, tergantung dari banyak faktor. 


Tapi, saya telah melakukan pijat saraf yang mendalam selama 20 tahun dan rasa pusing bukanlah gejala yang sederhana. Anda harusnya tidak sering merasa pusing setelah pijat saraf yang mendalam. Jadi, kemungkinan besar rasa pusing anda disebabkan oleh hal lain.


penyebab pusing

Beberapa kemungkinan penyebab pusing yang ada rasakan adalah:


  • Kadar gula anda terlalu rendah atau anda makan sesuatu yang tidak biasa sebelum sesi pemijatan. Saya pernah melihat kejadian ini. Jangan pernah dipijat saraf secara mendalam saat perut kosong atau sangat kenyang. Sebagian manfaat sirkulasi darah yang ditimbulkan oleh pemijatan itu semacam melakukan latihan yang sangat ringan dan saya juga tak merekomendasikan berlatih di saat perut kosong/kenyang karena kondisi lapar merupakan salah satu penyebab pusing.
  • Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala sebagai akibat dari berkurangnya sirkulasi darah ke otak. 
  • Apakah ada obat-obatan yang membuat anda pusing? Efek sampingnya bisa muncul saat pemijatan (hal ini jarang terjadi, tapi bukannya tidak mungkin).
  • Anda bernafas terlalu cepat. Bernafas terlalu cepat dapat menyebabkan pusing karena hal tersebut memicu perubahan kadar karbondioksida dalam darah.
  • Jika anda penderita hipertensi leher/fascia, pemijatan yang tidak tepat atau salah metodenya justru akan memperparah
  • Apakah anda sedang flu atau semacamnya? Rasa pusing merupakan salah satu gejala umu dari flu. Jadi jika anda sedang flu ketika dipijat, bisa jadi rasa pusing yang anda rasakan dikarenakan flu yang sedang anda alami saat itu.
  • Ada masalah neurologi/vestibular. Rasa pusing yang kamu alami juga bisa dikarenakan oleh vertigo sebagai akibat dari adanya kelainnan vestibular.
  • Anda terlalu banyak dipijat di sistem saraf. Cobalah pemijatan yang lebih lembut. Pijat yang mendalam bukan berarti lebih baik. Dalam kasus ini, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan ahli medis agar mendapatkan penanganan yang tepat.


Cara Mengatasi Pusing


Meskipun rasa pusing pada kepala jarang menimbulkan dampak yang serius, hal tersebut tentunya membuat anda merasa sangat tidak nyaman. Terlebih lagi jika aktifitas harian anda sampai terganggu karena masalah ini. Untuk menanganinya, ada beberapa cara mengatasi pusing yang dapat anda lakukan agar dapat dapat kembali beraktifitas dengan nyaman.


cara mengatasi pusing


  • Tingkatkan asupan cairan bagi tubuh. Rasa pusing yang anda alami bisa dikarenakan oleh dehidrasi sehingga untuk mengatasinya anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda.
  • Hentikan konsumsi minuman  yang mengandung kafein. Konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan pusing. Oleh karena itu, hindari konsumsi minuman berkafein karena hanya akan memperparah pusing yang anda rasakan.
  • Hentikan atau ganti obat yang anda gunakan. Jika anda sedang mengkonsumsi obat tertentu, ada kemungkinan bahwa obat tersebut yang membuat anda merasa pusing. Dalam kasus ini, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah tersebut.
  • Makan. Hal ini memang kelihatannya sederhana, tapi dapat menjadi salah satu cara mengatasi pusing yang efektif kalau kamu memang melewatkan jadwal makanmu. Tapi pastikan kamu makan dengan asupan yang berimbang.



Kalau kamu merasa pusing setelah dipijat, coba lihat apakah kondisimu memenuhi salah satu dari penyebab pusing di atas. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, selama ini sebagian besar orang yang pingsan atau merasa pusing mengatakan bahwa mereka saat itu belum makan atau sengaja melewatkan jadwal makan mereka. 


Tapi jika rasa pusingmu tidak kunjung hilang, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab rasa pusing yang kamu alami.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang