Mengapa saya murung sebelum periode haid saya?

Dilihat 2,12 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Penyebab kemunculan sindrom prahaid atau PMS ini belum sepenuhnya bisa dijelaskan oleh dunia kedokteran. Bagaimanapun, berbagai teori bermunculan misalnya yang mengaitkan PMS dengan faktor hormonal di mana telah terjadi ketidkaseimbangan hormon antara progesteron dan estrogen. 


Di sisi lain, ada yang beranggapan bahwa kelebihan estrogenlah yang memicu terjadinya PMS. Beberapa penelitian terbaru sedang gencar dilakukan untuk meneliti perbedaan genetik pada sensitivitas reseptor dan sistem pembawa pesan yang mengonfirmasikan pengeluaran hormon seks di dalam sel. Jadi, memang sangat pas kepanjangan pms untuk menjelaskan gejala ini.

 

Gejala-gejala umum yang sering dialami antara lain murung, depresi, sensitif secara berlebihan dan pusing dalam waktu kira-kira dua minggu sebelum haid. Ini sebenarnya sangat dimungkinkan dan riset menunjukkan bahwa sekitar 40 persen wanita berumur antara 14 sampai 50 tahun mengalami PMS. 


Faktor-faktor psikologis ditengarai juga turut berperan di dalam timbulnya PMS seperti adanya gangguan perasaan, faktor kejiwaan, faktor serotonin dan juga masalah sosial yang sedang dialami oleh penderita.


pms 1


Sekarang coba kita simak beberapa faktor yang meningkatkan resiko terjadinya PMS. 


Faktor risiko pertama adalah wanita yang sebelumnya pernah melahirkan. PMS ini semakin parah jika dikomplikasi oleh antara lain toksima. 


Faktor kedua adalah status perkawinan di mana penelitian menunjukkan bahwa wanita yang sudah menikah memiliki kecenderungan lebih besar mengalami PMS dibandingkan wanita yang belum menikah. 


Selanjutnya, usia juga berpengaruh di mana kelompok umur 30 sampai 45 tahun memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi di samping juga faktor stres.  


Faktor ketiga yang tampaknya perlu diperhatikan oleh para penderita PMS adalah diet atau pola makan. Jika Anda merasa berada dalam kelompok yang berisiko tinggi mengalami PMS cobalah untuk mengurangi konsumsi gula, kopi, teh, coklat dan minuman bersoda untuk sementara waktu. 


Beberapa penderita PMS melaporkan mengalami penurunan gejala PMS setelah mereka melakukan diet sehat selama kurang lebih satu atau dua minggu. Di sinilah pentingnya seseorang memahami arti pms


pms 2



Apa itu Premenstrual Syndrome


Istilah PMS atau premenstrual syndrome tentu tidak asing lagi bagi kaum wanita, dengan kata lain hampir semua wanita paham kepanjangan pms namun tidak semua paham secara detail apa sih PMS atau dalam bahasa Indonesianya sindrom prahaid itu. 


Arti pms menurut kamus kedokteran adalah sekumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang berkaitan dengan siklus menstruasi seorang wanita. Dikabarkan juga bahwa 80 persen sampai 95 persen wanita usia subur mengalami gejala-gejala prahaid yang bisa mengganggu aktivitas sehari-harinya. 


Dijelaskan lebih lanjut lagi, gejala-gejala ini bisa terjadi secara teratur dua minggu sebelum periode mensturasi. Gejala ini bisa hilang setelah terjadi perdarahan tetapi tidak menutup kemungkinan berlanjut setelahnya. Untuk wanita berumur antara 20 sampai 35 tahun, sindrom pra menstrual ini bisa berpengaruh besar sehingga membuat mereka harus beristirahat total dari segala aktivitas termasuk aktivitas kantor dan bersekolah. 


pms 3


Penderita PMS sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin terutama B6, vitamin E, C, magnesium, seng, mangan, asam lemak linoleat, dan zat besi. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa mengikis habis sediaan vitamin di dalam tubuh seperti merokok dan minum alkohol wajib dihentikan.  


Sekarang kita beralih ke tipe-tipe PMS


Yang pertama sebut saja PMS tipe A (anxiety) di mana pasien mengalami rasa sensitif, cemas, tegang saraf dan perasaan labil. 


Gejala ini muncul lantaran adanya gangguan pada keseimbangan hormon dan para dokter biasanya memberikan asupan hormon perogesteron untuk mengurangi gejala. Sebenarnya penderita PMS A ini sering terbukti kekurangan vitamin B6 dan magnesium sehingga dokter menganjurkan agar mereka mengonsumsi makanan kaya serat dan mengurangi minum kopi.


Selanjutnya ada PMS tipe D (atau depression) yang ditandai gejala ingin menangis, lemah, gangguan tidur, bingung, sulit dan susah berkata-kata. Biasanya tipe D ini beriringan dengan tipe A. 

Penanganannya sama yaitu memberi asupan gizi yang lebih kepada pasien terutama makanan yang kaya vitamin, mineral dan berserat.  


pms 4



Kram Pramenstruasi dan Perubahan Mood Saat PMS


Kram pramentstruasi biasanya terjadi pada hari pertama atau sehari sebelum menstruasi. Wanita mengeluhkan sakit pada perutnya. Tidak semua kram perut terkategori sebagai PMS meski gejalanya sering muncul bersamaan dengan gejala PMS. Kram di masa haid atau orang biasa menyebutnya nyeri haid sering menyebabkan gangguan nyeri yang luar biasa yang disebut dismenorea. Inilah yang sering menyebabkan wanita harus beristirahat total dari aktivitas sehari-harinya. 


Pengobatan PMS yang diberikan oleh dokter biasanya berupa diuretika untuk mengatasi edema atau pembengkakan pada jaringan tubuh. Memahami arti dan kepanjangan pms sangat membantu kaum wanita memahami gejala kram yang sedang dialaminya.  


Mood berubah saat PMS sangat sering dialami oleh wanita yang sedang mengalami PMS. Moody banget alias mood mudah berubah. Seperti dijelaskan di atas, terjadinya ketidakseimbangan hormon membuat wanita menjadi labil emosinya dan sensitif perasaaannya. Untuk itu pasangan atau orang-orang terdekat dari si wanita harus memberikan kenyamanan dan menunjukkan rasa pengertian yang baik. 


Jadi ada baiknya kita semua mengerti arti pms untuk membantu mereka melewati masa-masa yang kurang mengenakkan ini.  


Hal-hal yang perlu kita lakukan antara lain menjaga perasaan, tidak memberikan sesuatu yang bersifat kejutan, tidak memasukkan dalam hati kata-kata yang tidak mengenalkan dari si wanita, dan mencoba berempati lebih dalam. PMS akan lewat dengan sendirinya dan satu hal lagi bahwa kita perlu mendorong penderita PMS untuk menjalani hidup sehat dengan pola makan yang sehat.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang