Mengapa temperatur tubuh pada umumnya naik saat demam?

Dilihat 442 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Biasanya kita mengalami demam ketika sebuah patogen (seperti virus rhino) mencoba menyerbu tubuh kita. Sekarang, banyak orang yang akan berpikir kalau patogen tersebutlah yang menyebabkan demam. Daripada, sistem imun mu sendiri yang menyebabkan demam. Dimanapun patogen mencoba menginfeksi tubuhmu, ia ditolak oleh sistem imun. Ada dua tipe imunitas. 

  1. Imunitas bawaan
  2. Imunitas yang didapat

Imunitas bawaan adalah imunitas dimana imunitas ini sudah ada sejak kita lahir yaitu bawaan selagi mendapatkan imunitas yang didapatkan adalah imunitas yang kita dapatkan melalui hidup. Ada empat pembatas dasar yang melawan bakteri atau virus apapun dalam imunitas bawaan kita. Pembatas-pembatas tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pembatas antomik
  2. Pembatas fisiologis
  3. Pembatas fagositis
  4. Pembatas inflamasi

  • Pembatas anatomik itu termasuk kulit dan membran mukus kita.
  • Pembatas fisiologis itu termasuk faktor-faktor fisiologis.
  • Pembatas fagositis yang membawa tentang bakteri penyerbu fagositis.
  • Dan akhirnya, pembatas inflamasi yang membawa inflamasi disekitar bagian yang terinfeksi atau cedera.

Sekarang, demam ada pyrexia datang dibawah pembatas fisiologs. Pembatas fisiologis seperti temperatur tubuh, pH dan sekresi tubuh yang mencegahpertumbuhan banyak patogen penyerbu. Ketika patogen menyerbu tubuh kita, tubuh bereaksi dengan meningkatkan temperaturnya. Ketika temperatur tubuh kita ditingkatkan, menghambat pertumbuhan lebih lanjut banyak patogen, karena mereka tidak bisa di reproduksi dengan temperatur yang tinggi. Karena itu, demam itu bukan apa-apa tapi cara tubuhmu melindungi dirinya sendiri dari patogen yang berbahaya.


Singkatnya; temperatur tubuh meningkat selama demam untuk menghambat pertumbuhan patogen lebih lanjut.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang