Mengapa Xiaomi begitu populer?

Dilihat 2,97 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seiring perayaan ulang tahun ke-5 Xiaomi hari ini, mari kita lihat dan cari tahu mengapa perusahaan ini begitu populer diantara lainnya.


Saat Cina mulai melakukan reformasi, dari pabrik peniru perusahaan EU & US menjadi sebuah perusahaan manufaktur barang-barang dengan harga terjangkau yang memiliki kualitas, yang dulunya ada celah yang harus diisi oleh beberapa perusahaan Cina. Seperti contohnya, TaoBao (Amazon), QQ (Viber, Messenger, dll..), Huawei (Ericsson), ZTE (Alcatel Lucent) dll dll. Pada akhirnya para pemain pasar yang dominan ini berkumpul dan saat itu kondisi pasar masih mudah dalam menerima manufaktur Smartphone lainnya, di saat itulah Xiaomi menyerang.


Xiaomi memulai bisnisnya berbasis pada mobile phone yang populer yaitu Xiaomi Mi1, yang dirilis pada tahun 2011 dengan sistem operasi MIUI kebanyakan untuk mengisi perbedaan antara layanan-layanan yang digunakan di EU & US dengan layanan yang digunakan di Cina, dan tentu saja dimasukkan ke dalam layanannya. Setelah itu Xiaomi merilis beberapa smartphone berbasis MIUI dan produk-produk teknologi lainnya seperti Smart TV, Smart Pedometer, Smart Blood Pressure Meter, Smart Action Camera tapi tidak terbatas pada itu saja.


Xiaomi menjadi terkenal karena sebenarnya dulu itu semuanya adalah tentang nama brand yang ingin mereka ciptakan. Mereka menjual smartphone pertamanya hampir tak ada harganya dan mereka hanya menggunakan media sosial dan forum untuk pengiklanan. Mereka menjaga produknya paralel dengan kualitas yang ditawarkan oleh perusahaan terkenal lainnya namun harganya kadang-kadang bahkan lebih murah 50%, selagi MIUI masih sangat bagus dan masih mendapatkan review yang sangat bagus. MIUI membuat banyak konsumen untuk membeli perangkat Xiaomi lagi karena seringnya update dan dukungan.


Jadi Xiaomi menjadi terkenal karena kualitasnya/harganya (bernilai untuk uang yang dikeluarkan) dan brand-nya yang sekarang memiliki banyak produk-produk yang berbeda. Saya pengguna Xiaomi Mi Band, yang harganya hanya sekitar 14 Euro dan ini salah satu pembelian terbaik yang pernah saya lakukan.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang