Apa saja negara paling indah di Asia Tenggara menurut Anda?

Dilihat 1,03 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

negara paling indah di asia tenggara


Negara-negara di Asia sudah lama terkenal sebagai negara tujuan pariwisata dengan pemandangan alam yang sangat indah. Bahkan negara kita Indonesia dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa karena keindahan gugusan pulau-pulaunya. Semua orang di seluruh dunia juga mengetahui bahwa Bali adalah pulau wisata yang sangat mengagumkan.


Mungkin setelah melihat keindahan alam Indonesia, Anda jadi bertanya-tanya apakah negara dengan pemandangan terindah di Asia Tenggara? Apakah ada keindahan alam yang melebih alam Indonesia kita?


Jika ditanyakan mengenai negara paling indah di Asia Tenggara, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut karena setiap negara pasti memiliki keindahan dan ciri khasnya masing-masing. Selain itu, setiap orang pasti beranggapan bahwa tanah kelahirannya adalah yang terbaik.


Masalah ini tidak bisa diperbandingkan seperti sebuah perlombaan, apa yang ditawarkan oleh Thailand tentu berbeda dengan wisata di Indonesia. Meskipun memang pada kenyataannya beberapa negara lebih baik daripada negara lainnya :D


Nah, sebelum saya memberikan jawaban yang adil mengenai negara terindah di Asia Tenggara menurut pendapat saya, mari kita lihat kelebihan dan keindahan dari beberapa negara berikut!



Negara-Negara di Asia Tenggara Dengan Pemandangan Terindah



Berdasarkan beberapa artikel yang pernah saya baca, para turis membagi negara yang ingin mereka kunjungi berdasarkan pada apa yang ingin mereka lakukan di negara tersebut. Jadi selain keindahannya, para turis juga mempertimbangkan kelebihan dari tiap negara, seperti makanan, masyarakat, dan iklimnya.


Langsung saja kita bahas beberapa negara paling indah di Asia Tenggara berikut:


negara paling indah di asia tenggara


  • Indonesia


Sebagai orang Indonesia, tentu wajar apabila saya memasukkan Indonesia dalam urutan pertama, kan? :D

Banyak wisatawan asing yang juga setuju bahwa Indonesia adalah pilihan pertama mereka dalam menentukan negara tujuan pariwisata. Di mata dunia, Indonesia memiliki pantai-pantai, lokasi scuba diving, dan gunung-gunung berapi yang sangat menawan. 


Sebuah situs mengulas bahwa kelebihan Indonesia adalah kopi yang enak, lingkungan yang tenang, pernak-pernik dan budaya yang beragam, dan pemandangan yang sangat indah. Lokasi yang paling mereka kenal tentu saja tempat-tempat di Bali, Kepulauan Raja Ampat, dan Pulau Komodo. Namun belakangan ini para peselencar juga mulai mengunjungi Banyuwangi karena telah ditemukan pantai dengan ombak yang sangat luar biasa.


Mengenai keindahan Indonesia, media asing mengatakan bahwa alam di Indonesia tampak seperti sebuah rekayasa komputer atau editan Photoshop. Semua tempat seperti diterangi oleh lembutnya cahaya matahari, semakin menonjolkan keelokan alam Indonesia. Wajar bila Indonesia adalah salah satu negara paling Indah di Asia Tenggara bukan?


negara paling indah di asia tenggara


  • Brunei Darussalam


Negara selanjutnya adalah Brunei Darussalam. Negara mungil yang kaya akan minyak ini memang bukan tujuan wisata favorit para wisatawan mancanegara mengingat bahwa Brunei adalah negara Islam dan tidak sebebas negara lainnya di Asia Tenggara. Selain itu karena ukurannya yang mungil, Brunei tidak memiliki banyak pilihan tempat wisata.


Para turis menyebutkan bahwa Brunei adalah negara yang sunyi dan membosankan, namun sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin melarikan diri dari keramaian dan ingin menenangkan diri sendirian.


Bukan berarti di Brunei tidak ada apa-apa, lho! Di Brunei ada Kampong Ayer yang wajib dikunjungi jika kita berada di sana. Kampong Ayer adalah desa bersejarah yang berada di atas air dan merupakan yang terbesar di dunia. Selain itu, Brunei juga memiliki kawasan hutan hujan yang sekaligus merangkap sebagai kawasan konservasi.


negara dengan pemandangan terindah di asia tenggara


  • Laos


Laos merupakan salah satu negara yang paling tertinggal di Asia Tenggara, apabila dibandingkan dengan Singapura. Indonesia, dan Malaysia. Meskipun demikian, Laos adalah negara yang sangat indah karena banyak lokasi yang masih belum terjamah kejamnya tangan modernisasi.


Laos sudah lama disebut sebagai salah satu negara dengan pemandangan terindah di Asia Tenggara, bahkan sebuah kota kuno di Laos yang bernama Luang Prabang sekarang merupakan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO.


Ada apa saja di Laos? Karena banyaknya hutan, Laos menawarkan petualangan di alam liar bersama hewan-hewannya, menikmati kawasan sungai, delta, dan bebatuannya, juga mandi matahari di tepi pantai. Para wisatawan menyebutkan bahwa Laos adalah negara yang sangat indah dan tenang, sampai-sampai mereka dapat tertidur nyenyak saat berjemur. 


Aktifitas yang dapat dilakukan di Laos kebanyakan berhubungan dengan air seperti kayaking, diving, tubing, dan penjelajahan gua-gua.


negara paling indah di asia tenggara


  • Malaysia


Terlepas dari segala permasalahan Indonesia dengan Malaysia, kita harus tetap mengakui bahwa Malaysia juga merupakan sebuah negara yang indah. Malaysia adalah negara tujuan wisata paling menarik nomor satu untuk para wisatawan muslim dari seluruh dunia, diikuti oleh Singapura.


Malaysia tidak terlalu diminati oleh wisatawan dari Amerika, padahal Malaysia menawarkan aktifitas wisata yang tidak kalah menariknya dari Indonesia. Negara tetangga kita ini terkenal akan hutan hujan tuanya yang masih terjaga, hewan-hewan langkanya, petualangan safari, namun tetap menawarkan pengalaman berbelanja kelas satu yang mewah.


Pada dasarnya, aktifitas yang bisa dilakukan di Malaysia tidak terlalu berbeda dengan Indonesia, mengingat bahwa kita adalah tetangga dekat, bahkan 'menempel' dan 'berbagi' Kalimantan.


negara paling indah di asia tenggara


  • Filipina


Filipina adalah negara kepulauan yang juga terkenal bagi wisatawan asing, terutama dari Amerika. Banyak dari mereka yang memilih untuk mengunjungi Filipina karena kemampuan bahasa Inggris mereka jauh lebih baik daripada orang Indonesia, hal ini memberi kemudahan bagi wisatawan asing.


Sama seperti Indonesia, Filipina juga terkenal akan keindahan pulau-pulaunya, danau, dan gunung-gunung yang hijau. Orang atau penduduk Filipina tidak jauh berbeda dengan orang Indonesia. Bedanya, kita tidak ada badai topan :D


Salah satu tempat paling terkenal di Filipina adalah Pulau Palawan, yaitu pulau terbesar dari 7000 pulau yang dimiliki oleh Filipina. Selain itu juga ada Chocolate Hills, sebuah formasi geologi di provinsi Bohol. Formasi ini merupakan kumpulan 1.776 bukit yang tersebar di area seluas 50 km persegi. Bukit ini ditutupi dengan rumput hijau yang akan berubah warna menjadi coklat pada musim kemarau, karena itulah dinamakan Chocolate Hills (Bukit-Bukit Cokelat).


Apakah kamu setuju jika Filipina disebut sebagai negara dengan pemandangan terindah di Asia Tenggara?


negara dengan pemandangan terindah di asia tenggara


  • Kamboja


Meskipun Kamboja belum menjadi negara maju, namun kenyataan bahwa Kamboja adalah negara yang indah tentu tidak dapat disangkal. Negara ini cocok untuk para wisatawan yang ingin mencari ketenangan spiritual, mencari pengetahuan sejarah yang emosional (Genosida di Kamboja), dan kehidupan malam yang gemerlap.


Kita semua pernah mendengar tentang Angkor Wat, kan? Kuil terkenal ini adalah salah satu bangunan keagamaan terbesar di dunia, dan kita pernah melihat bangunan indah ini di film Tomb Raider yang dibintangi Angelina Jolie dan film Indiana Jones yang fenomenal. 


Kekuatan utama pariwisata Kamboja memang terletak pada kuil-kuilnya dan kehidupan tradisionalnya. Namun karena Kamboja masih memiliki banyak hutan, maka kamu juga akan menemukan daerah sejuk yang tanpa polusi.


--


Nah, yang manakah yang merupakan negara paling indah di Asia Tenggara menurut saya? Menurut saya tentu saja Indonesia untuk pemandangan alaminya. Dan sebagai orang yang lahir dan tumbuh besar di Indonesia, tentu tidak ada tempat lain di bumi yang senyaman tanah ini.


Singapura juga merupakan negara yang indah dan nyaman, aman dan tidak ada rasisme di Singapura. Namun, Singapura lebih cocok bagi mereka yang menyukai kehidupan mewah dan gemerlap karena memang mereka adalah negara yang sangat maju dan terkenal akan nightlife-nya.


Wilayah Indonesia yang luas dan kebudayaan yang sangat beragam tentu menjadi nilai tambah yang tidak bisa didapatkan oleh negara-negara lainnya.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang