Merk rokok elektrik apa yang menggunakan bahan yang aman?

Dilihat 1,07 rb • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Beberapa tahun belakangan ini, fenomena tentang rokok elektrik vaping sangat ramai dikalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang beralih dari rokok tembakau biasa ke rokok elektrik karena beranggapan rokok ini jauh lebih aman dan terlihat lebih keren (terutama untuk kalangan remaja). Rokok elektrik dianggap sebagai cara yang lebih aman untuk merokok, tanpa harus menghilangkan kenikmatan merokok itu sendiri. Rokok ini biasanya berbentuk tabung yang memanjang. Prinsip dari rokok elektrik itu sendiri ialah dengan menggunakan cairan, yang kemudian dihangatkan dan berubah menjadi uap ke udara. Rokok elektrik ini dijadikan sebagai alternatif untuk membantu berhenti merokok, inilah yang seringkali menjadi alasan lain bagi para pengguna rokok tembakau untuk beralih menggunakan rokok elektrik ini.

Belum ada penelitian yang pasti mengenai rokok vapor ini sehingga menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun beberapa pihak dari perusahaan rokok elektrik mengklaim bahwa rokok elektrik yang mereka produksi menggunakan bahan yang aman yang tidak berbahaya bagi tubuh. Namun anda tidak perlu khawatir. Di bawah ini akan saya paparkan beberapa jenis rokok elektrik terbaik dengan bahan yang aman.



Jenis Rokok Elektrik Terbaik 

Rokok elektrik memiliki banyak varian rasa buah-buahan serta wanginya yang harum. Merk yang tersedia pun bervariasi sesuai selera, harganya pun berkisar dari yang murah hingga yang paling mahal. Untuk anda yang ingin menjadi pengguna rokok elektrik, anda harus tahu terlebih dahulu seperti apa merk rokok elektrik yang anda pilih dan apakah rokok tersebut cocok dengan anda. Berikut beberapa merk rokok elektrik terbaik yang bisa saya rekomendasikan kepada anda.


1. VaporFi

galena rokok elektrik vaporfi


Merk ini sebelumnya dikenal dengan nama Vapor Zone. VaporFi merupakan salah satu merk rokok elektrik yang terkenal. Merk rokok elektrik satu ini menyediakan beragam model dan jenis rokok elektrik yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. VaporFi merupakan merk rokok elektrik yang terkenal akan daya tahan baterainya yang lama. Dengan produk Express, yang memiliki baterai ukuran lebih besar dan bertenaga, produksi vapor yang dihasilkan sangat banyak. Throat hit yang diberikan cukup substansial namun tidak berlebihan mengingat produk ini merupakan produk yang mirip rokok biasa, tapi hal ini pun dapat disesuaikan tergantung kadar nikotin yang digunakan dalam cartridge. Untuk masalah kualitas, merk yang satu ini tidak pernah main-main dengan itu. Jadi untuk anda yang ingin mencoba menggunakan merk satu ini, dijamin vaporfi tidak akan mengecewakan anda.


2.Epuffer

galena rokok elektrik epuffer


Epuffer menyediakan beragam pilihan yang dapat menarik perhatian pengguna rokok elektrik pemula maupun yang sudah berpengalaman. Tidak hanya e-liquid yang beragam, tetapi juga memberikan beragam pilihan alat. Epuffer memberikan beragam pilihan bentuk yang bisa dipilih sesuai dengan selera anda, selain itu bentuknya yang lebih bergaya daripada rokok elektrik merk lainnya. Untuk pilihan rasa, epuffer memberikan banyak pilihan rasa e-liquid dengan tingkatan nikotin yang ditawarkan pun beragam, sesuai dengan kebutuhan anda.


3. South Beach Smoke

galena rokok elektrik south beach smoke


South Beach Smoke merupakan sebuah perusahaan rokok elektrik dengan tujuan untuk membuat produk rokok elektrik yang simpel dan mudah digunakan sehingga para konsumen bisa menggunakannya dengan nyaman dan tidak ribet. Untuk masalah kualitas, semua merk pasti ingin memberikan yang terbaik untuk produk yang mereka keluarkan, dan hal ini juga sama untuk South Beach Smoke. Apa yang membuat produk South Beach Smoke begitu menonjol dari produk lain adalah saat digunakan tidak diperlukannya hisapan pemanasan atau lebih dikenal dengan primer drags, untuk menghangatkan e-liquid yang ada dalam alat. Dari hisapan pertama, konsumen dapat langsung menikmati pengalaman rokok elektrik dengan South Beach Smoke. Hal ini berlaku bahkan untuk produk terkecil yang mereka tawarkan: Deluxe. Merk ini merupakan salah satu produk rokok elektrik generasi pertama terbaik yang ada dipasaran.


4. HaloCigs

galena rokok elektrik halocigs


HaloCigs bukan termasuk merk rokok elektrik yang begitu terkenal, namun untuk masalah kualitas merk satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Perusahaan rokok elektrik satu ini sangat dikenal akan kualitas dan performa rokok elektronik yang mereka produksi, aksesoris, serta kehandalan mereka dalam menyajikan e-liquids yang berkualitas. Pilihan rasa yang begitu menggiurkan ditambah efek throat hit yang mantap, Halo sangatlah menonjol. HaloCigs memang bukan merk yang menonjol dikomunitas pengguna rokok elektrik, tetapi jelas saki merupakan salah satu nama yang memimpin di pasar. Untuk masalah harga juga sangat terjangkau. Jika anda pengguna rokok elektrik atau pun yang baru pertama kali mencoba menggunakannya, mungkin merk satu ini tidak buruk juga untuk dicoba.


5. V2Cigs

galena rokok elektrik v2cigs


Jika anda baru dalam dunia rokok elektrik, anda harus mencoba merk satu ini. V2Cigs akan mengenalkan beragam rokok elektrik yang dikeluarkannya bagi anda yang terbilang baru mencoba rokok elektrik. V2Cigs merupakan salah satu brand rokok elektrik yang ramai di pasaran dan untuk masalah kualitas juga tidak bisa diremehkan. Bila anda ingin mencoba beralih dari rokok biasa ke rokok elektrik, dan anda khawatir asap yang didapat dari rokok biasa tidak bisa diimbangi oleh rokok elektrik. Namun tak perlu khawatir lagi karena bila anda mengunakan V2 Cigs, Anda akan memperoleh jumlah asap yang memuaskan. Walaupun uap yang dihasilkan jauh lebih dingin dibandingkan dengan vapor kebanyakan sehingga memberikan sensasi throat hit yang diterima pun jadi berbeda, namun kabut tebal yang dihasilkan memberi kepuasan tersendiri.


Bahan Kandungan Rokok Elektrik Vaping


Gambar 1. Rokok elektrik vs. rokok tembakau


Tidak banyak pilihan merk-merk terkenal yang tersedia untuk cairan yang mengandung nikotin atau yang lebih sering disebut dengan e-juice atau e-liquid. Perbedaan yang paling utama pada setiap rokok elektrik terletak pada berbagai macam rasa yang tersedia dan proporsi dari keseluruhan komposisi di dalamnya. Semua bahan yang di gunakan telah diuji dan setara atau lebih tinggi dari standar level penggunaan pada bidang farmasi.


Di Inggris, ECITA ( Asosiasi Perdagangan Rokok Elektrik) telah melakukan uji coba selama enam bulan pada setiap produksi e-liquid dari produsen anggotanya. Program ini rencananya akan diberlakukan di seluruh Eropa. 


Dalam memilih merk yang aman, Anda perlu mengenali komposisi e-liquid tersebut dan bukan alat merokoknya. Alat merokok itu sendiri, seperti misalnya eGo-C dan EVOD, tidak akan terlalu memiliki efek pada kesehatan. Alat tersebut hanya berbeda pada desain dan kemudahan dalam penggunaannya. Secara garis besar, merk e-liquid diklasifikasikan menjadi dua, yaitu yang mengandung propylene glycol (PG) atau vegetable glycerin (VG). Anda perlu waspada bahwa baik PG maupun VG bisa memiliki efek samping pada kesehatan. PG dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian pemakai dan cenderung menyebabkan rasa kering pada mulut serta tenggorokan. Sedangkan VG yang dibuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan, dapat menyebabkan penimbunan dahak pada tenggorokan.


                                 

Gambar 3. Contoh e-liquid dengan berbagai macam pilihan rasa

Kendati beberapa studi sudah mempelajari dan menyatakan rokok elektrik sebagai opsi yang lebih aman daripada rokok tembakau, masih banyak penelitian yang menyatakan bahwa rokok elektrik justru jauh lebih berbahaya. Kandungan nikotin pada rokok elektrik dapat menyebabkan keracunan akut dan kematian anak. Komposisi larutan yang digunakan dalam rokok elektrik juga lebih bersifat karsinogenik daripada rokok tembakau. Pada studi lain oleh William Fischer, formaldehida telah ditemukan di dalam uap salah satu merk. Formaldehida biasa digunakan untuk membentuk formalin, yang pada umumnya digunakan pada proses pengawetan. Ini adalah perkembangan terbaru dan saya berharap akan dilakukan lebih banyak penelitian lanjut di berbagai negara untuk menemukan sumbernya.


Belum ada bukti valid yang menyatakan bahaya menggunakan rokok elektrik. Semua masih bersifat substansial. Masih banyak ujicoba yang harus dilakukan pada setiap merk. Jika anda ingin menghindari bahaya yang mungkin disebabkan, mungkin anda harus mempertimbangkan opsi untuk berhenti merokok ;) 

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang