Motor trail seperti apakah yang paling bagus digunakan untuk dikendarai di hutan?

Dilihat 5,37 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Pastinya anda tidak asing lagi dengan kendaraan roda dua ini, ya motor. Namun apakah pernah anda mendengar jenis motor trail? Motor trail adalah salah satu jenis motor yang digunakan untuk off road di jalan-jalan yang bergelombang dan berlumpur. Tidak semua orang menyukai jenis motor ini karena motor ini memang dibuat khusus bagi pecinta otomotif yang memiliki hobi menjelajahi alam liar seperti hutan ataupun pegunungan. Kini sama halnya dengan jenis motor biasa, jenis motor trail juga banyak diproduksi oleh beberapa perusahaan motor ternama seperti halnya motor trail Honda, ataupun motor trail dari Yamaha atau Suzuki, dan masih banyak lagi produsen motor yang juga memproduksi motor trail.


Bagi anda yang sedang menekuni hobi balap motor trail yang mungkin anda adalah seorang pemula dalam olahraga motor ini, sebaiknya lebih berhati-hati dalam membeli motor trail yang akan anda gunakan. Jangan sampai anda salah dalam memilih jenisnya karena jika dilihat secara kasat mata desain dan bentuk motor trail terlihat sama. Namun sebenarnya motor trail juga terdiri dari beberapa jenis motor, yang bisa dilihat dari spesifikasi dan juga fungsinya.


Agar anda tidak salah saat membeli motor trail yang sesuai dengan kebutuhan anda, saya akan membantu anda melalui artikel ini. Saya juga akan memberikan sedikit ulasan mengenai jenis-jenis motor trail, sehingga anda bisa menentukan jenis motor trail apa yang paling cocok dengan kebutuhan anda. Yuk, kita baca uraian di bawah ini! 



Jenis-Jenis Motor Trail




Sebagai salah satu jenis motor, ternyata motor trail juga terdiri dari beberapa macam yang dibedakan berdasarkan kegunaan juga karakteristik fungsi motor tersebut. Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber tentang jenis-jenis motor trail, motor trail dibagi menjadi beberapa tipe, seperti dual sport, motard, enduro, dan motocross. 


Penjelasan dari masing-masing jenis motor trail tersebut adalah sebagai berikut:


1. Dual Sport 

Jenis motor trail ini masih bisa digunakan di jalan raya, sebagai semi off-road, maupun off road. Karena jenis motor trail ini secara legal bisa digunakan di jalan raya, maka motor trail dual sport dilengkapi dengan surat-surat seperti motor pada umumnya. Selain itu, karena adanya regulasi motor trail ini dilengkapi dengan lampu utama, lampu mesin, lampu belakang, spion, klakson, speedometer, plat nomor, dan knalpot sebagaimana sesuai dengan aturan emisi.  


2. Motard  

Jenis motor trail selanjutnya adalah Motrad yang juga disebut dengan supermoto. Motor ini pada prinsipnya sama dengan jenis motor trail dual sport, hanya saja perbedaan yang mencolok terletak pada bagian kaki-kakinya karena velg dan ban diganti menggunakan ban yang bisa digunakan di jalan beraspal. Ukuran kaki-kaki depan dan belakang memiliki satu ukuran yang sama. Jenis motor trail motard ini biasanya menggunakan velg 17 inci.  


3. Enduro 

Jenis motor trail enduro biasanya digunakan sebagai kendaraan uji ketahanan. Sepintas memang mirip dengan dual pupose, biasanya motor ini memiliki transmisi hingga enam percepatan dan bagian ban kotak-kotak yang lebih besar. Tetapi, motor ini tidak legal untuk dikendarai di jalan raya karena ada beberapa bagian yang dihilangkan seperti lampu sein, lampu belakang, dan juga kaca spion. Sedangkan lampu utama tetap terpasang karena trek yang dilalui oleh motor trail biasanya cukup terjal dan jauh sehingga biasanya riders melaju sampai malam hari. 


5. Motocross 

Sama halnya dengan jenis motor trail enduro, Motocross juga tidak legal untuk dikendarai di jalan raya, jenis motor trail ini cocok untuk digunakan dalam kompetisi balap motor trail. Sebab motocross memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan motor biasa. Beberapa kelengkapan seperti lampu utama, lampu belakang, lampu sein, klakson, dan kaca spion dihilangkan. Hal ini karena Motocross bukanlah motor sembarang, melainkan hanya digunakan untuk balap motor off road. Untuk itu, spesifikasi jenis motor ini telah diubah untuk mendukung performa yang lebih powerfull. Tidak heran jenis motor trail ini ditambah dengan embel-embel SE atau Spesial Engine. 


6. Adventure-Tourer 

Jenis motor trail selanjutnya adalah adventure-tourer yang sangat berbeda dengan jenis motor trail dual sport. Hal ini disebabkan motor ini didesain dengan mengutamakan kenyamanan apabila digunakan untuk berkendara jauh dengan kemampuan off road yang juga baik. Selain itu, motor adventure-tourer bukan hanya digunakan di hutan atau pegunungan bahkan motor ini bisa melintasi negara dan benua. Oleh karena itu, kapasitas tangki bahan bakar pada motor jenis ini sangat besar. 



Jenis Motor Trail Untuk di Hutan  


Lalu jenis motor trail apa yang cocok digunakan di hutan? Jenis motor trail yang bisa digunakan di hutan diantaranya, anda bisa memilih jenis motor trail enduro ataupun dual sport. Salah satu jenis motor enduro yaitu motor trail Honda CRF250X. Motor trail CRF250X memang dirancang khusus digunakan untuk medan tanah dengan memakai ban off road berdiameter 18 inci. Selain itu, desain motor train CRF250X ini memiliki postur yang ramping sehingga memudahkannya untuk bergerak.


CRF250X telah didukung dengan konstruksi mesin empat langkah yang mekanisme katupnya mengandalkan Unicam yang telah dimodifikasi untuk mengoptimalkan tenaga motor ini saat menerabas jalur off road yang sulit sekalipun. Motor trail CRF250X juga dilengkapi dengan mesin satu silinder 223 cc berpendingin udara. Trail buatan Amerika ini juga mengalami modifikasi di sektor suspensi serta perbandingan gigi rasio mesin yang mampu digunakan untuk segala medan. Mungkin beberapa perubahan terlihat dari sektor pendingin yang menggunakan double pendingin radiator sehingga mesin tidak akan mudah mengalami overheat dan tetap dalam suhu kerja yang optimal. Pengendara dapat dengan mudah menghidupkan mesin, karena motor ini telah dilengkapi starter listrik yang tombolnya didesain cukup mudah untuk ditekan oleh pengendara.


Honda CRF250X


Untuk jenis motor trail dual sport, anda bisa memilih motor trail Honda yang belum lama ini keluar yaitu CRF250 Rally. Motor ini merupakan jenis motor trail Honda yang bersifat dual purpose yang berarti bisa digunakan di medan tanah seperti hutan dan juga digunakan di jalan raya. Motor trail bergaya sporty ini dianggap sangat cocok digunakan di segala medan karena memiliki bobot yang ringan dan desain dengan lebih ramping. Selain itu, motor ini juga nyaman saat digunakan karena mempunyai torsi yang merata dari putaran bawah hingga atas.


Fitur yang dimiliki Honda CRF250 Rally adalah suspensi depan yang mengadopsi upside down. Selain itu, tersedia mesin satu silinder yang berkapasitas 249 cc yang mengadopsi platform mesin yang sama dengan Honda CBR250R. Mesin tersebut tergolong bertenaga dan bisa diajak berakselerasi melewati beragam medan jalan dengan torsi yang sangat besar.


Desain dari Honda CRF250 Rally terlihat sangat unik dengan hadirnya dual asymmetry LED Headlight dan Floating Wind Screen yang terpasang di bagian depan. Yang menarik adalah lampu utama CRF250 Rally bagaikan dua buah bola mata yang menatap tajam ke depan. Lampu utama tersebut dibuat menyatu dengan Floating Wind Screen sehingga dapat meningkatkan aerodinamika jenis motor adventure yang satu ini. Menariknya lagi, motor ini dilengkapi Ground Clearance yang tergolong tinggi, yaitu mencapai 270 mm. Dibandingan dengan jenis motor sport yang lainnya yang memiliki rata-rata ground clearance 160 mm. Hal ini tentunya dibutuhkan adaptasi khusus para pengguna pemula sebelum mengendarai Honda CRF250 dengan sempurna.  




Honda CRF250 Rally


Nah itulah artikel mengenai jenis-jenis motor trail dan berapa ulasan tentang motor trail Honda CRF250X dan CRF250 . Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda para penggemar motor trail maupun bagi pemula yang ingin berkendara dengan motor trail. Yang harus anda ingat, olahraga balap motor trail ini memiliki tingkat risiko tinggi untuk itu anda harus mempelajari juga beberapa trik dari para ahli pengendara motor trail yang sudah berpengalaman. Jika lengah pasti bahaya menggunakan motor trail bisa saja mengancam sewaktu-waktu, jadi minimalkanlah resiko dengan memakai perlengkapan pengaman, seperti helm full face, sarung tangan, vest pelindung dada, decker pelindung lutut,dan pelindung sikut atau elbow protector. Selamat berpetualang!


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang