Negara apakah yang menjual emas dengan harga termurah?

Dilihat 8,6 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

        emas


Seperti yang diketahui, emas memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Bahkan dulu, sebelum uang berbentuk kertas seperti yang banyak digunakan pada saat ini, emas digunakan sebagai perhiasan oleh kaum bangsawan dan juga sebagai mata uang. Hingga saat ini pun, nilai kepemilikan emas masih tetap tinggi.


Sekarang pun emas masih tetap banyak digunakan sebagai perhiasan. Tidak hanya sebagai perhiasan, beberapa dari mereka bahkan menggunakan emas sebagai investasi karena harga jualnya yang tinggi. Harga emas pun bervariasi, tergantung tingkat dari kemurniannya, semakin tinggi tingkat kemurniannya, maka semakin mahal pula harga dari emas tersebut. Seperti contohnya saja emas batang yang harga per gramnya saja sudah terbilang tinggi. Oleh karena itulah banyak orang yang berinvestasi emas.


Tabel  harga emas dari tahun ke tahun.

   harga emas


Harga emas terus saja meningkat dari tahun ke tahun. Diketahui harga mas hari ini mencapai Rp 552.600,- per gramnya dan untuk harga emas batang Rp 276.300.000,- per 500 gram. Harganya pun berbeda untuk di tiap negara. Nah, berikut ulasan tentang negara dengan harga emas termurah. Mungkin saja ulasan ini memberi pengetahuan kepada kamu untuk membandingkannya dengan Indonesia.


Negara yang Menjual Emas dengan Harga Murah


toko emas di hongkong

Jika kau ingin membeli emas di Hongkong, hindari toko perhiasan atau tempat apapun yang memiliki etalase atau pajangan yang ditampilkan di jendela. 


Tempat untuk membeli emas di Hongkong adalah toko-toko kecil di daerah Sheung Wan tampak seperti sebuah kamar yang kumuh, gelap, dan kotor. Para pegawainya biasanya merupakan sekumpulan pria paruh baya dengan pakaian seperti pekerja konstruksi, sangat bertolak belakang dengan kebanyakan toko perhiasan di kota yang rata-rata pegawainya berseragam rapi dan bersih, serta terdiri dari orang-orang muda dan menarik.


Kau pergi ke jendela mereka dengan uang kontan di tanganmu, berikan pada mereka dan mereka akan memberikanmu sebatang emas (atau sebaliknya). Kau harus membayar pajak sebesar 1%, tidak lebih. Sama sekali tidak ada percakapan khusus dengan para pegawai, kau hanya perlu memberi tahu berapa banyak emas yang kau inginkan, mereka akan menghitung harganya dengan kalkulator, dan kau tinggal memberikan uangnya kepada mereka. Setelah itu, mereka akan pergi ke ruang penyimpanan, lalu memberikan emas serta struk pembelian kepadamu.


Rasanya memang sedikit aneh untuk melakukan sebuah transaksi senilai $10.000 dengan begitu cepat dan efisien. Selain itu, proses transaksi ini pun berlangsung secara anonim, mereka tidak tahu dan tidak peduli siapa dirimu. Ada beberapa yang mengatakan bahwa transaksi yang kita lakukan sebenarnya direkam dan dicatat, namun sebenarnya seluruh catatan hanya diperlukan untuk kepentingan Peraturan Data Privasi dan tak ada hubungannya dengan pajak di Hongkong.


Toko ini memiliki semacam buku katalog berisi gambar-gambar tipe emas batangan yang mereka miliki, tapi hanya itu. Bukan berarti tidak ada toko emas yang benar-benar berbentuk seperti toko lho di Hongkong. Alasan mereka menghindari penjualan emas di tempat yang besar dan bagus adalah: mereka harus meningkatkan harga untuk membayar uang sewa toko. Walaupun cara bertransaksinya sedikit menyeramkan dan kurang meyakinkan, tapi dengan begitu kita bisa mendapatkan emas perhiasan dan emas batang dengan harga yang murah disana. 


Namun ingat! Kita harus selalu berhati-hati.


Selain di Hongkong, beberapa negara di Afrika seperti di Kongo dan Mozambik. Ada kemungkinan bahwa emas di negara ini bahkan tidak terbukti kemurniannya. Harganya pun bahkan hanya sekitar 2/3 dari harga di pasar internasional. Warga daerah yang menjual emas sering menipu para pembeli dengan berbagai macam cara. Jadi kita harus pintar dalam menanggapi mereka.


Harga emas di setiap negara itu bervariasi, ada kalanya harga mas hari ini di negara tersebut melonjak, atau bisa juga jadi menurun drastis. Setiap negara mempunyai penjual dan barang yang lebih murah dibandingkan dengan negara lainnya. Namun perbedaan tersebut cenderung lebih sedikit dan pada umumnya hal itu tidak layak untuk dipermasalahkan. Harga emas internasional pun bisa dibilang sangat jelas jadi kamu bisa memutuskan dengan jelas apakah kamu mendapatkan harga yang sesuai apa tidak. Semua kembali lagi dimana kamu menyimpan emas yang telah kamu beli.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang