Obat sakit gigi apa yang terbaik?

Dilihat 3,77 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kebersihan gigi sangat penting bagi kita. Dengan menjaga kebersihan gigi, maka mulut kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Setiap hari gigi digunakan untuk mengunyah makanan, dan sisa-sisa makanan yang tertinggal dan menumpuk akan menjadi sarang bakteri, dan jika dibiarkan akan terjadi radang pada gigi. Masalah kesehatan gigi memang merupakan aspek yang sangat penting bagi kesehatan dan harus diperhatikan.


Jangan anggap remeh sakit gigi, karena penyakit ini juga bisa menimbulkan sakit jantung dan stroke. Sakit gigi biasanya merupakan rasa nyeri luar biasa di sekitar gigi atau rahang. Penyebab sakit gigi ada berbagai macam, namun yang paling sering terjadi di masyarakat adalah gigi berlubang dan peradangan gusi.


Karena sakit gigi dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, para penderita sakit gigi selalu mencari cara untuk mengobatinya dengan cepat. Banyak yang menggunakan tanaman herbal sebagai obat sakit gigi alami, ada juga yang meminta bantuan dokter untuk meresepkan obat sakit gigi berlubang mereka.


Nah, apa sajakah obat-obatan tersebut? Mari simak penjelasan berikut!



sakit gigi




Cara Mengatasi Sakit Gigi


Ada dua cara pengobatan yaitu dengan menggunakan obat sakit gigi alami dan obat sakit gigi kimia.



1. Pengobatan Secara Alami

 

Sakit gigi terjadi jika pulpa mengalami peradangan sehingga akan timbul rasa nyeri, linu, dan bengkak pada daerah sekitar gigi. Sakit gigi berlubang biasanya akan mengalami gejala yang muncul seperti pembengkakkan pada rahang, sakit kepala, linu, dan nyeri pada gigi. 


Tingkat keparahan bisa bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa berulang-ulang atau muncul kadang-kadang. Hal ini bisa terjadi secara terus menerus dan butuh penanganan yang serius. 


Namun, tentu kita bisa melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu dengan rempah-rempah yang bisa dengan mudah kita dapatkan, seperti:


  • Garam, gunakan garam yang ada di dapur karena garam dapat membunuh bakteri yang ada pada gigi berlubang. Caranya, berkumurlah dengan air garam setiap pagi dan sore sampai rasa sakit pada gigi hilang.
  • Cengkeh, gunakan cengkeh untuk mengatasi sakit gigi dengan cara ditumbuk dan masukkan sedikit pada gigi yang terasa sakit. Sama seperti rempah lainnya, cengkeh tidak memiliki efek samping. Bahkan, cengkeh disarankan untuk pengobatan sakit gigi bagi ibu hamil.

                                sakit gigi


  • Bawang putih yang ditumbuk dengan garam dan oleskan pada gigi yang sakit lakukan setiap hari ini akan mengurangi rasa sakit pada gigi.
  • Bawang merah yang ditumbuk juga bisa mengatasi sakit gigi.
  • Serai, rebuslah serai secukupnya dan gunakan airnya untuk berkumur pagi dan sore sampai rasa sakit berkurang.
  • Daun sirih yang ditumbuk dan oleskan pada gigi yang sakit, diamkan beberapa saat dan kemudian berkumur.
  • Teh hangat tanpa gula, gunakan untuk berkumur dan kantong tehnya bisa digunakan untuk mengompres gusi yang radang.
  • Kopi juga bisa untuk obat sakit gigi alami, caranya ambil sedikit bubuk kopi lalu oleskan pada gigi yang sakit. Diamkan sesaat lalu kumur dengan air bersih. Lakukan setiap hari sampai rasa sakit berkurang.
  • Rasa sakit pada gigi terkadang bisa diatasi hanya dengan menggosok gigi. Biasanya ada sisa makanan yang susah dibersihkan sehingga mengganjal gigi, ini juga bisa menimbulkan rasa sakit pada gigi, terutama gigi yang berlubang. Untuk itu, bersihkan gigi dengan pasta gigi yang cocok supaya sisa makanan keluar. Lakukan sampai dua kali lalu berkumur dengan air yang hangat atau air garam.

Apabila setelah menggunakan pengobatan secara alami tidak memberikan hasil yang baik pada anda, sebaiknya pergi ke dokter gigi untuk berkonsultasi. Bisa jadi rasa sakit yang anda alami bukan karena giginya yang sakit, bisa saja rahang atau sendi pada rahang yang mengalami pergeseran. 


Hal ini sama sakitnya seperti sakit gigi gejala yang timbul, biasanya sakit kepala yang hebat, sakit disekitar mulut terutama gigi, pembengkakkan pada rahang bawah, dan telinga terasa panas. 


Ada beberapa kasus sakit gigi yang harus ditangani UGD, oleh karena itu jangan pernah sepelekan hal ini.



 sakit gigi



2. Pengobatan dengan obat kimia


Obat-obatan kimia yang dijual di apotik juga dapat mengatasi rasa sakit pada gigi dan bisa digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang sementara, karena bagaimanapun gigi yang bolong harus ditambal di dokter gigi.


Nama obat-obatan yang populer untuk mengurangi sakit gigi antara lain:


  • Ibuprofen atau Ketoprofen adalah pembunuh rasa sakit. Obat ini bisa dibeli di toko obat dan merupakan obat anti peradangan yang tidak mengandung steroid. Namun penderita penyakit asma sebaiknya jangan meminum obat ini. Pastikan untuk membaca label agar mengetahui kontradiksi lainnya.
  • Aspirin merupakan obat yang paling umum digunakan terkenal dengan nama salisilat, dan obat ini juga anti peradangan dan mengurangi demam. Aspirin dapat digunakan untuk obat sakit gigi berlubang dan dipertimbangkan sebagai obat pengurang rasa sakit terbaik. Tapi kalau anda melakukan pencabutan gigi, obat ini akan mengurangi pembekuan atau akan mengencerkan darah. Karena itu, tidak dianjurkan untuk memakai aspirin setelah melakukan pencabutan gigi atau setelah operasi.
  • Acetaminophen/Paracetamol. Walaupun obat ini tidak bekerja untuk peradanganm, Paracetamol akan menghambat transmisi rangsangan sakit ke otak. Obat ini bekerja dengan sangat baik bagi  penderita alergi aspirin. Paracetamol bisa dikombinasikan dengan aspirin atau obat-obatan non steroid anti peradangan seperti NSAID. Dengan cara ini, obat ini akan bekerja dengan baik untuk sakit gigi. 
  • Gel, pasta atau cairan yang dijual di apotik. Pasta atau cairan anestesi gigi yang dijual di pasaran seperti orajel, den tex stix, dan anbesol bisa juga membantu meringankan sakit pada gigi. Masalahnya adalah produk-produk seperti ini hanya meringankan rasa sakit dalam jangka waktu yang pendek.  


-



Jika sakit tetap tak kunjung sembuh, maka langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter gigi secepatnya agar bisa ditangani dengan baik. Dokter akan memberikan obat sakit gigi terbaik dan melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan anda.

Selain obat-obatan yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya dalam menggunakan obat kimia berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker agar tidak terjadi efek samping. 

Namun yang terbaik, selalu jagalah kebersihan dan kesehatan mulut agar gigi terhindar dari penyakit!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang