Apa saja cara alami untuk menyembuhkan sariawan?

Dilihat 2,57 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Makan adalah salah satu kegiatan yang selalu kita lakukan setiap harinya. Tentu saja makan adalah kebutuhan pokok kita sebagai manusia untuk melangsungkan hidup, jika kita tidak makan tubuh kita akan menjadi lemah dan tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. 


Manusia telah diberikan kenikmatan saat makan yaitu dengan indera perasa pada lidah yang bisa membedakan rasa asin, manis, dan pahit. Dibantu dengan alat pencernaan mekanik berupa gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan sehingga mudah dicerna oleh tubuh kita. 


Tapi ada permasalahan mulut ringan yang bisa mengganggu kita saat makan yaitu sariawan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa ada banyak sekali obat sariawan alami yang bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan sariawan tanpa harus mengonsumsi obat medis.


Apa sajakah bahan-bahan alami tersebut? Mari simak penjelasannya! 


Sariawan



Apa Itu Sariawan?


Sariawan yang juga dikenal dengan sebutan stomatitis aftossa dalam bahasa kedokteran adalah suatu luka pada mulut berupa bercak berwarna putih kekuningan. Selain di area mulut, sariawan juga merupakan luka di area lidah yang juga sering terjadi di area lidah. Ketika seseorang menderita sariawan bisa sangat menyakitkan terutama saat menelan, mengunyah makanan, atau saat berbicara. 


Sariawan bukan termasuk penyakit yang menular tapi bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan siapapun yang sedang mengalaminya. Kabar baiknya, sariawan bisa dengan mudah disembuhkan apabila kita mengobatinya dengan benar. Oleh sebab itu yang harus diperhatikan adalah mengenali dahulu sebab-sebab terjadinya sariawan karena obat sariawan sangat tergantung pada penyebabnya. 


Sariawan bisa terjadi pada lidah, langit-langit mulut, serta pada gusi dan apabila parah bisa mengakibatkan pendarahan dan pembengkakan pada penderitanya. Tentu semua orang yang mengalaminya ingin segera terbebas dari rasa sakit yang kadang bisa berlangsung sangat lama apabila tidak segera diobati. 


Penyebab sariawan


Penyebab Sariawan


Sariawan terjadi akibat imun tubuh yang tidak bisa menahan perkembangan jamur di area mulut. Infeksi ini biasanya ditandai dengan warna putih yang menyakitkan di sekitar bibir, rongga mulut, dan lidah. Jika tidak di tangani, sariawan akan menyebar ke tempat yang lebih luas. 


Beberapa faktor penyebab sariawan adalah sebagai berikut:


  • Kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 dan vitamin C.
  • Akibat mengkonsumsi makanan yang bersifat mengiritasi misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas.
  • Penggunaan produk-produk kesehatan yang tidak cocok dengan kita seperti penggunaan sikat atau pasta gigi yang tidak cocok dengan mulut kita.
  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik.
  • Beberapa jenis makanan yang membuat kita alergi.
  • Luka disekitar area mulut.
  • Lidah tergigit saat kita sedang mengobrol.
  • Stress
  • Infeksi jamur
  • Kebiasaan merokok
  • Infeksi dari virus
  • Cedera yang terjadi di tenggorokan.

Penyebab-penyebab sariawan yang lain di antaranya adalah faktor letak susunan gigi atau kawat gigi, emosi, dan pengaruh hormon. Gejala sariawan yang kerap kali muncul misalnya mulut terasa terbakar, muncul luka pada lidah, bibir, dan dinding mulut. 


Apabila dibiarkan akan semakin sulit untuk diobati karena akan terjadi pembengkakan atau peradangan di area mulut. Yang dikhawatirkan adalah jika seseorang terkena sariawan biasanya akan mengurangi nafsu makannya karena merasa tidak nyaman saat memakan makanan apapun.  




Cara Mengobati Sariawan Secara Alami


Sariawan memang permasalahan mulut yang ringan namun jika tidak diobatidengan segera, sariawan bisa bertambah parah dan mengakibatkan peradangan. 


Anda tidak perlu mencari obat medis untuk mengobati sariawan, memang ada banyak cara menyembuhkan sariawan tapi jika ada cara yang lebih mudah dan alami, kenapa tidak? 


Berikut adalah beberapa cara alami menyembuhkan sariawan:


Garam bisa mengobati sariawan


1. Garam

Garam adalah obat sariawan yang paling efektif untuk menghilangkan sariawan. Garam akan membantu mematikan jamur penyebab sariawan sehingga mereka tidak bisa hidup dan tumbuh di area mulur anda kembali. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke air hangat kemudian berkumur dengan air tersebut lalu buang. Ulangi minimal 2 kali sehari. Anda juga bisa menaruh garam secara langsung ke mulut secara perlahan, lalu bilas dengan air sampai bersih. 


2. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang mampu membasmi kuman dan jamur di tubuh anda. Gunakanlah yogurt yang hambar dan tidak diberi gula tambahan. Cara mengobati sariawan dengan yogurt adalah dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 cangkir yogurt setiap hari. Anda juga bisa menaruh langsung yogurt pada mulut anda dan diamkan selama 5 atau 10 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan pengobatan ini minimal 2 sampai 3 kali sehari.


3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa akan menghilangkan infeksi dan mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Gunakan cotton bud untuk menaruh minyak kelapa ke area sariawan secara langsung. Atau anda juga bisa makan satu sendok makan minyak kelapa saat perut masih kosong dan kumur minyak selama 10 detik dan keluarkan. Ini akan membuat mulut anda tetap sehat. Lakukanlah secara rutin agar sariawan anda cepat sembuh.


Cuka apel bisa mengobati sariawan

4. Cuka Apel

Cuka apel dapat mengontrol infeksi yang diakibatkan oleh jamur atau bakteri karena PH-nya yang sangat asam dapat mematikan infeksi yang ada di mulut termasuk sariawan. Caranya cukup mudah campurkan 2 sendok makan cuka apel dan 1 sedok makan garam ke dalam air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk dikumur. Lakukan cara ini sampai terlihat perubahan pada sariawan anda. Anda juga bisa mencampurkan cuka apel dengan madu dan minum larutan ini 2 kali sehari.


5. Minyak Pohon Teh

Sifat anti jamur yang dimiliki minyak pohon teh sangat membantu mulut anda bersih dari kuman yang menginfeksi. Caranya adalah dengan mencampurkan 4 sampai 5 tetes minyak pohon teh ke dalam air. Kumur dengan larutan tersebut kemudian keluarkan. Lakukan pengobatan dengan minyak pohon teh ini 2 kali sehari. Jangan sampai larutannya tertelan karena bisa menimbulkan efek samping.


6. Soda kue

Sodium karbonat yang terkandung dalam soda kue mampu membunuh jamur dan bakteri yang ada di mulut. Caranya cukup sederhana, campurkan 2 sendok teh soda kue dan campurkan dengan air sehingga menjadi salep. Dengan cottonbud, aplikasikan salep ini pada sariawan anda. Lakukan pengobatan alami ini 2 atau 3 kali sehari. Anda juga bisa menggunakan 1 sendok teh soda kue dan campurkan ke dalam air dan gunakan untuk berkumur.


Kayu manis adalah obat sariawan alami


7. Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat yang sangat efektif membasmi kuman dan jamur. Caranya adalah dengan meminum teh kayu manis setiap hari. Gunakan 1 sendok teh kayu manis dan seduh dalam 1 cangkir air mendidih selama 5 menit kemudian tiriskan dan minum. Anda juga bisa mencampur kayu manis dengan minyak zaitun gunakan campuran tersebut ke sariawan anda dan diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari.


8. Bawang Putih 

Bawang putih, selain memiliki bau yang khas ternyata memiliki banyak manfaat khususnya untuk mengobati sariawan. Bau yang berasal dari bawang putih mengandung anti bakterial yang artinya bisa membunuh bakteri dalam mulut. Cara mengobati sariawan dengan bawang putih adalah dengan mengunyah bawang putih sebanyak 2 sampai 3 siung untuk melawan infeksi. Anda juga bisa mengunakan minyak bawang putih ke area mulut yang terkena sariawan sebanyak 2 kali sehari.


9. Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki sifat anti jamur yang juga dapat meningkatkan imun tubuh anda. Anda bisa memanfaatkan minyak ini untuk mengobat sariawan. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sampai 3 tetes minyak oregano dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan oleskan pada area sariawan. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air. Lakukan pengobatan ini sebanyak 2 kali sehari. Anda juga bisa melarutkan minyak oregano ke dalam air dan minum sebanyak 3 kali sehari. 


Minyak zaitun dapat mengobati sariawan


10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mampu membunuh berbagai jenis bakteri dan memiliki sifat anti jamur yang tentunya sangat bagus untuk mengobati sariawan. Minyak zaitun juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh anda. Cara mengobati sariawan dengan minyak zaitu adalah dengan mengoleskan 2 sampai 3 tetes minyak zaitun pada area sariawan anda.


11. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata selain dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, juga dapat menjadi obat sariawan. Caranya hanya dengan mengunyah beberapa helai daun jambu biji lalu berkumur menggunakan segalas air selama kurang lebih 30 detik. Lakukan minimal 2 kali sehari agar sariawan yang anda derita bisa sembuh dengan cepat. 


12. Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, diantaranya dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, menggantikan cairan tubuh dengan cepat, dan juga dapat mengobati sariawan. Caranya dengan meminum air kelapa secara rutin setiap hari. Selain memang rasanya yang nikmat ternyata air kelapa sangat berkhasiat untuk mengobati sariawan. 


-


Itulah cara-cara pengobatan sariawan secara alami yang bisa kita coba sendiri di rumah. Sariawan adalah luka yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri yang biasanya akan muncul di bagian mulut dan lidah kita. Sariawan bisa menimbulkan rasa sakit saat kita berbicara ataupun saat mengunyah makanan. 


Untuk itu, jika anda terkena sariawan sebaiknya bertindak cepat untuk mengobatinya sebelum menjadi bertambah parah. Tidak perlu datang ke dokter atau membeli obat sariawan, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur anda. Selain mudah dan murah, anda juga tentunya bisa merasakan pengobatan alami yang tentunya aman.


Walaupun begitu, pencegahan selalu lebih baik dari pada mengobati. Rutinlah untuk menjaga kebersihan mulut juga memeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara teratur ke dokter gigi untuk menurunkan resiko terkena sariawan.  Selamat mencoba!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang