Bagi orang-orang yang berlatih yoga untuk menurunkan berat badan dan kesehatan, berapa lama hasilnya akan terlihat?

Dilihat 721 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki kelebihan berat badan bisa diartikan bahwa anda memiliki gaya hidup yang tidak teratur dalam hal mengkonsumsi makanan atau pun tidak melakukan olah raga secara rutin.  Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dalam jangka waktu yang panjang maka anda perlu melakukan perubahan dalam gaya hidup anda ke arah yang lebih positif.


Yoga dapat menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan berat badan karena tidak hanya memberikan penurunan berat badan secara konvensional tetapi dengan latihan yoga berarti mendapatkan manfaat kesehatan dalam mencapai berat badan yang lebih sehat dengan diimbangi dengan keselarasan antara pikiran dan jiwa anda.


Melakukan latihan yoga memerlukan  proses dan waktu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Akan tetapi hal ini juga harus didampingi dengan pola diet atau makanan yang anda konsumsi. Menurunkan berat badan dengan yoga tidak akan memberikan hasil yang sesuai dengan target anda apabila anda tidak memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi.

Nah jadi apa saja gerakan yoga untuk menurunkan berat badan?  Dan bagaimanakah pola makan yang benar sebagai cara cepat turunkan berat badan?  Penasaran kan? Bagi anda yang saat ini sedang berniat menurunkan berat badan, yuk baca artikel ini sampai tuntas :)



Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk menjawab pertanyaan diatas, berapa lama hasil akan terlihat setelah berlatih yoga untuk menurunkan berat badan?  Jawabannya, tidak ada yang pasti, karena hal itu tergantung dari individual masing-masing, apakah mereka bersungguh-sungguh atau tidak.  Namun,  gerakan yoga yang sederhana saja, diklaim mampu membentuk tubuh terlihat langsing, karena dengan melakukan yoga selama 1 jam, bisa membakar 200 hingga 540 kalori. Jadi bisa saja hasil terlihat dalam 10 minggu setelah anda berlatih Yoga dengan sungguh-sungguh.  Di bawah ini beberapa gerakan yoga untuk menurunkan berat badan:


  • Gerakan Pemanasan Tadasana


Gerakan Yoga Tadanasa adalah gerakan paling dasar, gerakan yoga ini mudah untuk anda lakukan meskipun usia lanjut sekalipun.  Gerakan ini akan merenggangkan otot-otot di seluruh badan, memperlancar sirkulasi darah, mengencangkan otot perut, serta menguatkan otot dan kerja otot setiap bagian tubuh.

Untuk melakukan gerakan yoga tadasana ini, anda tinggal berdiri tegak, kemudian kaki dijinjitkan dan kemudian mengangkat tangan sambil menarik nafas. Setelah 5 detik tapakkan kaki pada matras sambil anda membuang nafas. Lakukan gerakan ini 5 sampai 10 kali secara berulang dalam satu sesi latihan yoga.


  • Surya Namaskar (Pose Matahari)


Surya Namaskar terdiri dari 12 gerakan atau posisi yang setiap gerakannya memiliki manfaat bagi tubuh. Tidak hanya mengecilkan paha saja, melakukan Surya Namaskar juga dapat mengecilkan perut dan lengan, memperlancar sirkulasi darah, dan juga memperkuat tulang khususnya di bagian leher, punggung, serta kaki.


  • Pavanamuktasana (Pose Angin)


Pavanamuktasana atau pose angin ini merupakan gerakan yang memiliki manfaat untuk mengurangi penimbunan lemak di dalam perut. Cara Melakukan gerakan ini dimulai dengan posisi berbaring telentang. Kedua tangan diletakkan dibelakang kepala dan kedua kaki di lipat dari lutut, kemudian angkat kedua kaki dan kepala secara bersamaan perlahan hingga menyentuh perut sambil menahan napas tahan sekitar 30 detik, setelah itu kembali ke posisi awal sambil membuang napas perlahan. Lakukan latihan gerakan ini sekitar 5 sampai 10 kali.


  • Naukasana (Pose Kapal)


Gerakan ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, mengecilkan perut buncit dan menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Cara melakukan gerakan ini pun cukup mudah. Pertama, baringkan tubuh dan tarik napas sambil mengangkat tangan perlahan. Lalu angkat kepala dan bahu ke atas serta kaki hingga posisinya setinggi pundak. Pastikan pusat beban tubuh ada di bagian pusar. Lalu tahan posisi ini 30 hingga 60 detik. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak lima kali.


  • Bow Pose


Posisi yoga ini akan membantu anda menghilangkan lemak di bagian tersulit dan lipatan tubuh anda. Latihan ini akan menegangkan bagian perut, dada, pinggang, dan paha. Berbaringlah di atas matras, kemudian angkat tangan ke belakang dan pegang jari-jari kaki anda. Angkat dada, namun usahakan paha tetap menempel di matras. Tarik nafas dalam-dalam dan berusahalah untuk membuat tubuh anda lebih santai dalam posisi ini.


  • Tree Pose


Gerakan yoga ini dikenal sebagai pose pohon. Gerakan ini mudah sekali untuk dilakukan. Pertama-tama, ambillah posisi berdiri yang stabil. Kemudian angkat satu kaki ke atas dan tekuk telapak kaki ini sampai menempel ke kaki lainnya. Kemudian angkat tangan menuju atas kepala secara perlahan. Tahan pose ini selama 5 kali hitungan atau 1 menit sambil mengatur pernapasan agar semakin rileks. Gerakan yoga ini mampu mengurangi berat badan dengan efektif jika dilakukan saat perut masih kosong agar hasilnya maksimal.


  • Paschimottanasana

Gerakan ini bisa dilakukan dengan bantuan balok kayu yang di letakkan pada ujung kaki, setelah itu duduklah dengan posisi kaki lurus. Kemudian tekuk tubuh Anda dan tangan sambil memegang balok yang berada di ujung kaki. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan posisi kaki anda tetap keadaan lurus. Gerakan ini selain dapat membantu membakar lemak, juga mampu untuk mengatasi masalah nyeri pada punggung.


  • Butterfly PoseGerakan ini cukup mudah, hanya dengan duduk bersila namun kedua telapak kaki saling menempel satu sama lain, usahakan pada saat bersila kaki menempel pada matras. Gerakan ini dapat berfungsi untuk membakar lemak pada bagian perut, paha serta kaki.


Cara Cepat Turunkan Berat Badan

Selain berolah raga (berlatih yoga), berikut cara cepat turunkan berat badan :

  • Awalilah saat ini juga!

Lakukan sekarang juga, jangan menunda-nunda, semakin anda menunda semakin malas Anda. Ujung-ujungnya tidak pernah dilakukan. Semakin dini anda melakukan, semakin cepat hasilnya bisa Anda lihat.


  • Jangan terlalu dipaksakan

Anda membutuhkan 1.200-1.500 kalori / hari supaya badan selalu sehat. Membabat kalori sampai tersisa 600 hingga 800 kalori / hari bakal memperlambat sistem metabolisme badan. Bila metabolisme jalan lambat, maka lemak menumpuk dalam badan juga semakin besar. Bukannya langsing, bisa jadi yang datang penyakit.


  • Majukan jadwal makan pagi

Janganlah meniadakan makan pagi. Suatu riset mengungkap, 4.000 orang yang sukses menurunkan berat badannya yaitu mereka yang tidak pernah lupa sarapan. Bila anda sarapan jam 9 pagi ubahlah jadi jam 7 pagi supaya sistem pembakaran daya diawali lebih awal dan cepat.


  • Cek menu sarapan Anda

Awalilah hari dengan sarapan 300-500 kalori, namun bukan hanya dengan makanan berlemak tinggi. Pilihlah setangkup roti, gunakan roti gandum panggang dengan 1 mangkok salad, di tambah dadar 1 butir telur. Atau, 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkok sayur.


  • Perbanyak minum air putih

Cara cepat turunkan berat badan bisa dengan banyak minum air putih. Dehidrasi bisa mengganggu system metabolisme badan. Bila Anda rajin minum air putih 1,5 liter atau 8 – 10 gelas /hari, tanpa diet pun, maka kurun waktu setahun bobot Anda dapat turun sampai 2, 5 kg.


  • Semakin banyak serat

Serat juga mempunyai peran besar dalam mengusir lemak. Semakin banyak serat yang masuk dalam badan, volume feses bakal semakin cepat membesar lantaran serat berbentuk menyerap air. Orang dewasa butuh 21 gram serat / hari. Jika anda umum makan buah serta sayur, tambahlah porsinya jadi 5 mangkok / hari. Terbagi dalam 5 kali makan.


  • Apakah cukup dengan konsumsi buah saja?

Anda bakal gampang kelaparan bila cuma makan sayur atau buah. Masukkan 15%-20% protein di tiap-tiap menu anda untuk menambah metabolisme. Sistem pencernaan perlu daya untuk lakukan sistem metabolisme.





Nah itulah artikel mengenai cara cepat turunkan berat badan dan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Janganlah stress, jika anda tidak melihat hasilnya secara instan. Selama anda berusaha dengan sungguh-sungguh, pasti berat badan anda akan menurun pada saatnya nanti.  Yakinlah berat badan hanyalah suatu cara pengukuran untuk mengukur apakah anda berada di jalur yang benar dalam pencapaian tubuh yang sehat.


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang