Pada umur berapa jerawat bisa hilang bagi banyak orang?

Dilihat 4,41 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Masalah-masalah pada wajah memang sangat menganggu dan membuat anda tidak percaya diri, karena penampilan wajah adalah hal utama yang pertama kali dilihat oleh orang di sekitar kita. 


Maka dari itu, permasalahan seputar kesehatan kulit wajah menjadi amat penting dan sering dikhawatirkan oleh banyak orang terutama wanita. Mereka akan merasa khawatir jika melihat wajah mereka bermasalah seperti timbulnya jerawat, atau komedo yang mengganggu. Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang sering di alami oleh setiap orang. 


Terkadang bintik kecil ini bisa mengurangi kesempurnaan penampilan wajah dan juga menyakitkan bisa tidak sengaja tersentuh belum lagi yang terkadang menimbulkan bekas yang sulit hilang. 


Jerawat umumnya muncul ketika seseorang memasuki masa pubertas baik pada wanita ataupun pria, tapi pada usia berapakah jerawat akan menghilang?


cara menghilangkan jerawat

Fakta Mengenai Jerawat


Pada wanita peluang munculnya jerawat bisa lebih besar daripada pria, karena wanita memiliki banyak proses hormonal yang bisa menimbulkan masalah-masalah pada kulit salah satunya jerawat. 


Seperti proses hormonal, menstruasi, keputihan dan bahkan stres. Biasanya jerawat akan muncul di awal waktu menstruasi dan akan menghilang saat siklus menstruasi berakhir. 


Tentunya jerawat juga akan tetap muncul akibat beberapa faktor salah satunya adalah faktor kebersihan yang menjadi gaya hidup seseorang. Diantaranya adalah seseorang yang jarang mencuci atau membersihkan wajahnya dari sisa make up atau sehabis beraktivitas diluar rumah.


 Faktor lainnya seperti pemakaian produk perawatan wajah yang tidak tepat dengan jenis kulit wajah yang dimiliki. Beberapa hal bisa menjadi penyebab banyak muncul jerawat di wajah yang membandel jika anda tidak mengubah kebiasaan buruk anda. 


penyebab timbulnya jerawat


Sulit mengatakannya bahwa jerawat akan hilang seiring bertambahnya umur karena hal itu tergantung dari hormon masing-masing orang. 


Saya tidak pernah mempunyai jerawat di masa remaja saya, tetapi saya mulai berjerawat pada awal umur 20-an dan sampai sekarang pun saya masih berjerawat. 


Perubahan hormon tubuh yang terus menerus terjadi, pola makan, pola tidur dan cara perawatan kulit memainkan peran utama. 


Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara mencegah jerawat agar tidak timbul di wajah? 


Sebenarnya jerawat tidak perlu ditakuti karena ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami ataupun dengan resep dan bantuan dokter kulit.


mengatasi jerawat secara alami


Cara Menghilangkan Jerawat


Banyak yang meyakini bahwa membiarkan jerawat yang sedang meradang adalah cara efektif untuk menghilangkan jerawat secara alami. Namun akan lebih baik jika anda memanfaatkan bahan alami sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat dan tepat. 


Bahan alami yang mengandung banyak antiseptik dan vitamin C dapat membantu menghilangkan jerawat anda dan memudarkan bekas dari jerawat tersebut. 


Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan: 


1. Madu


Selain dikenal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, ternyata madu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat. 


Caranya adalah dengan mengoleskan madu asli ke jerawat yang sedang meradang, diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilaslah dengan air dingin hingga bersih. Lakukanlah dengan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.



2. Menggunakan Lemon


Lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bagus untuk mencerahkan kulit. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan jerawat. 


Namun lemon digunakan untuk menghilangkan jerawat yang tidak sedang beradang karena akan terasa sangat perih bila kulit anda sangat sensitif. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan sari jeruk lemon pada jerawat anda dan lakukan secara rutin.



3. Menggunakan Tomat


Buah berwarna merah yang mengandung banyak vitamin C dan A ini cocok bagi anda yang ingin menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya adalah dengan mengiris tipis buah tomat menjadi beberapa bagian dan tempelkan pada area jerawat di wajahmu, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.



Sebenarnya selain cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa anda lakukan, anda juga perlu mengetahui beberapa cara mencegah jerawat. Agar jerawat anda tidak timbul di wajah anda lagi sehingga bisa menurunkan rasa percaya diri anda. 


cara mencegah jerawat


Cara  Mencegah Jerawat 


Saya lebih  menganjurkan untuk mengunjungi dokter terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah anda kekurangan vitamin atau tidak. Mengkonsumsi Biotin, Vitamin D, dan multivitamin lainnya setiap hari juga sedikit membantu mengurangi jerawat. 


Selain itu cobalah untuk membiasakan diri untuk membersihkan kulit wajah setiap hari.  Cobalah untuk menghindari produk berbahan dasar kimia termasuk produk untuk make up (riasan) yang tidak cocok dengan kulit wajah anda. 


Berikut adalah tips cara mencegah jerawat dengan mudah: 


  1. Bersihkan wajah anda dua hari sekali dengan menggunakan pembersih wajah natural atau gunakan saja masker tepung beras yang dapat membantu mencegah dan menghilangkan jerawat.
  2. Melakukan exfoliation (pengelupasan sel kulit mati) setiap hari juga sangat membantu menghilangkan jerawat. Pastikan anda menggunakan exfoliator yang sangat lembut. Jika anda memutuskan menggunakan tepung beras untuk mencuci wajah anda, maka tepung beras tersebut juga akan membantu pengelupasan kulit wajah anda.
  3. Gunakan toner, terutama toner yang dibuat khusus untuk kulit berjerawat.  Anda dapat mencoba toner yang saya pakai yaitu Aloe Vera Gel + Tea Tree Oil Facial Toner (Gel Lidah Buaya + Pembersih wajah minyak atsiri esensial). Semua itu merupakan produk alami.
  4. Gunakan pelembab wajah bebas minyak terutama pelembab yang dirancang untuk kulit berjerawat atau perawatan kulit dasar. Aveeno Clear Complexion Moisturizer  merupakan produk yang bagus untuk di coba.
  5. Perbanyaklah minum air putih.
  6. Cukup tidur dan istirahat, biasakan tidur minimal 6-8 jam per hari.
  7. Cobalah gunakan masker wajah tanah liat 3-4 kali sehari, ini akan membantu anda membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat baru.
  8. Jangan lupa mencuci muka sebelum tidur dan membersihkan bekas riasan apapun di wajah.
  9. Jangan sering mencuci wajah anda, cucilah wajah hanya di pagi hari dan sebelum tidur. Kebiasaan sering mencuci wajah anda apalagi dengan menggunakan sabun wajah akan membuat kulit wajah semakin banyak menghasilkan minyak yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Itulah informasi tentang cara ampuh menyingkirkan jerawat dan mencegahnya datang kembali. 


Faktor yang lebih menimbulkan munculnya jerawat adalah pola makan dan gaya hidup kita dibandingkan akibat munculnya faktor hormonal lainnya. 


Maka, sebaiknya kita memperbaiki gaya hidup kita dengan membiasakan diri membersihkan wajah sebelum tidur. Menghindari stres juga salah satu upaya untuk mencegah munculnya jerawat. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang