Pengeras suara : Apa yang kubutuhkan untuk menambahkan speaker yang lebih besar di mainan anak-anak yang telah memiliki speaker kecil?

Dilihat 407 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Speaker aktif atau dalam bahasa teknik disebut juga dengan istilah Powered Speaker terdiri dari beberapa buah speaker (jalur/ Way) yang terpasang dalam suatu box atau wadah (enclosure) yang dalam mengeluarkan bunyi yang mana tidak menggunakan Power Amplifier eksternal. Aktif Speaker adalah sebuah konstruksi perangkat audio yang di dalam kotaknya telah terintegrasi dengan beberapa peralatan elektronik audio meliputi Driver Speaker Woofer, Driver Speaker Horn, Dual Power Amplifier dengan daya output tertentu, Mixing Audio, Crossover atau audio distribusi, dan juga Transformer Power Suplai sebagai distribusi sumber tenaga listrik ke Sirkuit Board Elektronik yang telah diturunkan tegangannya dari 220 V menjadi tergangan tertentu. Jadi speaker yang terpasang pada sebuah kotak (encosure) dan siap pakai (siap mengeluarkan suara) ini lebih dikenal dalam bahasa teknik audio disebut Loudspeaker.


Speaker banyak digunakan baik dalam komputer, ponsel, hingga mainan anak-anak. Namun tentunya kualitasnya berbeda-beda. Untuk mendapatkan speaker aktif terbaik, pasti diperlukan uang yang tidak sedikit karena kualitas yang bagus tentu diikuti oleh harga yang sesuai. Di bawah ini saya akan memberikan rekomendasi speaker aktif terbaik juga cara membuat speaker sederhana sebagai alternatif untuk Anda.



Apa Sajakah Speaker Aktif yang Terbaik?


Kekurangan dari headphone jack ialah harus membuka perangkat dengan hati-hati dan melihat pada internal kabel itu. Jika Anda bisa dengan perlahan membungkus kabel tipis disekitar kabel yang mencolok pada speaker, maka Anda akan mendapatkan atau menyambungkan dengan sinyal paralel audio dengan kabel internal yang sudah dicolokan. Hati-hati jangan sampai kabel menyentuh apapun. Jika Anda ingin menjadikan solusi permanen, maka buatlah sedikit takik di mana Anda bisa menutup kembali speaker mainan anak Anda dengan selotip atau oleskan lem silikon atau lem panas di kabel koneksi yang nantinya akan memegang mereka agar tidak berantakan (jika Anda tidak mengetahui tentang teknik solder) agar tidak tertarik dengan tidak sengaja.


Eksternal speaker yang efisien akan sedikit agak kencang, tetapi Anda membutuhkan beberapa amplifikasi. Speaker komputer yang daya tahannya lebih besar jika ada kontrol volume di dalamnya maka akan mudah menggunakannya, tetapi baterai yang kecil atau amplifikasi yang ber AC dengan speaker konvensional yang Anda punya (coba cari di Amazon "tripath" untuk amplifikasi yang kecil dan murah namun bagus, yang beberapa menggunakan baterai). Berikut adalah rekomendasi saya untuk merk speaker aktif terbaik jika Anda berniat membelinya.


  1. Speaker Aktif Merk Simbadda


Simbadda adalah produsen hardware komputer yang sudah bisa di bilang cukup lama berkecimpung dibidang aksesoris komputer di indonesia. Dan perusahaan produsen yang satu ini sudah cukup terkenal dan produknya bisa di bilang high quality (kualitas terbaik). Salah satu kemahirannya adalah menciptakan speaker selain itu juga menyediakan casing, mouse, keyboard, dan headphone. Hampir semua speaker simbadda memiliki komponen aktif yang sama dibagian dalamnya. Jadi dalam memodifikasinya tidak banyak yang dapat kita lakukan karena semua sudah 1 paket. Komponen aktif menggunakan IC TDA atau LM yang memiliki power sekitar 10 - 25 watt. Sekarang ini sudah banyak sekali jenis dan tipe dari speaker merk simbadda ini, dan semuanya sudah dilengkapi fitur yang lebih canggih dan mengikuti perkembangan teknologi.


2. Speaker Aktif Merk Altec Lansing

Speaker dengan merk terkenal berikutnya adalah speaker Altec Lansing. Speaker ini di desain audio otomotif, komputer, maupun produk audio rumahan. Perusahaan ini berpusat di USA dan berdiri sejak tahun 1936. Dari tahun ketahun, altec terus berkembang dan terus menciptakan produk audio terbaru yang lebih inovatif sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Bagi para pencinta dunia musik yang memerlukan suara musik lebih berkualitas bisa memilih speaker merk Altec Lansing ini, dan sekarang ini sudah tersedia berbagai macam tipe dan model speaker altec lansing yang beredar di pasaran. Dan harganya bervariatif sesuai model dan ukuran. Silakan sesuaikan dengan keperluan dan isi dompet anda. Suara yang keras dan design yang simple membuat altec lansing ini bisa dibawa ke mana saja tanpa banyak masalah. Teknologi penghemat baterai di dalamnya bisa lebih memaksimalkan penggunaan altec saat anda mendengarkan musik.



3. Speaker Aktif Merk Dazumba



Dazumba® adalah produsen yang fokus memasarkan untuk produk Power Bank, Speaker Portable, Speaker Aktif MP3, Casing PC, Power Supply PC dan Receiver Bluetooth. Semua produk Dazumba® yang dipasarkan bergaransi resmi 1 tahun, kecuali untuk kelengkapan accesories pendukungnya. Ini semua sebagai jaminan purna jual bagi pemakai setia produk Dazumba®. Soal pengembangan produk dan inovasi, Dazumba® didukung oleh tenaga RnD yang kompeten dibidangnya, termasuk tim produknya yang handal dan berpengalaman dibidangnya. Salah satu produk dazumba yang banyak digunakan oleh pengguna komputer khususnya di Indonesia adalah speaker aktif merk Dazumba. Speaker ini juga tidak kalah bagus dibandingkan dengan merk-merk speaker yang lainnya.  



4. Speaker Aktif Merk Polytron



Polytron merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia. Didirikan 16 Mei 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT. Indonesian Electronic & Engineering, kemudian 18 September 1976 berubah nama menjadi PT. Hartono Istana Electronic, lalu merger dan menjadi PT. Hartono Istana Teknologi. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik. Barang yang dihasilkan oleh Polytron ialah televisi, radio, speaker dan masih banyak lagi. Merk speaker yang terkenal berikutnya adalah spaker merk Polytron. Walaupun pada kenyataannya merk speker polytron ini jarang digunakan oleh pengguna komputer. Karena Polytron lebih terkenal dengan perangkat elektroniknya , seperti Televisi dan Radio. Namun, walaupun demikian speker dengan merk Polytron ini cukup bagus kualitasnya dan patut di acungi jempol. Speaker yang di produksi oleh perusahaan ini sebenarnya cukup bagus, suartanya yang jernih dan desainnya yang oke punya membuat jenis speaker ini tambah bagus.



5. Speaker Aktif Merk GMC




Perusahaan produsen speaker terakhir adalah speaker dengan merk GMC. GMC Electronic Indonesia terus melakukan inovasi melalui produk yang ditawarkan. Salah satunya lewat produk speaker sebagai pengeras suara yang kini semakin fungsional. Speaker ini cukup banyak beredar di pasaran dengan bentuknya yang beragam dan harga yang beragam pula. Kalau masalah suara speaker yang satu ini cukup bisa diandalkan dan harganya pun cukup terjangkau untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah.



Cara Membuat Speaker Sederhana


Di atas adalah merk-merk speaker aktif terbaik yang bisa Anda coba. Sementara di bawah ini salah satu alternatif cara membuat speaker sederhana. Untuk itu, Anda akan memerlukan : 

  • Botol plastik bekas
  • Gelas plastik bekas
  • Gunting
  • Bolpoin


Cara Membuat : 


  1. Mulai dengan botol plastik bekas, sisihkan tutup botolnya karena tutup botol tidak diperlukan dalam pembuatan speaker ini. Potong bagian bawah botol. Jika kesulitan, silahkan membuat lubang dulu dengan ujung gunting yang lancip, masukkan gunting lewat lubang tersebut lalu gunting melingkar bawah botol.
  2. Sisihkan botol dulu, Anda akan  bekerja dengan gelas plastik. Anda memerlukan dua gelas plastik dan melubangi masing-masing badan gelas seukuran lubang ujung botol plastik. Untuk memudahkan melubangi, silahkan menandai dulu ukuran lubang botol pada badan gelas dengan bolpoin. Setelah itu baru buat lubang pada gelas.
  3. Setelah kedua lubang botol sudah dapat masuk ke masing-masing lubang gelas, selanjutnya Anda perlu melubangi bagian samping botol plastik. Hal ini bertujuan sebagai wadah mainan anak Anda agar dapat berdiri di tengah-tengah botol.
  4. Setelah jadi lubang pada botol untuk perangkat yang diinginkan, kita tinggal menggulingkan posisi gelas hingga posisi gelas menjadi tidur. Dan tempatkan perangkat (di sini saya menggunakan ponsel) pada lubang botol. 





Prinsip kerja speaker sederhana ini adalah memantulkan gelombang suara musik dari handphone yang masuk ke botol dipantulkan ke dinding gelas, sehingga suara yang dihasilkan akan bertambah keras. Jika alternatif ini masih kurang, Anda bisa berkreasi sendiri dengan mainan anak Anda untuk menggunakan mikrofon yang disambungkan pada speaker jika Anda mempunyai alat elektronik yang bisa mereka atau memamplifikasi sinyal mikrofon (gitar, mixer, atau bahkan webcam yang dibuat dengan adanya mikrofon dapat digunakan pada komputer Anda). Sejujurnya, saya ragu dengan apa yang sebenarnya Anda rencanakan dengan mainan anak Anda, saya harap jawaban saya bisa membantu.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang